Definisi

Apa itu adenoiditis?

Adenoiditis adalah peradangan dan infeksi yang terjadi pada adenoid, yaitu kumpulan otot limpatik yang membesar, terletak di antara belakang hidung dan tenggorokan. Adenoditis biasanya menyerang anak-anak.

Seperti amandel Anda, adenoid bekerja sebagai filter, mencegah kuman agar tidak memasuki tubuh Anda melalui hidung dan mulut.  Adenoid hanya dapat dilihat dengan alat khusus. Adenoid mengecil seiring Anda dewasa. Ketika Anda telah menjadi remaja, biasanya mereka akan hilang. Karena tugas dari adenoid adalah melawan bakteri, mereka terkadang dapat kewalahan dan terinfeksi, menghasilkan peradangan adenoiditis.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala adenoiditis?

Gejala adenoiditis adalah sakit tenggorokan, hidung berair, pembengkakan kelenjar di leher, nyeri di kuping dan masalah salurah pernapasan seperti bernapas lewat mulut, bicara lewat saluran pernapasan, mendengkur, atau masalah pernapasan sementara saat tidur.

Mungkin ada gejala lain yang tidak tertera di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai gejala apapun, silahkan konsultasikan pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami tanda atau gejala yang tertera di atas atau punya pertanyaan, silahkan konsultasikan dengan dokter Anda. Tubuh setiap orang memiliki reaksi berbeda-beda. Jalan terbaik adalah dengan mengkonsultasikannya dengan dokter tentang apa yang terbaik untuk situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab adenoiditis?

Saat Anda mengalami sakit tenggorokan, terkadang tonsil alias amandel di dalam mulut Anda dapat terinfeksi. Adenoid yang terletak lebih tinggi di dalam mulut, di belakang hidung dan langit-langit mulut, dapat juga ikut terinfeksi. Bakteri yang dapat menyebabkan adenoiditis disebut streptococcus. Namun, adenoiditis juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis virus, termasuk virus EpsteinBarr, adenovirus, dan rhinovirus.

Kondisi ini dapat membuat napas Anda lebih sulit dan berujung pada infeksi pernapasan berulang.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk adenoiditis?

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang berisiko terkena adenoiditis, termasuk:

  • Infeksi tenggorokan, leher, atau kepala berulang
  • Infeksi amandel
  • Kontak dengan virus airborne, kuman, dan bakteri

Anak-anak sangat mudah terjangkit adenoiditis. Hal ini dikarenakan adenoids mengecil secara progresif selama masa anak-anak.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana adenoiditis didiagnosis?

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan merekomendasikan:

  • Pemeriksaan tenggorokan
  • Tes darah
  • X-rays
  • Tes dari otolaryngologist untuk melakukan tes fisik untuk mengetahui dimana infeksi terjadi.

Apa saja pengobatan untuk adenoiditis?

Kebanyakan kasus adenoiditis dapat ditangani dengan antibiotik. Namun, jika infeksinya terlalu sering, atau jika antibiotiknya tidak bekerja, atau jika anak Anda memiliki masalah pernapasan, prosedur operasi bernama ademoidektomi dapat direkomendasikan untuk menghilangkan adenoid. Biasanya disarankan juga untuk mengoperasi amandel di saat yang sama.

Selama prosedur, bius total akan dilakukan dan adenoid (dan amandel) akan dihilangkan melalui mulut tanpa sayatan tambahan. Ketika adenoid tidak memerlukan penghentian, Anda harus membiarkan anak Anda di klinik atau rumah sakit selama 5 jam sehingga dapat dengan mudah dipantau.

Setelah adenoidektomi, pasien biasanya mengalami demam rendah dan sakit tenggorokan, yang dapat menyebabkan pernapasan melalui mulut. Sebagai tambahan, keropeng putih biasanya akan muncul di dekat area yang diobati. Kebanyakan akan secara otomatis mengelupas setelah 10 hari operasi. Sangatlah penting bagi anak Anda untuk tidak mengelupasnya sendiri. Anak Anda diharapkan memiliki sedikit bercak darah pada hidung atau mulut. Tetapi jika terlihat bercak darah merah terang atau jika anak Anda mengalami bunyi menciut-ciut, Anda harus membawa anak Anda ke rumah sakit segera.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi adenoiditis?

Gaya hidup dan pengobatan rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi kondisi kesehatan Anda:

  • Makan makanan sehat
  • Minum banyak cairan
  • Cukup tidur
  • Melakukan hal yang higienis.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 28, 2017 | Terakhir Diedit: April 28, 2017