Baik untuk Pencernaan, Bolehkah Anak Makan Yoghurt dalam Porsi Banyak?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/08/2019
Bagikan sekarang

Pamor yoghurt sudah lama dikenal baik sebagai makanan sumber protein bagi semua kalangan usia, termasuk anak-anak. Bahkan berkat rasanya yang enak dan segar, yoghurt menjadi salah satu makanan favorit anak. Sebagai orangtua, mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya sehat atau tidak kalau anak makan yoghurt terlalu banyak?

Berapa banyak anak boleh makan yoghurt dalam sehari?

yogurt untuk anak

Sejak menginjak usia sekitar 10 bulan, anak sudah mulai bisa diperkenalkan dengan yoghurt. Jika ingin lebih aman, Anda bisa memberikan yoghurt untuk anak saat usianya genap 12 bulan alias 1 tahun.

Di usia tersebut, porsi yogurt yang diberikan untuk anak tidak bisa terlalu banyak seperti orang dewasa. Ini karena si kecil masih dalam tahap perkenalan sekaligus sedang beradaptasi dengan jenis makanan baru.

Idealnya, anak usia 12 bulan bisa makan yoghurt sebanyak ¼ sampai ½ cangkir per hari. Ketika usianya sudah mencapai 24 bulan, Anda bisa menambahkan porsinya hingga mencapai ½ cangkir atau lebih untuk satu hari.

Jika diberikan sesuai takaran yang tepat, yoghurt membawa banyak manfaat baik untuk anak. Salah satu manfaatnya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam American Society for Microbiology.

Menurut penelitian tersebut, yoghurt yang mengandung probiotik dapat membantu melindungi tubuh anak dari efek paparan logam berat. Selain itu, yoghurt juga memiliki sejumlah zat gizi yang semakin memperkaya kandungannya.

Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, hingga aneka ragam vitamin dan mineral lainnya. Terlebih lagi karena mengandung probiotik, yang dikenal baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan.

Bahkan, manfaat yoghurt juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anak di masa pertumbuhan ini.

Apakah sehat kalau anak terlalu banyak makan yoghurt?

yogurt untuk bayi

Setelah mengetahui aneka manfaat yoghurt, mungkin membuat Anda semakin yakin untuk memberikan yoghurt pada anak terlalu banyak. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semua yang berlebihan itu tidak baik.

Ya, memang manfaatnya tidak sedikit, tapi bila anak makan yoghurt dalam jumlah terlalu banyak, manfaat yang didapatkannya tidak akan optimal. Pasalnya, gula biasanya hadir dalam rasa manis yang disukai anak-anak.

Rasa manis di dalam yoghurt ini berasal gula dan pemanis buatan, yang tentu tidak baik jika dimakan anak terlalu berlebihan. Beberapa jenis yoghurt juga mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Anak bisa berisiko mengalami kegemukan, diabetes, hingga penyakit kardiovaskular saat dewasa nanti. Bukan itu saja, yoghurt juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Nah, terlalu banyak makan yoghurt setiap harinya dapat berisiko membuat anak kelebihan asupan kalsium.

Dalam beberapa kasus, ada anak yang mengalami intoleransi atau tubuhnya tidak toleran terhadap laktosa. Sementara yoghurt memiliki kandungan laktosa, yang merupakan jenis protein pada susu, di dalamnya.

Jadi, ketika anak dengan intoleransi laktosa makan yoghurt, apalagi dalam jumlah terlalu banyak, bisa menimbulkan berbagai gejala yang tidak nyaman. Meliputi sakit perut, perut kembung, mual, kram perut, hingga diare.

Itulah mengapa penting untuk membatasi asupan makan yoghurt anak setiap harinya agar tidak terlalu banyak. Dengan begitu, manfaat baik dari yoghurt yang diberikan dalam jumlah cukup bisa didapatkan oleh anak.

Pertimbangkan pemilihan jenis yoghurt untuk anak

jenis yogurt

Alih-alih terlalu banyak membiarkan anak makan yoghurt dengan rasa manis setiap harinya, coba sesekali menyelinginya dengan jenis yoghurt lain. Masih ada beragam pilihan jenis yoghurt lainnya yang tak kalah sehat untuk anak.

Misalnya yoghurt rendah lemak, yoghurt tawar (plain yoghurt), maupun greek yogurt. Jika anak menolaknya karena dirasa kurang manis, Anda bisa menambahkan beberapa irisan buah-buahan dengan beragam warna menarik.

Selain mempercantik tampilan yoghurt, pemberian buah-buahan juga membantu menambahkan rasa dan zat gizi ke dalam yoghurt.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Meski Sehat, Makan Yoghurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk

Yoghurt punya segudang manfaat baik. Itulah mengapa ada orang yang hobi mengonsumsinya setiap hari. Namun, apa jadinya kalau terlalu banyak makan yoghurt?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 31/12/2018

Yuk, Buat Masker Yogurt Sendiri di Rumah Tanpa Mahal dan Ribet!

Yogurt bukan hanya baik untuk sistem pencernaan. Digadang-gadang katanya juga bagus untuk kulit,lho! Yuk, coba resep masker yogurt di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

Kerap Dikira Sama, Apa, Sih, Bedanya Kefir dan Yogurt?

Secara tradisional, kefir dan yogurt sama-sama berasal dari olahan susu sapi. Namun, keduanya ternyata berbeda, lho! Ini perbedaan dan ada juga persamaannya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Nutrisi, Hidup Sehat 26/10/2018

Yogurt Masih Aman untuk Anak Dengan Intoleransi Laktosa, Tapi Ada Syaratnya

Yogurt adalah makanan probiotik yang baik untuk pencernaan anak. Namun, banyak orangtua yang ragu memberikan yogurt untuk anak dengan intoleransi laktosa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

aneka olahan yogurt buka puasa

Nikmati Buka Puasa Anda dengan 3 Aneka Kreasi Olahan Yoghurt Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020

Susu VS Yogurt, Mana yang Lebih Menyehatkan Tubuh?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 09/10/2019
camilan sehat untuk lebaran

4 Resep Camilan Sehat untuk Lebaran yang Praktis dan Lezat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2019
manfaat yoghurt untuk kulit

Segudang Kebaikan Yogurt untuk Berbagai Jenis Kulit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18/03/2019