Bisakah Kita Memperbaiki Pusar Bodong Pada Bayi?

Oleh

Pusar bodong pada bayi, nyatanya memang umum terjadi karena beberapa kondisi dan lain hal. Berawal dari tali pusar yang puput, lalu perlahan pusar bodong muncul pada buah hati Anda. Kadang-kadang, pusar yang bodong sudah akan terlihat jelas pada lahir, tetapi ada juga yang baru terlihat pada usia satu tahun ke atas.

Apa itu pusar bodong?

Pusar bodong atau hernia umbilikalis terjadi ketika usus, lemak, atau cairan dalam tubuh mendorong keluar melalui titik kosong atau lubang di otot perut bayi Anda. Hal ini akan  menyebabkan tonjolan di dekat atau di pusar.

Pusar ini mungkin akan terlihat seperti bengkak atau seolah-olah ingin keluar dari perut bayi Anda. Umum saja jika pusar bayi bodong, biasanya hal ini tidak mengakibatkan kondisi kesehatan yang begitu bermasalah, dan akan sembuh atau menghilang seiring tumbuh kembang anak Anda.

Apa yang menyebabkan pusar bodong?

Pusar atau otot cincin perut, adalah jaringan yang terbentuk dari pembuluh darah di tali pusar yang masuk ke tubuh janin, dan juga dikenal sebagai cincin pusar. Cincin pusar ini biasanya menutup sebelum bayi lahir. Jika tidak menutup dengan sempurna, jaringan atau tonjolan akan keluar melalui cincin, dan akhirnya terciptalah bodong pada pusar.

Selama kehamilan, testis janin laki-laki akan mengembang pada perutnya. Kemudian, beberapa saat sebelum lahir, testis akan mendorong diri ke sebuah saluran di jaringan antara pangkal paha dan perut  (kanalis inguinalis). Setelah menemukan jalan, akhirnya testis akan turun ke kantung skrotum dan ini lah yang menyebabkan bodong pada bayi laki-laki.

Berbeda lagi dengan bayi perempuan, pada anak perempuan ovarium turun melalui saluran dan ke dalam panggul. Pada saat itu, bagian dinding perut harus menutup agar tidak terbukanya lubang cincing pusar yang mengakibatkan bodong. Pusar bodong biasanya terjadi pada bayi laki-laki sekitar 5 persen lebih sering dibanding bayi wanita.

Bagaimana cara mengatasi perut bodong?

Sebetulnya, bodong pada pusar ini akan menghilang sendiri ketika anak telah berusia antara 3-5 tahun. Tetapi banyak juga orangtua yang khawatir dengan kondisi pusar bayinya. Jika Anda membawa bayi Anda ke dokter, ada dua hal yang mungkin akan direkomendasikan dokter anak tersebut.

Pertama, jika dilihat dari kondisinya mengganggu perkembangan buah hati, atau setidaknya membuat anak Anda kesakitan, dokter akan menyarankan pembedahan melalui operasi. Pembedahan akan bertujuan memasukan usus atau jaringan yang tidak tertutup dengan sempurna. Prosedur operasi biasanya tidak terlalu disarankan oleh dokter, tapi bisa saja diperlukan untuk memperbaiki hernia pada bayi. Kedua, jika memang tidak ada masalah kesehatan yang serius, dokter akan menyarankan untuk membiarkan saja, karena pusar bodong akan menghilang dengan sendirinya.

Anda juga bisa melakukan treatment pusar bodong pada bayi yang mudah dilakukan di rumah. Hanya siapkan koin tebal yang steril dan kain kasa untuk mengatasi bodong bayi. Caranya, pastikan dulu koin yang akan Anda gunakan bersih, lapisi kain kasa dengan bentuk yang memanjang. Taruh koin tepat di pusar bayi, lilitkan tali yang bersatu dengan koin ke area perut bayi. Anda bisa mengikat atau menahan koin tersebut dengan lembut atau jangan terlalu kencang. Lakukan rutin, dan jangan lupa pantau  serta konsultasikan kepada ahli terkait pusar yang menonjol keluar pada bayi Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 23, 2017 | Terakhir Diedit: Agustus 16, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca