Definisi

Apa itu narkolepsi?

Narkolepsi adalah penyakit kronis di mana pasien dapat tertidur kapan saja dan di mana saja secara tidak terkontrol, berapapun lamanya mereka telah tidur. Pasien akan merasa baik-baik saja setelah tertidur selama 10-15 menit, namun keadaan tersebut cepat menghilang dan mereka akan tertidur kembali. Narkolepsi dapat terjadi saat menyetir, bekerja, atau berbicara. narkolepsi merupakan penyakit berkepanjangan yang tak dapat diobati. Namun demikian, bila dilakukan perawatan yang tepat dan mempertahankan gaya hidup sehat, Anda dapat mengontrol situasi ini.

Seberapa umumkah narkolepsi?

Semua orang dapat terkena penyakit ini. Di antaranya, paling banyak adalah yang berusia antara 15-30 tahun. Anda dapat mengurangi faktor risiko terkena kondisi ini. Hubungi dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala narkolepsi?

Gejala dari narkolepsi di antaranya adalah:

  • Merasakan kantuk saat siang hari: kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit dan sering terjadi setelah makan, berbicara dengan orang lain, atau pada situasi-situasi lain
  • Otot yang lemah sebagian atau keseluruhan (atony): Anda tidak dapat mengontrol pergerakan tangan dan kaki. Pada kasus yang parah, Anda dapat jatuh atau mengalami kelumpuhan dalam beberapa menit
  • Mengalami halusinasi: Anda melihat atau mendengar sesuatu yang tidak nyata. Kondisi ini terjadi saat tidur ataupun tidak

Mungkin ada gejala-gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda mempunyai kekhawatiran mengenai suatu gejala, konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Temui dokter apabila situasi ini memengaruhi aktivitas sehari-hari dan pekerjaan Anda. Status dan kondisi dapat berbeda pada banyak orang. Selalu diskusikan dengan dokter untuk dirujuk ke metode diagnostik dan pengobatan terbaik untuk Anda.

Penyebab

Apa penyebab narkolepsi?

Penyebab narkolepsi masih belum jelas. Namun, orang-orang dengan penyakit ini memiliki konsentrasi Hypocretin yang rendah. Hypocretin penting untuk membuat Anda terjaga. Meskipun penyebab pasti masih belum jelas mengapa sel-sel yang memproduksi hypocretin berkurang, para ahli berasumsi bahwa ini adalah akibat dari reaksi autoimun. Di samping itu, narkolepsi juga terkait dengan riwayat keturunan di keluarga, para ilmuwan telah menemukan beberapa gen yang terlibat dalam pewarisan penyakit ini ke generasi berikutnya.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk narkolepsi?

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko narkolepsi, termasuk:

  • Cedera pada otak
  • Penyakit pada sistem saraf
  • Turunan

Tidak adanya faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat terkena penyakit ini. Tanda-tanda ini adalah hanya untuk acuan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk narkolepsi?

Belum ada metode dan terapi untuk menyembuhkan atau mengontrol penyakit ini. Dokter Anda mungkin akan memberi resep obat untuk mengurangi durasi tidur pada siang hari dan untuk membantu tidur lebih lelap di malam hari. Dokter Anda mungkin juga akan menggunakan beberapa antidepresan untuk meredakan gejala seperti halusinasi atau ‘incubus’. Langkah-langkah sederhana seperti berolahraga dan menghindari kafein dan alkohol juga dapat membantu.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk narkolepsi?

Dokter akan memeriksa kesehatan Anda dan bertanya tentang episode narkolepsi yang terjadi.

Terdapat juga cara lain untuk membuat diagnosis seperti:

  • Tes darah: untuk memastikan apakah ada penyakit lain yang mempengaruhi tidur Anda atau tidak
  • Melakukan ECG, EEG
  • Tes genetik: untuk mengetahui adanya gen yang menyebabkan penyakit atau tidak

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi narkolepsi?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut dapat membantu Anda mengatasi narkolepsi:

  • Gunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter
  • Istirahat yang cukup saat siang hari apabila memungkinkan
  • Tidur dan bangun tepat waktu. Cobalah untuk tidur setidaknya 8 jam per hari
  • Olahraga
  • Jangan merokok, mengonsumsi kafein atau alkohol

Apabila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah ke dokter untuk memahami solusi yang terbaik untuk Anda.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016