Lupakan Catok, Ini 5 Tips Meluruskan Rambut Secara Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setiap jenis rambut memiliki keindahannya tersendiri, tapi beberapa wanita mungkin mendambakan rambut yang lurus karena menganggapnya mudah diatur. Tidak jarang, mereka bahkan meluruskan rambut dengan cara berisiko seperti mencatok. Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa Anda ikuti guna meluruskan rambut secara alami.

Cara sehat dan alami meluruskan rambut

Alat penata rambut seperti catokan memanfaatkan suhu tinggi untuk menjaga rambut tetap lurus dan teratur. Kendati efektif, cara ini lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pada rambut.

Ingin rambut Anda tetap lurus tanpa harus rusak? Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Menggunakan kondisioner setelah keramas

pakai conditioner

Cara paling sederhana untuk meluruskan rambut secara alami adalah menggunakan kondisioner. Kondisioner mengandung minyak, humektan (zat pelembap), serta alkohol khusus yang menjaga kelembutan dan kelenturan rambut.

Beberapa kondisioner juga mengandung protein khusus yang dapat menyatukan ujung rambut yang patah serta membuat rambut tampak lebih tebal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, coba gunakan kondisioner setiap usai keramas secara rutin.

2. Mencampurkan minyak esensial dengan produk perawatan rambut

Sejumlah orang mengaku lebih mudah mengatur rambutnya setelah menggunakan minyak esensial. Cara ini memang belum dibuktikan secara ilmiah, tapi minyak esensial memang mengandung beragam bahan aktif yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Coba campurkan beberapa tetes minyak serai, lavender, peppermint, tea tree, atau argan pada sampo atau kondisioner. Lalu, gunakan produk-produk tersebut seperti biasa. Cara ini mungkin membutuhkan proses, tapi cukup ampuh untuk meluruskan rambut secara alami.

3. Mengeringkan rambut dengan cara yang tepat

mengeringkan rambut yang benar

Cara mengeringkan rambut yang keliru bisa menyebabkan ujung rambut patah, bahkan merusak rambut. Setelah keramas, keringkan rambut Anda dengan diangin-anginkan. Begitu rambut hampir kering, pisahkan helai rambut Anda menjadi beberapa bagian.

Keringkan setiap bagian rambut menggunakan hairdryer, tapi jangan gunakan mode hot blow. Gunakan mode cool blow untuk mengeringkan rambut dari akar hingga ke ujung. Melansir penelitian dalam jurnal Annals of Dermatology, cara ini terbukti meminimalisasi kerusakan pada rambut.

4. Menggunakan masker telur dan minyak zaitun

Menggunakan masker dari kedua bahan ini dinilai sebagai cara yang ampuh untuk meluruskan rambut secara alami. Hal ini disebabkan karena telur dan minyak zaitun dapat mengembalikan protein pada rambut sehingga rambut menjadi lebih rileks dan mudah diatur.

Siapkan 2 butir telur dan 3 sendok makan minyak zaitun, lalu kocok keduanya hingga rata. Oleskan pada rambut dan biarkan sebentar. Setelah 1 jam, bilas rambut Anda menggunakan sampo. Gunakan masker ini setiap seminggu sekali.

5. Menggunakan masker susu dan madu

Sumber: Lifealth

Susu dan madu tidak hanya menyehatkan bagi pencernaan, tapi juga rambut Anda. Protein pada susu akan memberikan nutrisi bagi rambut, sementara madu adalah zat emolien alami yang mengunci kelembapan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Cara meluruskan rambut secara alami menggunakan masker tidaklah sulit. Campurkan 60 ml susu dan 2 sendok makan madu. Oleskan pada rambut, biarkan selama 2 jam, lalu bilas rambut Anda. Gunakan masker ini setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Beragam cara di atas mungkin memberikan hasil yang bervariasi pada tiap orang. Anda pun harus rutin menjalaninya agar rambut mengalami perubahan. Cepat ataupun lambat, rambut lurus dan teratur bukan lagi sekadar impian.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Perawatan Rambut di Salon yang Patut Dicoba

Pernahkah ke salon rambut? Dari creambath hingga meluruskan rambut, simak daftar perawatan rambut di salon dan manfaatnya berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Perawatan Rambut Botak, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Merawat rambut botak perlu dilakukan bagi mereka yang botak. Caranya cukup mudah dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Tepat dan Mudah Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk terlepas dari tugas merawat rambut bagi wanita. Bagaimana cara merawat rambut berhijab yang tepat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami yang Manjur

Ingin punya rambut panjang tanpa harus merogoh kocek demi hair extension di salon? Simak cara memanjangkan rambut secara alami di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
minyak kelapa untuk rambut

Yuk, Pakai Minyak Kelapa untuk Rambut Indah dan Berkilau!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
creambath rambut

Serba-serbi Creambath Rambut dan Perbedaannya dengan Hair Spa

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
sambung rambut atau hair extension

Serba-serbi Sambung Rambut (Hair Extension) yang Kerap Dilakukan di Salon

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 6 menit