Apakah Sulam Alis Aman Bagi Kesehatan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah bisa mengubah keseluruhan penampilan Anda. Faktanya, alis indah dan terawat bisa membuat Anda tampak jauh lebih muda. Maka dari itu, tidak sedikit wanita yang rela meluangkan waktunya untuk membentuk dan mempercantik alis mereka, mulai dari sekadar menggunakan pensil alis untuk mengisi kekosongan, cabut alis, threading, hingga tato alis.

Tren bentuk alis berubah setiap tahunnya, begitu pula dengan metode baru perawatan alis yang terus bermunculan untuk membantu Anda mendapatkan lekuk alis yang sempurna. Salah satunya, sulam alis.

Apa itu sulam alis?

Sulam alis adalah prosedur kosmetik untuk mengisi alis dengan menanamkan pigmen berwarna dengan tekstur menyerupai rambut asli mengikuti jalur pertumbuhan rambut asli, alias feathering.

Dengan teknik feathering, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan teknisi Anda untuk mendapatkan pigmen warna yang senada dengan warna rambut alis asli Anda, sehingga menciptakan bentuk alis baru yang terlihat lebih alami. Sulam alis juga cocok bagi Anda yang ingin menebalkan alis tipis, atau memberikan warna yang lebih gelap untuk membuat alis terlihat lebih jelas.

Tidak seperti tato alis yang menembus lapisan kulit dalam dan menciptakan hasil permanen, sulam alis hanya memengaruhi epidermis dan umumnya bisa bertahan hingga dua tahun dengan touch-up rutin. Sulam alis memudahkan Anda untuk berganti model bentuk alis sesuai dengan keinginan Anda.

Bagaimana prosedur sulam alis?

Untuk mendapatkan alis idaman, Anda mungkin akan memerlukan beberapa kali sesi sulam alis.

Pada sesi pertama, teknisi sulam alis Anda akan membersihkan rambut-rambut halus di alis Anda untuk memetakan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Anda. Kemudian, krim anestesi akan dioleskan pada kedua alis untuk meringankan rasa nyeri yang mungkin Anda alami selama proses sulam dilakukan.

Setelah teknisi menggambar bentuk alis baru Anda, ia akan membuat beberapa irisan kecil di kulit Anda menggunakan pisau bedah tipis untuk menyisipkan pigmen warna sesuai jalur alis tersebut.

Prosedur sulam alis berkisar antara 1-2 jam. Setelahnya, Anda mungkin akan mengalami bengkak dan kemerahan pada alis baru Anda. Rasa sakit dan bengkak akan menghilang dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Warna alis juga akan memudar dalam dua minggu pertama, maka dari itu Anda akan memerlukan sesi lanjutan untuk memantapkan hasilnya.

Selama menunggu antar sesi, jangan menggaruk atau menggosok alis baru Anda, termasuk mencungkil sel-sel kulit mati yang mungkin terbentuk selama proses pemulihan, untuk mempertahankan bentuk alis baru Anda.

Pada sesi kedua, teknisi akan mengulangi proses pengirisan untuk menambahkan beberapa pigmen baru dan menggelapkan kembali warna alis Anda. Hasil akhir akan bisa bertahan hingga 12-18 bulan.

Amankah sulam alis?

Layaknya prosedur kosmetik pada umumnya, sulam alis aman jika dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat khusus di bidangnya. Pastikan klinik kecantikan Anda menyediakan sesi konsultasi sebelum mulai menjalankan prosedur sulam alis untuk memilih warna dan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Anda, serta mendiskusikan potensi efek sampingnya, yaitu pembengkakan sementara dan iritasi kemerahan.

Jangan ragu untuk meminta teknisi Anda untuk menunjukkan portofolio hasil “before and after” dari klien-klien sebelumnya, juga sertifikasi yang mereka pegang.

Merujuk dari asianone.com, saat hari-H, pastikan bahwa peralatan yang akan digunakan steril. Khususnya, pastikan mata pisau bedah dan jarum yang digunakan adalah sekali pakai. Minta mereka untuk membuka segel di depan Anda sebelum memulai prosedur.

Mata pisau sekali pakai dan steril penting untuk menghindari infeksi dan penularan penyakit melalui darah, seperti hepatitis B dan C, serta HIV, karena prosedur sulam alis melibatkan pengirisan kulit terbuka.

Masalah umum lainnya adalah bentuk alis baru Anda tidak sesuai dengan lajur otot alis asli Anda, sehingga saat alis digerakkan mereka terlihat aneh. Tetapi, jika teknisi Anda berpengalaman, risiko ini bisa dihindari. Namun, karena hasil akan bertahan selama tahunan, tidak ada salahnya untuk benar-benar memastikan. Setelah teknisi menggambar alis baru Anda, bercerminlah dan buat berbagai macam ekspresi untuk melihat keselarasan gerak alis dengan keseluruhan wajah Anda.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Jangan Keliru, Begini Urutan Pakai Produk Skin Care yang Benar Sesuai Aturan

Semahal apa pun produk perawatan kulit yang Anda punya jika salah urutan skincare, percuma saja. Berikut urutan pemakaian skin care yang benar.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 5 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Tertarik melakukan filler wajah? Ketahui terlebih dulu efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan wajah satu ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Operasi A-Z 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minyak jojoba untuk melawan keriput

Penuaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit