Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak, dari Cara Alami Hingga yang Pakai Obat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Batuk berdahak pada anak umumnya disebabkan oleh sejumlah penyakit termasuk alergi, flu, dan infeksi. Anak jadi lebih sering batuk-batuk ketika ia berbaring, karena dahak dapat berkumpul di belakang tenggorokan. Anak-anak juga umumnya cenderung menelan lendir, bukan meludahkannya, sehingga dapat membuat anak sakit perut atau muntah.

Ada berbagai cara mengatasi batuk berdahak pada anak, mulai dari pakai cara alami dengan bahan-bahan yang mungkin sudah ada di dapur Anda sampai minum obat.

Mengatasi batuk berdahak pada anak dengan bahan alami

Biasanya, gejala batuk berdahak bisa memburuk dalam 2-3 hari pertama, dan kemudian mereda dalam beberapa hari ke depan sementara sistem kekebalan membersihkan sumber penyakitnya di dalam tubuh.

Madu

Berbagai penelitian kecil-kecilan melaporkan bahwa minum madu untuk menyembuhkan batuk berdahak pada anak terhitung lebih efektif daripada obat dekongestan yang dijual bebas. Manfaat madu ini dipercaya datang dari kandungan antioksidannya yang bisa memerangi peradangan dalam tubuh.

Berikan anak Anda ½ sendok teh madu alami untuk 4-5 kali setiap hari. Meski begitu, anak di bawah usia dua tahun tidak boleh makan madu karena partikel-partikel dalam madu dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi.

Air putih hangat

Air putih hangat dapat sangat membantu mengencerkan dahak dan menyembhkan infeksi. Air putih hangat juga bisa membantu meredakan tenggorokan gatal dan tidak nyaman akibat jaringan sinus yang mengering.

Bantu anak Anda untuk minum 6-8 gelas setiap hari saat sakit.

Jus lemon

Jus lemon dilaporkan manjur untuk mengatasi batuk berdahak pada anak, juga untuk menyembuhkan pilek, dan infeksi saluran pernapasan.

Beri anak Anda satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam. Yang perlu diperhatikan: jus lemon dapat membuat anak rentan dehidrasi, jadi pastikan Anda mengimbanginya dengan memberikan anak segelas air putih setiap ingin minum jus lemon.

Mengobati batuk berdahak pada anak dengan obat

Batuk berdahak pada anak bisa disembuhkan dengan obat pilek atau obat batuk dekongestan yang dijual bebas, baik di apotek maupun toko obat terdekat.

Namun, obat batuk dan pilek yang mengandung ekspektoran atau dekongestan tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 4 tahun. Setelah usia 6 tahun, obat-obatan ini aman digunakan, tetapi ikuti instruksi dosis yang dianjurkan.

Untuk mempercepat penyembuhannya, pastikan anak Anda cukup minum air putih dan sediakan makanan sehat tinggi vitamin C serta protein yang bisa meningkatkan stamina tubuhnya. Jangan lupa untuk minya anak cukup beristirahat selama sakit. Anda juga bisa gunakan humidifier (alat pelembap udara), atau mengajaknya mandi dengan air hangat, untuk melegakan saluran pernapasan yang tersumbat.

Batuk yang menjengkelkan bisa bertahan hingga 2-4 minggu setelah gejala lain hilang. Segera konsultasikan ke dokter untuk upaya lebih lanjut jika batuk berdahak pada anak tidak kunjung sembuh, semakin parah, atau timbul gejala baru lainnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca