backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tips Menggunakan Acne Patch Agar Jerawat Lebih Cepat Sembuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Maria Amanda · Tanggal diperbarui 01/04/2020

    Tips Menggunakan Acne Patch Agar Jerawat Lebih Cepat Sembuh

    Menggunakan acne patch atau stiker jerawat adalah salah satu cara menghilangkan masalah jerawat membandel. Banyak orang yang memilih menggunakan cara ini karena terbilang praktis dan tidak ribet.

    Sebagian dari Anda mungkin ada yang bertanya, sudah pakai stiker jerawat, tapi kenapa jerawat tak kunjung sembuh? Temukan jawabannya di bawah ini dan bagaimana cara pemakaiannya.

    Alasan jerawat tidak kunjung sembuh padahal sudah pakai acne patch

    Acne patch menjadi produk favorit masyarakat kini. Hanya dengan menempelkan stiker pada jerawat, sudah menjadi solusi kulit kembali mulus. Apalagi stiker jerawat berbentuk kecil dan transparan, sehingga tidak terlihat saat dikenakan.

    Namun, beberapa orang mengeluhkan stiker ini tidak berfungsi karena jerawat masih saja menetap. Melansir laman Healthline, stiker jerawat bekerja pada jerawat yang tumbuh di permukaan kulit atas dan komedo. Sayangnya, stiker jerawat ini tidak bisa mengatasi masalah jerawat kistik yang tumbuh pada bagian kulit lebih dalam.

    Jika Anda memiliki tipe jerawat kistik dan berusaha mengatasinya dengan acne patch, ini bukan cara tepat untuk menghilangkannya. Jerawat kistik dapat diobati dengan aman oleh ahli dermatologi.

    Bicara soal penggunaan acne patch, stiker ini sebetulnya mencegah kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat secara langsung. Namun, jika kebiasaan itu berlangsung setelah Anda melepas stiker jerawat, bakteri pada jari tangan bisa saja membuat jerawat kembali meradang dan tidak kunjung sembuh.

    Maka itu, agar penggunaan stiker jerawat bisa ampuh menyembuhkan jerawat, ketahui penjelasan selanjutnya mengenai tips pemakaian stiker ini secara benar.

    Tips menggunakan acne patch agar jerawat tidak kunjung muncul

    Agar acne patch dapat bekerja optimal dalam menuntaskan jerawat, coba lakukan langkah berikut ini.

    1. Cuci wajah

    Sebelum menggunakan acne patch, Anda perlu mencuci wajah terlebih dulu. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Basahi sabun wajah yang ringan dengan air bersuhu suam-suam kuku. 

    Usap seluruh wajah dengan lembut dan jangan gunakan scrub. Setelahnya, basuh dan keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk lembut.

    2. Aplikasikan serum

    Ambil bola kapas dan aplikasikan serum ke atasnya. Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, Anda bisa memilih serum dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat berfungsi untuk mengempeskan dan mengurangi kemerahan jerawat serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. 

    Tea tree oil juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat. Tea tree oil bersifat antimikroba dan antiinflamasi. Ia bekerja untuk mengatasi kemerahan, peradangan, dan bengkak pada jerawat. Selain itu, tea tree oil juga merawat kulit dengan mengurangi bekas jerawat dan melembutkan kulit.

    Sebaiknya aplikasikan ini sebelum Anda menempelkan acne patch ke atas jerawat.

    3. Pastikan memilih ukuran dengan benar

    Jerawat timbul dengan ukuran yang berbeda-beda. Untuk memasangkan acne patch, Anda harus memastikan permukaan stiker harus menempel sempurna menutupi jerawat. 

    Anda boleh siap sedia stiker jerawat dengan beragam ukuran. Biasanya, ukuran di pasaran tersedia mulai dari 7 mm hingga 12 mm. Dengan begitu, saat jerawat muncul Anda bisa menyesuaikan ukuran jerawat dengan stiker jerawat. 

    4. Pilih kandungan yang tepat

    Setelahnya, Anda bisa menentukan kandungan stiker yang tepat untuk mengatasi jerawat. Ada acne patch yang mengandung asam salisiat dan niacinamide yang bersifat antiradang untuk menyembuhkan jerawat secara cepat.

    Pada umumnya, stiker jerawat mengandung zat hydrocolloid yang bekerja dengan menyerap cairan pada area terkait, bertujuan untuk mengeringkan jerawat. Zat ini berfungsi menyerap racun yang terperangkap di bawah kulit.

    5. Hindari memencet jerawat

    Meskipun sudah ada stiker jerawat yang melindungi dan mencegah untuk menyentuh jerawat, pasti ada godaan untuk memencet jerawat dari permukaan luar. Maka itu, tetap tahan diri dan hindari kebiasaan memencet jerawat. Sehingga jerawat bisa sembuh secara tuntas tanpa berbekas.

    Disclaimer

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Maria Amanda · Tanggal diperbarui 01/04/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan