home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Basmi Mata Ikan Dengan Pilihan Obat Apotek Maupun dari Bahan Alami Ini

Basmi Mata Ikan Dengan Pilihan Obat Apotek Maupun dari Bahan Alami Ini

Mata ikan adalah benjolan keras dan kasar yang biasanya muncul di telapak kaki, atau tempat lainnya yang sering mendapat tekanan berulang. Seperti namanya, di bagian tengah kulit yang terdapat bagian keras yang meradang. Maka itu tidak heran kalau mata ikan membuat Anda sangat tidak nyaman saat berjalan. Mata ikan memang tidak berbahaya, tapi jika untuk jalan saja membuat kaki Anda sakit, apa Anda bisa tahan? Nah, simak apa apa saja obat mata ikan yang bisa Anda gunakan di bawah ini.

Obat mata ikan yang bisa Anda pilih

Obat mata ikan adalah zat yang mengandung keratolyic agent yang dapat membantu melunakan, menghaluskan, dan meredakan pembengkakan. Zat ini membuat kulit mati yang menebal akan terkelupas.

Nah, ada berbagai jenis obat mata ikan yang mengandung keratolytic agents, yakni:

Asam salisilat topikal

Asam salisilat membantu melawan bakteri dan fungi yang menyebabkan peradangan pada mata ikan. Obat ini juga akan membantu melembutkan lapisan mata ikan yang mengeras. Berbagai obat asam salisilat bisa Anda temukan dalam bentuk cair atau krim yang paling umum.

Amonium laktat

Amonium laktat memiliki efek yang kuat untuk mengikis bagian kulit mati sehingga bagian kulit kaki yang mengeras dan menebal akibat mata ikan bisa lunak dan lama kelaman melunak.

Urea

Urea pada dasarnya dapat mengatasi kulit kering dan kondisi iktiosis. Iktiosis merupakan gangguna pada pembentukan lapisan kulit bagian keratin. Gangguan ini membuat kulit jadi kasar, bersisik, dan menebal seperti yang terjadi pada mata ikan.

Obat mata ikan alami

Selain obat mata ikan dari apotek, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah untuk mengatasi masalah ini, antara lain:

  • Merendam kaki dalam air hangat sleama 5-10 menit. Kemudian gosokan dengan batu apung dengan gerakan melingkar untuk membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati.
  • Menggunakan pelembab di kaki yang mengandung asam salisilat, urea atau amonium laktat untuk melembutkan dan melunakan kulit kering.
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang pas, jangan terlalu sempit dan tertutup dalam jangka waktu yang sangat lama.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nordqvist Christian.2017. All About Corns and Calluses. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/172459.php (Diakses 21 Agustus 2018)

Corns (Clavus) Medication. [Online] Tersedia pada: https://emedicine.medscape.com/article/1089807-medication#2 (Diakses 21 Agustus 2018)

Foto Penulis
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji pada 05/09/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x