Apakah Sulam Alis Aman Bagi Kesehatan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah bisa mengubah keseluruhan penampilan Anda. Faktanya, alis indah dan terawat bisa membuat Anda tampak jauh lebih muda. Maka dari itu, tidak sedikit wanita yang rela meluangkan waktunya untuk membentuk dan mempercantik alis mereka, mulai dari sekadar menggunakan pensil alis untuk mengisi kekosongan, cabut alis, threading, hingga tato alis.

Tren bentuk alis berubah setiap tahunnya, begitu pula dengan metode baru perawatan alis yang terus bermunculan untuk membantu Anda mendapatkan lekuk alis yang sempurna. Salah satunya, sulam alis.

Apa itu sulam alis?

Sulam alis adalah prosedur kosmetik untuk mengisi alis dengan menanamkan pigmen berwarna dengan tekstur menyerupai rambut asli mengikuti jalur pertumbuhan rambut asli, alias feathering.

Dengan teknik feathering, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan teknisi Anda untuk mendapatkan pigmen warna yang senada dengan warna rambut alis asli Anda, sehingga menciptakan bentuk alis baru yang terlihat lebih alami. Sulam alis juga cocok bagi Anda yang ingin menebalkan alis tipis, atau memberikan warna yang lebih gelap untuk membuat alis terlihat lebih jelas.

Tidak seperti tato alis yang menembus lapisan kulit dalam dan menciptakan hasil permanen, sulam alis hanya memengaruhi epidermis dan umumnya bisa bertahan hingga dua tahun dengan touch-up rutin. Sulam alis memudahkan Anda untuk berganti model bentuk alis sesuai dengan keinginan Anda.

Bagaimana prosedur sulam alis?

Untuk mendapatkan alis idaman, Anda mungkin akan memerlukan beberapa kali sesi sulam alis.

Pada sesi pertama, teknisi sulam alis Anda akan membersihkan rambut-rambut halus di alis Anda untuk memetakan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Anda. Kemudian, krim anestesi akan dioleskan pada kedua alis untuk meringankan rasa nyeri yang mungkin Anda alami selama proses sulam dilakukan.

Setelah teknisi menggambar bentuk alis baru Anda, ia akan membuat beberapa irisan kecil di kulit Anda menggunakan pisau bedah tipis untuk menyisipkan pigmen warna sesuai jalur alis tersebut.

Prosedur sulam alis berkisar antara 1-2 jam. Setelahnya, Anda mungkin akan mengalami bengkak dan kemerahan pada alis baru Anda. Rasa sakit dan bengkak akan menghilang dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Warna alis juga akan memudar dalam dua minggu pertama, maka dari itu Anda akan memerlukan sesi lanjutan untuk memantapkan hasilnya.

Selama menunggu antar sesi, jangan menggaruk atau menggosok alis baru Anda, termasuk mencungkil sel-sel kulit mati yang mungkin terbentuk selama proses pemulihan, untuk mempertahankan bentuk alis baru Anda.

Pada sesi kedua, teknisi akan mengulangi proses pengirisan untuk menambahkan beberapa pigmen baru dan menggelapkan kembali warna alis Anda. Hasil akhir akan bisa bertahan hingga 12-18 bulan.

Amankah sulam alis?

Layaknya prosedur kosmetik pada umumnya, sulam alis aman jika dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat khusus di bidangnya. Pastikan klinik kecantikan Anda menyediakan sesi konsultasi sebelum mulai menjalankan prosedur sulam alis untuk memilih warna dan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Anda, serta mendiskusikan potensi efek sampingnya, yaitu pembengkakan sementara dan iritasi kemerahan.

Jangan ragu untuk meminta teknisi Anda untuk menunjukkan portofolio hasil “before and after” dari klien-klien sebelumnya, juga sertifikasi yang mereka pegang.

Merujuk dari asianone.com, saat hari-H, pastikan bahwa peralatan yang akan digunakan steril. Khususnya, pastikan mata pisau bedah dan jarum yang digunakan adalah sekali pakai. Minta mereka untuk membuka segel di depan Anda sebelum memulai prosedur.

Mata pisau sekali pakai dan steril penting untuk menghindari infeksi dan penularan penyakit melalui darah, seperti hepatitis B dan C, serta HIV, karena prosedur sulam alis melibatkan pengirisan kulit terbuka.

Masalah umum lainnya adalah bentuk alis baru Anda tidak sesuai dengan lajur otot alis asli Anda, sehingga saat alis digerakkan mereka terlihat aneh. Tetapi, jika teknisi Anda berpengalaman, risiko ini bisa dihindari. Namun, karena hasil akan bertahan selama tahunan, tidak ada salahnya untuk benar-benar memastikan. Setelah teknisi menggambar alis baru Anda, bercerminlah dan buat berbagai macam ekspresi untuk melihat keselarasan gerak alis dengan keseluruhan wajah Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

    Kalau menyangkut kesehatan kulit dan rambut, vitamin E selalu jadi idola. Padahal vitamin B untuk kecantikan tak kalah pentingnya. Untuk apa?

    Ditulis oleh: Tiara Putri
    Kesehatan Kulit 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

    Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

    Tahukah Anda bahwa yang namanya vagina sebenarnya hanya lubang jalan lahir bayi saja? Lalu apa nama organ-organ di sekitarnya? Simak anatomi vagina di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

    9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

    Tidak semua orang ingin melakukan extension bulu mata. Namun Anda bisa memanjangkan bulu mata dengan cara yang aman dan murah meriah.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Kecantikan 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

    Siku Kering? Ini 6 Cara Efektif untuk Mengatasinya

    Siku kering hingga berwarna putih bukan hanya merusak penampilan, tapi juga kadang membuat tidak nyaman. Begini cara mengatasinya.

    Ditulis oleh: Priscila Stevanni
    Kesehatan Kulit 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    proses pasang behel

    Bagaimana Proses Pemasangan Behel atau Kawat Gigi?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Thendy Foraldy
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
    tips mengurangi garis halus di wajah

    5 Cara Alami Mengurangi Garis Halus dan Keriput di Wajah

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
    krim perontok bulu

    Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
    mood swing saat menstruasi

    Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
    Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit