home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Begini Cara yang Benar Menyimpan Produk Skincare Agar Tak Cepat Rusak

Begini Cara yang Benar Menyimpan Produk Skincare Agar Tak Cepat Rusak

Punya kulit yang senantiasa sehat bercahaya adalah impian setiap orang. Untuk meraihnya, digunakanlah beragam produk skincare sesuai kebutuhan mulai dari pembersih muka, lotion pelembap, sunscreen, hingga serum. Setiap produk skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara menyimpan produk skincare pun pasti berbeda antar produk. Tidak jarang, Anda mungkin bingung apakah produk ini harus disimpan di kulkas atau di suhu ruangan.

Penyimpanan yang salah dapat membuat kandungan di dalamnya menjadi tidak efektif untuk memunculkan manfaat yang diklaim. Simak di bawah ini cara yang benar menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak.

Cara menyimpan produk skincare yang benar

Setelah membeli produk skincare yang cocok dengan jenis kulit, ada baiknya Anda memperhatikan cara penyimpanannya sebab hal tersebut dapat mempengaruhi kandungan zat yang terkandung di dalamnya.Kebanyakan produk skincare dan kosmetik tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Misalnya saja, krim wajah yang mengandung vitamin C bisa berubah kecokelatan jika terpapar udara, cahaya, dan panas. Akibat perubahan warna ini, kandungan vitamin C dalam krim wajah Anda pun jadi berkurang khasiatnya.

Tentu Anda ingin menghindari hal ini bukan? Lagipula, sayang juga setelah mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk membeli produk skincare yang berkualitas. Berikut adalah tips penyimpanan produk skincare di rumah.

Yang bisa disimpan di kulkas

Kulkas atau mesin pendingin lainnya merupakan tempat yang tepat untuk penyimpanan produk skin care atau kosmetik yang terbuat dari bahan alami alias organik (tidak mengandung pengawet), produk yang mempunyai kandungan vitamin A dan C, parfum, cat kuku, dan mascara waterproof.

Vitamin A dan C yang terkandung dalam krim wajah anti-aging dan obat jerawat adalah vitamin yang lemah terhadap panas sehingga bahan aktifnya akan lebih cepat hilang jika terpapar sinar matahari langsung. Mascara waterproof mempunyai kandungan yang tidak stabil, yang jika terkena panas akan mempercepat penguapan zat sehingga produk tersebut akan lebih cepat kering.

Suhu yang dingin dapat memperlambat proses penguraian pada parfum dan menjaga formula pada cat kuku. Produk dengan kandungan gel, masker mata, dan facial spray bisa juga disimpan dalam kulkas karena bisa memberikan efek yang lebih menyegarkan jika disimpan di suhu dingin.

Yang bisa disimpan di kamar tidur (suhu ruang)

Ada beberapa produk skincare yang tidak cocok atau bisa ditaruh di kulkas. Produk dengan komposisi minyak, mineral oil, atau lilin seperti face oil, primer, dan foundation cair, contohnya, dapat berubah konsistensinya jika disimpan di kulkas sehingga lebih baik di suhu ruangan.

Produk sunscreen dan produk dengan natural oil-based harus disimpan di tempat yang gelap dan tidak kontak langsung dengan matahari, seperti di laci meja rias untuk menghindari proses oksidasi. Makeup dengan pengawet dan tidak mengandung bahan aktif nonstabil dapat disimpan di meja rias seperti biasa.

Yang boleh disimpan di kamar mandi

Kamar mandi adalah lingkungan yang lembap dan suhunya selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, jangan menyimpan kosmetik cair, pelembab wajah dan tubuh, parfum, kosmetik berbahan organik, dan scrub kulit dengan kandungan gula dan garam. Lingkungan yang lembab juga dapat menjadi sarana untuk bakteri berkembang biak pada beberapa produk skin care tersebut dan dapat mempengaruhi bentuk serta zat aktif didalamnya.

Cukup peralatan mandi Anda, seperti sabun, pasta gigi, shampoo serta kondisioner yang disimpan di kamar mandi.

 

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.cosmeticsinfo.org/product/skin-care-products-creams-lotions-powders-and-sprays Accessed on: Sunday, 3 September 2017

http://www.huffingtonpost.com/2014/02/11/refrigerate-beauty-products_n_4757318.html  Accessed on: Sunday, 3 September 2017

http://www.rd.com/health/beauty/storing-makeup-in-bathroom/ Accessed on: Sunday, 3 September 2017

http://www.vogue.com/article/where-to-store-beauty-products-medicine-cabinet-refrigerator Accessed on: Sunday, 3 September 2017

https://www.beautylish.com/a/vxicj/beauty-products-in-refrigerator  Accessed on: Sunday, 3 September 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Andina Dewanty pada 06/10/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x