Apa itu rotator cuff tendonitis?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu rotator cuff tendonitis?

Rotator cuff tendonitis adalah peradangan di dalam sendi bahu yang berputar. Sendi bahu memiliki cakupan gerakan yang jauh lebih besar ketimbang sendi-sendi lainnya jadi mereka juga mudah terkena cedera.
Otot bahu yang besar dan kuat memberikan tenaga kepada pergerakan bahu seluruhnya. Mereka menghubungkan otot lengan dan otot bahu dan membuat lengan dapat bergerak. Peradangan yang berkepanjangan atau cedera dapat merobek otot tendon rotator cuff.

Seberapa umumkah rotator cuff tendonitis?

Kondisi kesehatan ini sangat sering terjadi. Kebanyakan dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 40 tahun atau yang melakukan terlalu banyak gerakan berulang di bagian otot lengan.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala rotator cuff tendonitis?

Jika Anda menderita Rotator Cuff Tendonitis, gejala utamanya adalah nyeri di bahu, khususnya ketika Anda mengangkat tangan Anda ke satu sisi. Anda akan merasakan nyeri yang jauh lebih hebat saat mengangkat tangan di atas kepala, seperti saat menyisir rambut. Lengan yang cedera dan bahu dapat merasa lemas.

Mungkin ada beberapa tanda atau gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan gejalanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Ketika Anda merasakan gejala tersebut, Anda harus periksa ke dokter untuk mendapatkan saran medis dan pengobatan lebih lanjut, khususnya jika Anda menderita cedera bahu. Jika Anda merasakan nyeri sampai lebih dari dua minggu, Anda harus periksa ke dokter dan mendapatkan perawatan yang terbaik.

Penyebab

Apa penyebab rotator cuff tendonitis?

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh aktivitas olahraga yang melibatkan gerakan mengayun secara berulang di atas kepala seperti baseball, renang, angkat beban, dan tennis. Di beberapa pekerjaan seperti mengecat rumah dan berkayu, lengan kiri harus naik dan turun secara berkala. Gerakan ini memberikan tekanan kepada bahu Anda yang menyebabkan peradangan di otot dan ligamen.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk rotator cuff tendonitis?

Ada beberapa faktor risiko dari rotator cuff tendonitis, seperti:

  • Usia: Semakin tua diri Anda, semakin besar risiko terkena rotator cuff tendonitis. Khususnya bagi Anda yang sudah berusia lebih dari 40 tahun
  • Aktivitas olahraga: Biasanya terjadi kepada atlet yang sering menggerakkan lengan mereka untuk bermain seperti pelempar baseball, pemanah dan tenis
  • Pekerjaan konstruksi. Tukang kayu, tukang ledeng, pengecat rumah. Pekerjaan mereka memerlukan pergerakan lengan yang berulang, sering mengangkat lengan di atas kepala. Kalau dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan terjadinya peradangan di rotator cuff
  • Riwayat keluarga. Penyakit ini dapat dihubungan dengan faktor genetik

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk rotator cuff tendonitis?

Pertama-tama, pasien harus beristirahat cukup, konsumsi obat anti radang nonsteroida, seperti ibuprofen, dan berhenti melakukan aktivitas yang menyebabkan nyeri. Kalau metode ini tidak efektif, pasien bisa menjalani terapi fisik untuk menjaga kelenturan bahu.

Jika semua metode sama sekali tidak menghilangkan nyeri, dokter dapat mempertimbangkan untuk melakukan operasi sebagai bagian dari perawatan. Operasi biasanya dihadirkan untuk rasa sakit yang parah ketika metode lain sudah tidak bekerja.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk rotator cuff tendonitis?

Para dokter akan mendiagnosis riwayat medis dan pengujian fisik. Dokter dapat menemukan di mana masalahnya dengan melakukan uji gerak bahu untuk mengetahui gerakan mana yang menyebabkan rasa nyeri. Dokter akan menguji pergerakan punggung, bahu, lengan Anda dalam beberapa cara. Tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) bisa membantu jika dokter mengidentifikasi adanya robekan di sendi bahu yang berputar.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi rotator cuff tendonitis?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut dapat membantu Anda mengatasi penyakit ini:

  • Istirahatkan lengan dan bahu Anda. Terkadang, hanya itu yang Anda butuhkan untuk membantu proses penyembuhan. Coba untuk bekerja dengan lengan yang tak terluka
  • Gunakan obat penghilang rasa sakit jika dibutuhkan
  • Hubungi dokter Anda jika nyeri mengganggu tidur Anda dan tidak dapat diatasi oleh obat

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca