Cara Mengatasi Dahak yang Mengganggu dan Tak Kunjung Hilang

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Kondisi dahak yang berlebih di saluran napas bisa sangat mengganggu. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak secara efektif baik dengan obat pengencer dahak, terapi pernapasan, obat alami maupun perawatan rumahan. Pengobatan ini dilakukan sebagai cara untuk mengeluarkan dahak yang menumpuk sekaligus mengendalikan produksi dahak di saluran napas.

Cara mengeluarkan dahak dengan teknik batuk dan pernapasan

Dahak sebenarnya berfungsi melembapkan, membersihkan, dan melindungi organ di sistem pernapasan dari zat asing yang mengiritasi. Namun, gangguan di paru-paru, seperti pneumonia, bronkitis, atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dapat menyebabkan produksi dahak yang berlebih. 

Akibatnya, dahak menumpuk, menimbulkan rasa mengganjal, dan mengganggu pernapasan. Saat produksi dahak bertambah, biasanya tubuh mencoba mengeluarkan dahak melalui mekanisme batuk. Kondisi ini yang menyebabkan terjadinya batuk berdahak.

Nah, jika Anda sering merasa terganggu dengan dahak yang menumpuk di tenggorokan, Anda bisa mencoba berbagai cara untuk mengeluarkan dahak.

Mengendalikan batuk

Batuk juga memiliki teknik tersendiri agar Anda bisa mengeluarkan dahak dengan mudah. Teknik ini melibatkan pergerakan otot dada dan perut. Terdapat dua teknik batuk yang bisa Anda coba, yakni:

  • Batuk dalam
    Pertama-tama duduklah pada kursi dengan posisi kaki menyentuh lantai. Lipat tangan di depan tubuh hingga menekan perut dan tariklah napas dalam-dalam. Dalam posisi tubuh terikat tangan dan perut tertekan, batuklah dengan kencang sampai dahak keluar dari tenggorokan.
  • Batuk kencang
    Cara mengeluarkan dahak dengan teknik batuk kencang diawali dengan mengambil napas hingga memenuhi paru-paru. Kencangkan otot perut, buang napas dengan membuka mulut sambil mengucapkan “ha”. Embuskan napas sebanyak tiga kali dengan cara yang sama.

Batuk Terus Bikin Lelah, Pelajari Teknik Batuk Efektif Berikut!

Bernapas dalam-dalam

Selain teknik batuk, teknik pernapasan juga bisa dilakukan sebagai cara efektif mengeluarkan dahak. Lakukanlah latihan pernapasan dalam dengan menghirup udara lebih lama hingga paru-paru mengembang. Setelahnya, embuskan kembali napas hingga paru-paru kembali mengempis.

Teknik pernapasan ini membantu membersihkan paru-paru dari lendir yang mengalangi udara bergerak di saluran napas.

Cara menghilangkan dahak secara alami

Obat batuk kronis ala rumahan

Bahan-bahan alami juga bisa menjadi cara menghilangkan dahak yang bisa diandalkan. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah yang berkhasiat mengencerkan dahak.

Berikut adalah obat pengencer dahak alami:

1. Minuman hangat

Perbanyaklah konsumsi cairan hangat ketika mengalami batuk berdahak. Minuman hangat, seperti air putih hangat, sup kaldu tulang, dan teh dapat membantu mengencerkan dahak  sekaligus memberi sensasi melegakan.

Selain itu, berkumur dengan air garam hangat selama beberapa kali juga bisa membantu melarutkan dahak yang menggumpal di sekitar tenggorokan

2. Bawang

Bawang termasuk pengencer dahak alami karena dianggap dapat bekerja seperti ekspektoran (mengencerkan dahak).

Bumbu masakan ini sebenarnya mengandung senyawa antiradang yang dapat merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

Anda dapat menambahkan potongan bawang pada sup kaldu hangat yang ditambahkan sumber protein seperti ayam atau daging. 

3. Madu

Tak hanya rasanya yang enak, madu dapat Anda gunakan untuk mengatasi dahak berlebih di dalam tenggorokan. Madu terbukti efektif menyembuhkan gejala batuk dan radang tenggorokan yang dialami anak-anak jika dikonsumsi secara rutin. Madu berhasil mempercepat penyembuhan radang dan menghilangkan dahak.

Jika dahak sangat mengganggu, Anda dapat mencoba mencampurkan madu ke dalam teh hangat. Campurkan juga perasan lemon agar rasanya lebih segar. Namun, jangan berikan madu sebagai obat pengencer dahak pada anak di bawah usia satu tahun. Hal ini bisa membuat anak berisiko mengalami botulisme.

4. Jahe

Pengencer dahak alami ini tentu sangat mudah untuk didapatkan. Selain sebagai rempah dasar masakan, jahe memang kerap digunakan sebagai obat alternatif yang ampuh mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti perut kembung dan mual.

Cara menghilangkan dahak dengan menggunakan jahe bisa dilakukan dengan menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat seperti teh, susu, atau air hangat. 

5. Daun mint

Rasa daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih lega. Menurut studi dalam jurnal Thorax, daun mint mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta mencairkan dahak yang menggumpal.

Untuk memanfaatkan daun mint sebagai obat pengencer dahak alami, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat dan minumlah ketika dahak terasa mengganjal di tenggorokan.

6. Lobak

Lobak adalah jenis sayuran yang dipercaya dapat membantu tenggorokan Anda bebas dari dahak yang menumpuk. Selain itu, lobak juga mampu membantu mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan nafsu makan, serta membantu sembuhkan Anda dari flu dan batuk.

Bahan makanan ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat dalam menyerang bakteri maupun virus yang menginfeksi. Sama halnya dengan bawang, lobak dapat diolah menjadi obat pengencer dahak alami dengan menambahkan lobak ke dalam sup hangat.

7. Gunakan humidifier

Gunakanlah humidifier untuk meningkatkan kelembapan ruangan sekaligus membersihkan udara dari debu, polusi, dan kuman penyakit. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang dapat memperparah iritasi di saluran napas sehingga dahak tidak semakin menumpuk.

Pilihan obat pengencer dahak dan pengobatan lainnya

Obat batuk sirup

Penggunaan obat-obatan medis, seperti obat batuk nonresep dan terapi paru-paru untuk pernapasan dapat menjadi pilihan pengobatan medis untuk menghilangkan dahak yang mengganggu.

Obat pengencer dahak

Terdapat dua jenis obat pengencer dahak yang umum dikonsumsi, yaitu:

  1. Ekspektoran
  2. Mukolitik

Salah satu jenis obat batuk OTC yaitu ekspektoran merupakan pengencer dahak yang umum dikonsumsi.

Ekspektoran (guaifenesin) adalah salah satu obat pengencer dahak yang bisa Anda dapatkan secara bebas (OTC). Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak tebal dan menggumpal sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk.

Selain itu, obat pengencer dahak ini juga menghambat produksi protein penghasil dahak sehingga bisa mengurangi jumlah dahak secara signifikan.

Sementara itu, mukolitik (bromhexine) adalah obat batuk yang juga umum, tapi diperlukan resep dokter untuk memperolehnya. Mukolitik bekerja dengan menghancurkan ikatan kimia pada dahak sehingga tekstur dahak menjadi lebih cair dan mudah dikeluarkan lewat batuk.

Terapi paru-paru

Terapi paru-paru (chest physiotherapy) menggunakan alat-alat medis mungkin diperlukan saat kondisi dahak berlebih sudah sangat menyulitkan Anda untuk bernapas normal. Pada pengobatan terapi dada, biasanya digunakan alat yang dapat mengangkat dahak yang menyumbat keluar dari saluran napas.

Pengobatan ini bisa dilakukan di rumah sakit di bawah pengawasan terapis. Selama terapi, Anda mungkin juga akan diajarkan teknik batuk dan pernapasan tertentu sebagai cara efektif untuk mengeluarkan dahak.

Di samping itu, Anda juga bisa melakukannya terapi dada di rumah menggunakan nebulizer. Akan lebih baik jika terapi untuk menghilangkan dahak dilakukan secara rutin setiap minggu hingga kondisi kesehatan Anda membaik dan pernapasan kembali lancar.

Cara Cepat Meredakan dan Menyembuhkan Batuk yang Perlu Anda Tahu

Selain menggunakan berbagai cara di atas untuk mengeluarkan dahak, Anda juga sebaiknya tetap beristirahat. Apalagi, batuk terkadang juga membuat Anda kelelahan. Beristirahat akan membantu tubuh Anda untuk pulih dengan lebih cepat. Jika dahak disertai batuk tak kunjung hilang, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab batuk yang Anda alami.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Para perempuan tentu akan panik saat melihat adanya bercak darah padahal ia tidak sedang haid. Berikut arti dari bercak darah saat tidak sedang haid ini.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan baru setelah bercerai

Kapan Waktu Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit
orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit