backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

9 Cara Mudah Menghilangkan Henna alias Pacar di Kulit

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 05/04/2023

    9 Cara Mudah Menghilangkan Henna alias Pacar di Kulit

    Henna atau pacar biasanya dipakai kaum hawa untuk mempercantik kuku atau jadi tato tempores yang menghiasi kulit. Henna hanya bertahan 1 – 2 minggu. Namun, jika Anda tidak mau menunggu selama itu, Anda bisa melakukan beberapa cara cepat untuk menghilangkan henna atau pacar di kulit maupun di kuku.

    Cara ampuh menghilangkan henna (pacar kuku)

    Tidak seperti kutek yang harus menggunakan cairan khusus, henna atau pacar kuku bisa Anda menghilangkan dengan beberapa cara mudah dari bahan-bahan yang mudah didapat di bawah ini.

    1. Rendam dengan air garam

    Cobalah menghilangkan henna dengan merendam bagian tubuh yang dihiasi henna dengan garam.

    Anda bisa memilih antara dua jenis garam yakni garam epsom atau garam meja, tergantung apa yang tersedia di dapur Anda.

    Kandungan natrium klorida yang ada pada garam ternyata menyehatkan kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

    Mulailah dengan menuangkan setengah cangkir garam ke dalam bak mandi yang sudah diisi air hangat. Kemudian, rendam permukaan kulit yang terkena henna atau pacar selama 20 menit.

    2. Menggunakan lulur

    cara membuat lulur sendiri di rumah

    Tak hanya bikin lebih mulus, lulur juga bisa digunakan untuk menghilangkan henna atau pacar di kulit.

    Supaya kulit tidak teriritasi akibat digosok terus-terusan, cobalah untuk pakai lulur yang mengandung buah aprikot atau gula merah.

    Jangan lupa untuk pakai pelembap setelah menggunakan lulur supaya kulit tetap bebas dari iritasi dan kering.

    3. Minyak zaitun dan garam

    Nah, tips ampuh lainnya untuk menghapus henna dari kulit adalah mencampurkan 3 – 4 sdm garam ke dalam cangkir yang berisi setengah minyak zaitun. Anda bisa menggunakan kapas yang sudah diolesi minyak zaitun.

    Kemudian, aplikasikan pada kulit Anda. Biarkan minyaknya meresap sebelum Anda menggosokkan garam ke kulit dengan kain lembab.

    4. Mencukur

    Jika henna diukir pada bagian kulit, seperti lengan atau kaki, mencukurnya bisa menjadi cara alternatif menghilangkan henna. Tips mengangkat rambut pada kulit ini dilakukan agar dapat membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan tato temporer tersebut.

    Gunakanlah krim cukur atau pisau cukur yang bersih. Jangan lupa untuk memakai produk pelembap kulit setelahnya supaya mengurangi kemungkinan iritasi kulit.

    5. Sabun antibakterial

    Kandungan alkohol dan bulir-bulir kasar pada sabun antibakterial ternyata juga ampuh menghapus henna. Nah, pakailah sabun ini beberapa kali sehari.

    Akan tetapi, perlu diingat bahwa cara ini bisa membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memakai pelembap setelah pemakaian.

    6. Pasta gigi

    Tak disangka-sangka, ternyata barang yang sering ada di kamar mandi Anda bisa menjadi cara ampuh menghilangkan henna, yaitu pasta gigi.

    Oleskan secukupnya pasta gigi yang mengandung bahan pemutih pada kulit Anda. Biarkan mengering sesaat, lalu gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya secara lembut.

    7. Baking soda dan lemon

    Sebuah studi mengungkapkan bahwa air lemon dapat memutihkan kulit. Nah, air lemon dan soda kue ternyata bisa menjadi salah satu cara Anda untuk menghilangkan pacar kuku. Simak langkah penggunaannya di bawah ini.

    • Sediakan ½ cangkir air hangat, 1 sdm soda kue, dan 2 sdt perasan lemon.
    • Campurkan ketiganya dan oleskan ke kulit Anda dengan menggunakan kapas.
    • Biarkan meresap dan ulangi prosedurnya hingga henna mulai memudar.

    8. Air misel (micellar water)

    Selain untuk membersihkan riasan, ternyata micellar water juga bisa digunakan untuk menghapus henna. Kandungan pada pembersih riasan ini bisa memudarkan warna henna pada kulit kita.

    Selain itu, cara ini sekaligus melembutkan area wajah Anda. Gunakan kain lap yang sudah dibasahi micellar water pada kulit Anda. Jangan lupa untuk menggosoknya agar sisa-sisa pewarna dapat terangkat.

    9. Kondisioner rambut

    Fungsi kondisioner rambut yakni melembapkan rambut dan membersihkan kulit kepala. Namun, produk yang satu ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembersih henna.

    Oleskan kondisioner rambut ke area yang diinginkan dan tunggu hingga menyerap. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

    Disclaimer

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 05/04/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan