Kapan Sebaiknya si Kecil Dikenalkan dengan Obat Kumur Antiseptik?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kesehatan gigi dan rongga mulut si Kecil penting dijaga, sama halnya bagian tubuh yang lain. Awalnya orangtua mengajarkan anak untuk menyikat gigi secara benar. Rutinitas ini perlu dilengkapi dengan berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash antiseptic. Namun, kapan saat yang tepat mengenalkan obat kumur pada anak?

Waktu yang tepat mengenalkan anak obat kumur/mouthwash antiseptic

obat kumur anak

Ketika si Kecil sudah mulai tumbuh gigi, di situlah saat yang tepat untuk memperhatikan kesehatan gigi. Dengan bimbingan orangtua, anak dilatih untuk menyikat dan merawat gigi. Lalu, kapan anak perlu dikenalkan obat kumur/mouthwash antiseptic

Menurut American Dental Association, setidaknya anak usia 6 tahun ke atas sudah bisa dikenalkan dengan obat kumur antiseptik. Anak di usia ini dianggap sudah memiliki kontrol yang baik untuk berkumur dan mengeluarkan cairannya dari mulutnya, tanpa tertelan.

ADA juga menjelaskan bahwa anak di bawah usia 6 tahun sebaiknya tidak menggunakan mouthwash antiseptic. Ini dikarenakan si Kecil masih berkemungkinan menelan cairan dari obat kumur antiseptik ini.

Mungkin banyak anak yang bertanya dan penasaran, kenapa harus berkumur setelah menyikat gigi?

Orangtua perlu tahu bahwa berkumur dengan antiseptic mouthwash dapat menjaga kesegaran mulut anak, mencegah penumpukan plak, membunuh kuman-kuman, dan mencegah gigi anak berlubang atau gusi terinfeksi.

Ketika kesehatan gigi dan mulut si Kecil terjaga optimal, tentu ia bisa berbicara leluasa dan makan dengan nyaman tanpa merasa sakit gigi.

Bila orangtua hendak mengajarkan anak berkumur dengan antiseptic moutwash, ada baiknya berkonsultasi ke dokter gigi anak. Dokter gigi akan memberikan penjelasan yang tepat kepada orang tua dan si Kecil bagaimana cara berkumur dengan benar.

Tips memilih obat kumur untuk anak

Saatnya memilih obat kumur yang tepat untuk si Kecil. Orangtua perlu hati-hati memilihkan obat kumur, karena ini adalah pengalaman pertama baginya. Simak beberapa tips dalam memilihkan obat kumur antiseptik untuk anak.

1. Pilih yang sesuai dengan usianya

obat kumur

Obat kumur biasanya memiliki keterangan usia minimal yang disarankan pada label kemasan. Pastikan, obat kumur bisa digunakan sesuai untuk anak usia 6 tahun ke atas. Hal ini menghindari efek samping atau kejadian yang tidak diinginkan ketika anak menggunakan obat kumur antiseptik. 

Jangan lupa untuk membaca rekomendasi takaran yang tepat dan lama berkumur sesuai dengan usia anak. Saat anak berkumur, orangtua perlu berada di samping anak dan membimbing caranya berkumur dengan benar.

2. Terdapat kandungan aktif untuk jaga kesehatan gigi dan mulut

anak sehat

Jangan lupa untuk memilih kandungan aktif untuk bantu membersihkan gigi dan rongga mulut si Kecil, seperti fluoride dan essential oils.

Menurut National Health Service UK, fluoride merupakan mineral penting yang membantu melindungi gigi supaya tidak mudah berlubang. Di samping itu, penelitian dari Journal of International Society of Preventive and Community Dentistry, obat kumur dengan kandungan essential oils dapat membantu mencegah risiko gigi mudah berlubang akibat penumpukan plak, mengurangi plak gigi, serta membuat napas si Kecil lebih segar.

Agar kebersihan gigi terjaga optimal, ajak anak berkumur dua kali sehari untuk membasmi kuman yang ada di rongga mulut.

3. Rasa yang cocok untuk anak-anak

mouthwash antiseptic

Ada beragam varian produk obat kumur yang tersedia di pasaran. Namun, untuk anak pastikan obat kumur memiliki rasa yang ringan saat bersentuhan dengan mulut, sehingga lebih nyaman baginya untuk berkumur. 

Orangtua bisa melihat pada label kemasan produk obat kumur yang memiliki rasa lebih ringan untuk anak. Bisa juga untuk memilih rasa green tea atau teh hijau yang rasanya lebih familiar ketika digunakan anak.

Sekali lagi, jangan lupa untuk mencocokkan produk dengan batasan usia, agar obat kumur bisa digunakan dengan nyaman.

Ajak si Kecil jaga kesehatan mulut secara optimal

Pentingnya Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak Sejak Dini

Sekarang Anda sudah tahu kapan waktu tepat si Kecil dapat menggunakan obat kumur dan tips memilihkan produk obat kumur yang tepat.

Pastikan kandungan aktif obat kumur mampu kurangi 99.9% kuman di dalam mulut. Karena mulut merupakan salah satu jalan kuman ke dalam tubuh. Terutama di era pandemi COVID-19, ingatkan si Kecil untuk menerapkan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan juga menjaga kesehatan mulut serta gigi anak.

Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter gigi anak terlebih dulu, agar dokter bisa memberikan penjelasan dan petunjuk penggunaan yang tepat. Yuk, ajak si Kecil untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulutnya mulai sekarang.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Saat Darurat, 7 Trik Ini Bisa Bantu Mengatasi Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi

Sedang bepergian tapi lupa membawa sikat gigi? Jangan biarkan bau mulut menghalangi aktivitas. Coba trik jitu ini untuk bantu mengatasi bau mulut membandel.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 18 Mei 2018 . Waktu baca 5 menit

Muncul Bercak Putih di Mulut? Bisa Jadi Gejala 5 Penyakit Ini

Tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi dapat menimbulkan masalah pada mulut, salah satunya muncul bercak putih di mulut. Apa saja penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 1 April 2018 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Penyebab Mulut dan Lidah Terasa Kering Saat Bangun Tidur

Mulut terasa kering saat bangun tidur bisa disebabkan oleh tubuh yang kehausan setelah 8 jam tidur. Tapi, ini juga bisa menandakan kondisi kesehatan lainnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit

Tak Cuma Usir Bau Mulut, Ini Alasan Lain Anda Harus Sedia Obat Kumur di Rumah

Tak cuma membuat napas lebih segar, obat kumur juga punya banyak fungsi buat kesehatan gigi dan mulut, tergantung jenisnya. Simak manfaatnya di sini, ya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 5 September 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat gusi berdarah

9 Pilihan Cara Mengobati Gusi yang Sering Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
Konten Bersponsor
asam penyebab gigi berlubang di mulut

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
infeksi mulut

5 Kebiasaan Harian yang Bisa Bantu Mencegah Masalah dalam Mulut

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menjaga kesehatan mulut saat puasa

Cara Menjaga Kebersihan Mulut Saat Berpuasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 6 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit