Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Author: dr. Listya Paramita, Sp.KK Kulit & Kelamin

Masalah jerawat memang tidak ada habisnya. Setelah jerawat berhasil kempes, kini muncul satu masalah baru, yaitu noda bekasnya. Ya, jerawat sangat mungkin menyisakan bekas kemerahan atau kehitaman yang mengganggu penampilan. Bahkan, jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka yang membuat tekstur kulit jadi tidak rata. Pertanyaannya, apakah terdapat cara menyamarkan bekas jerawat atau bahkan bisa hilang total? Dan, adakah cara ampuh nan efektif untuk menyamarkan bekas jerawat?

Seluk-beluk bekas jerawat

Bekas jerawat terjadi akibat reaksi peradangan yang muncul saat jerawat sedang aktif. Jerawat yang meradang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal, yang memicu produksi melanin berlebihan. 

Melanin sendiri merupakan zat pewarna pada tubuh manusia. Bila diproduksi secara berlebihan, melanin dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Alhasil, munculah noda hitam atau kemerahan di wajah. 

Sementara reaksi peradangan yang parah dan berlangsung lama dapat menimbulkan kerusakan struktur jaringan penyokong kulit. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada proses penyembuhan kulit.

Idealnya tubuh memproduksi kolagen untuk memperbaiki kulit yang rusak. Namun, bila tubuh hanya mampu memproduksi sedikit kolagen, maka terbentuklah lubang atau cekungan di kulit. Kondisi ini oleh orang awam lebih dikenal dengan sebutan bopeng. Jika kolagen yang diproduksi tubuh terlalu banyak, maka bekas luka jerawat yang terbentuk akan menonjol. 

Lantas, bagaimana cara menyamarkan bekas jerawat ?

Perlu diketahui bahwa tidak semua jerawat menimbulkan bekas. Bila cepat diobati dan peradangan yang terjadi tergolong ringan, biasanya jerawat akan sembuh tanpa menimbulkan bekas. Sekalipun ada, bekasnya cenderung tipis sehingga akan segera memudar. 

Sebaliknya, bila peradangan yang terjadi begitu hebat, sangat mungkin jerawat meninggalkan bekas permanen seperti noda hitam maupun jaringan parut. 

Beragam cara ampuh untuk menyamarkan bekas jerawat

Berikut beberapa pilihan cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat membandel di wajah:

1. Lakukan perawatan kulit dasar

Salah satu cara termudah untuk membantu menyamarkan atau menghilangkan bekas jerawat kemerahan dan kehitaman adalah dengan melakukan perawatan kulit dasar. Hal ini meliputi membersihkan, melembapkan, serta melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. 

Usahakan untuk memilih produk skin care seperti sabun cuci muka, pelembap, dan sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jangan lupa, perhatikan pula kandungan bahan-bahan aktif di dalamnya. 

Pastikan Anda tidak membeli produk skin care yang bisa memicu reaksi alergi atau iritasi di kulit. Alih-alih mendapatkan kulit sehat bebas noda, penggunaan produk skin care yang tidak tepat justru semakin membuat kulit Anda semakin rusak. 

2. Maskeran secara rutin

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda pakai masker wajah? Entah itu masker yang berbentuk sheet mask atau pasta, keduanya dapat membantu melembapkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat di wajah. 

Namun, khusus untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan produk masker wajah yang mengandung niacinamide, kojic acid, arbutin, ekstrak licorice, dan ekstrak mulberry. 

Cara menyamarkan bekas jerawat satu ini sebaiknya digunakan bersamaan dengan produk skincare lain supaya hasilnya maksimal.

3. Pakai gel penghilang bekas jerawat

Menggunakan gel penghilang bekas jerawat juga bisa jadi solusi untuk mencegah sekaligus menyamarkan bekas jerawat di wajah. Anda bisa menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73).

Ketiganya dapat membantu menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang mengandung tiga bahan aktif tersebut juga punya kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat. 

Sebelum menggunakan gel ini, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dulu sampai bersih. Lalu oleskan gel tipis-tipis pada bagian kulit wajah yang bermasalah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya. 

4. Ubah pola makan

Selain menggunakan produk skincare, Anda juga perlu mengubah pola makan menjadi lebih sehat untuk menyamarkan bekas jerawat di wajah. Sebab, apa yang Anda makan setiap hari nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

Mulai sekarang, coba kurangi atau bahkan hindari makanan berlemak dan tinggi gula. Meski nikmat, kedua jenis makanan tersebut dapat memicu dan memperparah peradangan di kulit. 

Sebaliknya, biasakan untuk makan buah dan sayur setiap hari. Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit maupun tubuh. 

Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk perbanyak minum air putih supaya kulit dan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 27, 2020 | Terakhir Diedit: Februari 3, 2020

dr. Listya Paramita, Sp.KK Kulit & Kelamin

dr. Listya Paramita, Sp.KK menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Gadjah Mada dan melanjutkan pendidikan dokter spesialis Kulit dan Kelamin di Universitas yang sama. Meraih gelar Sp.KK dalam waktu 3,5 tahun, dokter yang akrab dipanggil dengan dr. Mita ini adalah salah satu lulusan tercepat dalam menempuh pendidikan spesialis.

Kecintaan yang tinggi dalam dunia dermatologi diwujudkan dengan memberikan pelayanan yang profesional dan maksimal kepada pasien, meliputi semua keluhan mengenai kulit, mukosa, rambut dan kelamin, serta tindakan-tindakan medis dalam bidang dermatologi seperti bedah kulit hingga laser, filler, botox dan threadlift.

dr. Mita peduli akan pentingnya pengetahuan untuk pencegahan timbulnya gangguan pada kulit dan kelamin sehingga sering memberikan edukasi secara berkala mengenai kesehatan.

 

Selengkapnya
Artikel Terbaru