home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tiba-tiba Ereksi Saat Puasa? Ini Trik untuk Mencegah dan Mengatasinya

Tiba-tiba Ereksi Saat Puasa? Ini Trik untuk Mencegah dan Mengatasinya

Saat menjalankan ibadah puasa, Anda harus bisa menahan diri dari berbagai aktivitas seksual. Tak terkecuali ereksi karena terangsang. Akan tetapi, kadang ereksi bisa muncul tiba-tiba. Entah karena Anda melihat atau membicarakan hal-hal yang berbau seks atau karena reaksi tubuh yang alami. Lalu bagaimana caranya agar bisa mengendalikan dan mencegah ereksi saat puasa? Simak tipsnya berikut ini, ya!

Mencegah penis ereksi saat puasa

Pada dasarnya, cara terbaik untuk mencegah ereksi saat puasa adalah menghindari hal-hal mesum atau yang berbau seks. Namun, Anda juga bisa melakukan berbagai cara ini agar tidak terangsang atau ereksi saat puasa.

1. Hindari tidur siang terlalu lama

Kalau Anda tidur terlalu lama, Anda akan memasuki tahap tidur lelap yang juga disebut REM (rapid eye movement). Dalam tahap tidur ini, hormon dalam tubuh Anda akan memicu peredaran darah yang cukup deras menuju area penis. Akibatnya, Anda pun akan mengalami ereksi atau mimpi basah saat tidur.

Maka, bila Anda ingin tidur siang saat puasa, batasi sampai 20 atau 30 menit saja. Lewat dari itu, Anda mungkin memasuki tahap tidur REM.

2. Hindari pikiran mesum

Jauhkan diri dari pikiran mesum atau hal-hal yang berbau seksual saat puasa. Daripada memikirkan soal pasangan atau seks, alihkan pikiran Anda dengan pekerjaan atau hobi Anda. Bila pikiran Anda sudah mengarah ke sana, coba fokuskan pada hal-hal yang bikin Anda kehilangan gairah. Misalnya tenggat waktu pekerjaan atau orangtua Anda.

3. Olahraga atau beraktivitas fisik

Saat Anda berolahraga atau beraktivitas fisik yang cukup berat, darah akan mengalir ke bagian-bagian tubuh yang sedang bekerja. Misalnya Anda memilih untuk beres-beres rumah daripada duduk main komputer. Darah akan mengalir lebih deras menuju tangan dan kaki, bukan area intim Anda. Maka, kemungkinan penis ereksi tiba-tiba jadi semakin kecil.

Penyebab penis ereksi meski tidak terangsang

Meskipun Anda sudah melakukan hal-hal di atas untuk mencegah terangsang, Anda tetap mungkin saja mengalami ereksi saat puasa. Ini lantaran penis, seperti halnya anggota tubuh Anda yang lain, terkadang bekerja di luar kendali atau kesadaran manusia.

Dalam banyak kasus, pria bisa mengalami ereksi ketika dihadapkan dengan situasi yang menegangkan atau saat dirinya gugup. Misalnya ketika mengerjakan ujian atau sedang menyiapkan presentasi penting di depan klien. Saat Anda merasa gugup atau takut, hormon adrenalin akan diproduksi oleh otak. Hal ini menyebabkan aliran darah semakin deras dan jantung berdegup lebih kencang. Sensasi ini mirip dengan orgasme atau gairah seks yang memuncak.

Akibatnya, penis pun mengalami ereksi meskipun Anda sedang tidak terangsang atau memikirkan hal-hal yang erotis. Hal ini juga dikenal dengan istilah ereksi spontan. Ereksi spontan memang sulit sekali dikendalikan, tapi jangan khawatir. Masih ada cara untuk menghentikan atau mengurangi intensitasnya.

Cara menghentikan ereksi saat puasa

Ereksi yang tidak dipicu oleh rangsangan seksual biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa menit. Namun, bila saat puasa Anda tiba-tiba mengalami ereksi yang tak kunjung hilang, coba lakukan langkah-langkah berikut.

  • Pikirkan hal-hal yang tidak menyenangkan, misalnya suasana macet di jalan tadi pagi.
  • Berolahraga ringan atau melakukan peregangan. Aktivitas fisik bisa menggiring darah dari penis menuju bagian tubuh lainnya sehingga penis bisa cepat lemas kembali.
  • Pergi ke kamar mandi dan coba untuk buang air kecil. Biasanya setelah buang air kecil penis akan jadi lebih rileks.
  • Tarik napas dalam. Ketika penis tiba-tiba menegang Anda mungkin jadi panik, tapi panik hanya akan memperparah situasi saja. Tenangkan diri dan tarik napas dalam beberapa kali sampai ereksinya hilang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What should I do if my erection won’t go down? http://www.nhs.uk/chq/Pages/883.aspx?CategoryID=118 Diakses pada 26 Mei 2017.

How the Penis Works: Erection and Ejaculation. http://www.webmd.com/erectile-dysfunction/how-an-erection-occurs Diakses pada 26 Mei 2017.

Can erections happen when you’re not sexually aroused? http://goaskalice.columbia.edu/answered-questions/can-erections-happen-when-youre-not-sexually-aroused Diakses pada 26 Mei 2017.

Questions about erections. http://teens.webmd.com/boys/questions-about-erections#1 Diakses pada 26 Mei 2017.

Trussel JC. Fertil Steril. 2010 Feb;93(3):837-42. Epinephrine is Associated with Both Erectile Dysfunction and Lower Urinary Tract Symptoms. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19062003. Accessed 28 May 2017

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 16/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x