Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27 April 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Asupan air amat dibutuhkan dalam segala aspek kesehatan, termasuk untuk menjaga kecantikan kulit. Ini disebabkan karena air menjaga sel-sel kulit tetap terhidrasi, lembap, dan bersih dari racun. Selain manfaat tersebut, ternyata ada lagi khasiat tidak terduga dari minum air, yakni untuk membantu menghilangkan jerawat.

Manfaat minum air untuk menghilangkan jerawat

minum air putih menghilangkan batu ginjal

Manfaat minum air untuk menghilangkan jerawat memang masih menjadi kontroversi. Pasalnya, minum air tampaknya merupakan solusi yang terlalu sederhana untuk masalah jerawat yang rumit dan sulit dihilangkan.

Meski demikian, minum air mungkin bisa membantu mengatasi masalah jerawat melalui beberapa cara berikut:

1. Membuang racun pada kulit secara alami (detoksifikasi)

Asupan air amat diperlukan untuk detoksifikasi, sebab air mampu mengeluarkan racun dari sel-sel tubuh. Air juga berperan membawa nutrisi yang diperlukan ginjal, hati, kulit, serta organ-organ lainnya yang berfungsi membuang racun dari badan Anda.

Minum air mungkin tidak menghilangkan jerawat secara langsung. Akan tetapi, air yang Anda minum akan keluar dari pori-pori dalam bentuk keringat. Keringat yang keluar dari pori-pori lantas ikut membawa keluar racun dan logam berat dari kulit Anda.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition Reviews, proses ini mungkin bisa membersihkan kulit Anda dari kotoran yang kerap menutup pori-pori. Apabila pori-pori bersih dari kotoran, kulit Anda juga akan terlindung dari masalah jerawat.

2. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Kurang minum air dapat membuat kulit menjadi kering. Jika kulit kering, kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Namun, minyak berlebih juga bisa menutup pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Minum air adalah cara paling mudah untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Dengan memelihara kelembapan kulit, kelenjar minyak tidak akan memproduksi minyak secara berlebihan sehingga kulit pun aman dari jerawat.

Lantas, berapa banyak air yang perlu Anda minum untuk membantu menghilangkan jerawat? Menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, minum dua liter air setiap hari secara rutin sudah bisa memberikan Anda manfaat ini.

3. Mengatur gula darah

gula darah meningkat

Pola makan tinggi gula dapat memperparah masalah jerawat. Ini disebabkan karena makanan tinggi gula meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kenaikan keduanya menyebabkan peradangan pada tubuh, dan peradangan memicu timbulnya jerawat.

Kurang minum air juga bisa menyebabkan dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Jumlah insulin pun kian meningkat, diikuti produksi minyak secara berlebihan pada kulit yang menjadi cikal-bakal jerawat.

Minum air bisa membantu Anda menghilangkan jerawat, sebab air menjaga kadar gula darah tetap aman dan mencegah terjadinya dehidrasi. Tubuh Anda pun terlindung dari peradangan, jumlah insulin tetap stabil, dan minyak tidak diproduksi secara berlebihan.

4. Mencegah infeksi bakteri

Jerawat timbul saat pori-pori tersumbat, lalu terinfeksi oleh bakteri sehingga mengalami peradangan. Salah satu bakteri yang sering menjadi dalang dari terbentuknya jerawat adalah Cutibacterium acne (C. acne).

Jika kulit Anda kering, bakteri seperti C. acne akan mudah masuk lewat celah kulit dan memperparah jerawat. Kulit yang terhidrasi akan mencegah infeksi dengan lebih baik, sebab sel-sel kulit mampu membentuk dinding pertahanan yang lebih kuat dan rapat.

Asupan air yang cukup juga menjaga daya tahan tubuh serta menjaga jumlah mikroba pada kulit wajah tetap seimbang. Mikroba yang baik tetap bertahan dan melindungi kulit dari serangan bakteri penyebab jerawat, termasuk C. acne.

Gaya hidup juga penting untuk mengatasi jerawat

buah dan sayuran untuk asam urat

Air merupakan unsur yang penting bagi kesehatan kulit. Air membuat kulit Anda tetap lembap, membantu mencegah infeksi, mengontrol gula darah, serta membuang racun yang dapat menyumbat pori-pori.

Kendati fungsinya begitu penting, Anda tetap tidak dapat menghilangkan jerawat hanya dengan minum air tanpa menjalani gaya hidup sehat. Jerawat disebabkan oleh banyak faktor, dan gaya hidup sehat dapat membantu Anda mengendalikan faktor-faktor ini.

Cobalah membatasi makanan tinggi gula dan mulailah menggantinya dengan makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah karena antioksidan di dalamnya dapat melindungi sel-sel kulit Anda dari kerusakan.

Lakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit sehari, dengan total 3 hari per minggu. Alihkan stres dengan kegiatan menenangkan seperti meditasi, mendengarkan musik, atau hal lain yang Anda sukai. Malam harinya, coba cukupi kebutuhan tidur Anda.

Jika gaya hidup sehat dan minum air tidak juga menghilangkan masalah jerawat Anda, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Masalah jerawat Anda mungkin berkaitan dengan kondisi lain. Konsultasi dengan dokter bisa membantu Anda menemukan penyebabnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Supaya kebutuhan cairan Anda tetap terpenuhi dan tidak dehidrasi, cari tahu dulu aturan minum saat sahur dan berbuka puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 29 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Jerawat bisa muncul di tempat yang tak biasa, seperti di bibir. Jangan asal pencet jika mau cepat sembuh! Begini cara mengatasi jerawat yang benar.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 28 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dermatologi, Jerawat, Health Centers 26 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
fungsi air untuk ginjal

Fungsi Penting Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 2 Juni 2020 . Waktu baca 3 menit
air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
infused water saat puasa

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit