Definisi

Apa itu penuaan?

Penuaan adalah proses yang terjadi perlahan-lahan akibat metabolisme Anda menurun secara bertahap. Anda akan kurang tidur. Anda akan mulai memerlukan kacamata baca. Beberapa orang juga mungkin mengalami hilangnya kemampuan pendengaran. Ketika Anda mencapai usia 50 tahun, tulang Anda juga akan menua, dan respon seksual Anda juga akan berbeda, biasanya melambat. Organ vital Anda juga akan mulai kehilangan efisiensinya.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala penuaan?

Berikut adalah beberapa gejala penuaan yang dapat terjadi pada Anda:

  • Perlambatan metabolism
  • Kehilangan pendengaran
  • Tulang biasanya mulai memiliki masalah seperti nyeri, sakit, dll.
  • Mudah terserang penyakit seperti kolesterol tinggi, tekanan darah, dll.

Ada gejala lain yang tidak tertera di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai gejala apapun, silahkan konsultasikan pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami tanda atau gejala yang tertera di atas atau punya pertanyaan, silahkan konsultasikan dengan dokter Anda. Tubuh setiap orang memiliki reaksi berbeda-beda. Jalan terbaik adalah dengan mengonsultasikannya dengan dokter tentang apa yang terbaik untuk situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab penuaan?

Penuaan adalah bagian normal dari kehidupan. Seiring Anda menua, Anda akan mulai terlihat berbeda dan merasa berbeda. Walaupun semua orang akan menua, perubahan pada setiap orang akan berbeda.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk penuaan?

Ada beberapa faktor yang membuat penuaan terjadi lebih cepat, termasuk:

  • Genetik
  • Riwayat kesehatan
  • Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak aktif juga dapat mempengaruhi Anda dan akan meningkatkan risiko penyakit kronis ketika Anda tua. Jika Anda telah memiliki penyakit kronis, menjadi aktif dapat membantu Anda mengontrol kondisi dengan sedikit pengobatan.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana penuaan didiagnosis?

Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter  untuk mengetahui kesehatan Anda ketika Anda menua.

Apa saja pengobatan untuk penuaan?

Menjadi aktif secara fisik merupakan kunci utama untuk penuaan yang sehat. Tidak hanya meningkatkan level energi dan ketajaman mental tetapi juga mengatur kekuatan dan fleksibilitas Anda yang akan mencegah jatuh dan luka.

Anda dapat memulai untuk menjadi aktif secara fisik dengan mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dengan dokter untuk mendapat rekomendasi ahli tentang apa yang Anda butuhkan.

Pada dasarnya, sangat disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan kecil pada keseharian Anda seperti menaruh remote TV Anda, menaiki tangga dibanding tangga jalan, mengajak jalan anjing Anda. Anda bukannya berlatih untuk olimpiade. Tidak perlu menetapkan tujuan yang tidak realistis. Tetapkan tujuan akhir yang terjangkau dan dalam jangka pendek. Sebagai contoh, Anda dapat memulai dengan berjalan 10 menit dalam sehari, kemudian perlahan tambahkan 5 menit setiap minggunya. Ketika Anda terbiasa untuk menjadi aktif, Anda dapat menantang diri Anda sendiri dengan aktivitas yang lebih menantang seperti jogging atau pergi ke gym.

Kesehatan emosional Anda juga penting. Tetaplah berhubungan dengan keluarga dan teman. Ikutlah bergabung dengan komunitas yang lebih besar. Agar ingatan Anda tetap tajam, cobalah membaca secara teratur. Anda mungkin juga dapat belajar Bahasa baru, atau kerjakan teka-teki silang setiap harinya, apapun yang Anda sukai. Penurunan ingatan umum terjadi pada orang tua. Penuaan dapat menyebabkan Anda mudah untuk melupakan sesuatu. Anda dapat mengatasinya dengan menulis hal-hal yang penting seperti nama dan tanggal, pastikan Anda dapat melihatnya lagi jika Anda lupa sesuatu.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penuaan?

Penuaan dapat menyebabkan banyak masalah untuk Anda, baik mental maupun fisik. Namun, dengan aktivitas fisik rutin dan gaya hidup yang sehat, Anda dapat memperlambat proses penuaan dan menghindari banyak masalah. Sangatlah penting untuk selalu menjadi positif karena perspektif memiliki pengaruh yang besar terhadap bagaimana Anda merasa terhadap diri Anda sendiri. Pikiran yang positif tidak akan pernah menjadi tua.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 28, 2017 | Terakhir Diedit: April 28, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan