Tiba-tiba Ereksi Saat Puasa? Ini Trik untuk Mencegah dan Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat menjalankan ibadah puasa, Anda harus bisa menahan diri dari berbagai aktivitas seksual. Tak terkecuali ereksi karena terangsang. Akan tetapi, kadang ereksi bisa muncul tiba-tiba. Entah karena Anda melihat atau membicarakan hal-hal yang berbau seks atau karena reaksi tubuh yang alami. Lalu bagaimana caranya agar bisa mengendalikan dan mencegah ereksi saat puasa? Simak tipsnya berikut ini, ya!

Mencegah penis ereksi saat puasa

Pada dasarnya, cara terbaik untuk mencegah ereksi saat puasa adalah menghindari hal-hal mesum atau yang berbau seks. Namun, Anda juga bisa melakukan berbagai cara ini agar tidak terangsang atau ereksi saat puasa.  

1. Hindari tidur siang terlalu lama

Kalau Anda tidur terlalu lama, Anda akan memasuki tahap tidur lelap yang juga disebut REM (rapid eye movement). Dalam tahap tidur ini, hormon dalam tubuh Anda akan memicu peredaran darah yang cukup deras menuju area penis. Akibatnya, Anda pun akan mengalami ereksi atau mimpi basah saat tidur.

Maka, bila Anda ingin tidur siang saat puasa, batasi sampai 20 atau 30 menit saja. Lewat dari itu, Anda mungkin memasuki tahap tidur REM.

2. Hindari pikiran mesum

Jauhkan diri dari pikiran mesum atau hal-hal yang berbau seksual saat puasa. Daripada memikirkan soal pasangan atau seks, alihkan pikiran Anda dengan pekerjaan atau hobi Anda. Bila pikiran Anda sudah mengarah ke sana, coba fokuskan pada hal-hal yang bikin Anda kehilangan gairah. Misalnya tenggat waktu pekerjaan atau orangtua Anda.  

3. Olahraga atau beraktivitas fisik

Saat Anda berolahraga atau beraktivitas fisik yang cukup berat, darah akan mengalir ke bagian-bagian tubuh yang sedang bekerja. Misalnya Anda memilih untuk beres-beres rumah daripada duduk main komputer. Darah akan mengalir lebih deras menuju tangan dan kaki, bukan area intim Anda. Maka, kemungkinan penis ereksi tiba-tiba jadi semakin kecil.

Penyebab penis ereksi meski tidak terangsang

Meskipun Anda sudah melakukan hal-hal di atas untuk mencegah terangsang, Anda tetap mungkin saja mengalami ereksi saat puasa. Ini lantaran penis, seperti halnya anggota tubuh Anda yang lain, terkadang bekerja di luar kendali atau kesadaran manusia.

Dalam banyak kasus, pria bisa mengalami ereksi ketika dihadapkan dengan situasi yang menegangkan atau saat dirinya gugup. Misalnya ketika mengerjakan ujian atau sedang menyiapkan presentasi penting di depan klien. Saat Anda merasa gugup atau takut, hormon adrenalin akan diproduksi oleh otak. Hal ini menyebabkan aliran darah semakin deras dan jantung berdegup lebih kencang. Sensasi ini mirip dengan orgasme atau gairah seks yang memuncak.  

Akibatnya, penis pun mengalami ereksi meskipun Anda sedang tidak terangsang atau memikirkan hal-hal yang erotis. Hal ini juga dikenal dengan istilah ereksi spontan. Ereksi spontan memang sulit sekali dikendalikan, tapi jangan khawatir. Masih ada cara untuk menghentikan atau mengurangi intensitasnya.

Cara menghentikan ereksi saat puasa

Ereksi yang tidak dipicu oleh rangsangan seksual biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa menit. Namun, bila saat puasa Anda tiba-tiba mengalami ereksi yang tak kunjung hilang, coba lakukan langkah-langkah berikut.

  • Pikirkan hal-hal yang tidak menyenangkan, misalnya suasana macet di jalan tadi pagi.
  • Berolahraga ringan atau melakukan peregangan. Aktivitas fisik bisa menggiring darah dari penis menuju bagian tubuh lainnya sehingga penis bisa cepat lemas kembali.
  • Pergi ke kamar mandi dan coba untuk buang air kecil. Biasanya setelah buang air kecil penis akan jadi lebih rileks.
  • Tarik napas dalam. Ketika penis tiba-tiba menegang Anda mungkin jadi panik, tapi panik hanya akan memperparah situasi saja. Tenangkan diri dan tarik napas dalam beberapa kali sampai ereksinya hilang.

Berapa Pengeluaran Rokok Anda Sehari?

Hitung dan coba alihkan uang itu untuk aktivitas lain yang membantu kesehatan Anda.

Cek Sekarang!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penyakit pada Kuku yang Perlu Diwaspadai

Penyakit kuku, mulai dari penampakannya yang aneh atau sekadar mudah patah, bisa berarti ada masalah juga pada kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit