backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Pilihan Obat Alami Radang Tenggorokan Anak yang Ampuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

10 Pilihan Obat Alami Radang Tenggorokan Anak yang Ampuh

Sebelum memberikan obat medis, ada beberapa pilihan obat alami radang tenggorokan yang dapat Anda berikan untuk anak. Apa saja obat alami tersebut? Simak ulasan ini untuk mengetahui jawabannya. 

Beberapa obat alami radang tenggorokan anak 

Radang tenggorokan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. Gejalanya bisa meliputi sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan demam pada anak

Kondisi ini bisa membuat anak tidak nyaman. Nah, untuk membantu meredakan gejala yang dialami si Kecil, orangtua dapat menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Berikut adalah beberapa pilihan obat alami atau tradisional radang tenggorokan yang bisa diberikan untuk anak.

1. Madu 

manfaat madu untuk anak

Madu telah lama dikenal sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk radang tenggorokan. 

Melansir Cleveland Clinic, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Anda cukup campurkan satu sendok teh madu dengan air hangat, lalu berikan pada si Kecil. Namun, sebelum memberikan madu untuk anak sebagai obat radang alami, pastikan si Kecil berusia di atas 1 tahun, karena madu tidak aman untuk bayi.

2. Lemon 

Minum air lemon juga dapat menjadi pilihan obat alami radang tenggorokan anak karena air lemon dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan nyeri. 

Tidak hanya itu, lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan air perasan lemon dengan madu dan air hangat,  lalu berikan pada anak Anda.

3. Jahe 

Jahe juga dapat menjadi pilihan obat alami lain yang sangat efektif untuk meredakan radang tenggorokan. 

Hal ini karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk memberikannya kepada si Kecil, Anda bisa membuat teh jahe dengan cara merebus beberapa potong jahe dalam air selama 10—15 menit, kemudian tambahkan madu untuk menambah rasa.

4. Air garam 

Merangkum American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, berkumur dengan air garam adalah metode sederhana tetapi efektif untuk meredakan radang tenggorokan. 

Garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membersihkan lendir yang mungkin menyebabkan iritasi pada tenggorokan anak.

Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Minta anak untuk berkumur air garam selama beberapa detik sebelum meludahkannya.

5. Teh chamomile 

merk teh chamomile

Teh chamomile juga bisa menjadi obat herbal radang tenggorokan untuk anak. Obat herbal yang memiliki nama latin Matricaria chamomilla ini telah digunakan sejak ribuan tahun lalu di Yunani dan Mesir Kuno. 

Studi pada jurnal Molecules menyatakan bahwa chamomile dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk penyakit infeksi ringan seperti radang tenggorokan. 

Teh ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang tenggorokan pada si Kecil. 

6. Peppermint 

Selain chamomile, teh dengan kandungan peppermint juga dapat digunakan sebagai obat tradisional radang tenggorokan pada anak. 

Ini karena peppermint mengandung mentol yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan memberikan efek dingin dan menenangkan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menyeduh teh peppermint dan tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. 

7. Air hangat 

Air hangat adalah obat radang tenggorokan anak alami yang sangat mudah ditemukan. Obat alami satu ini dipercaya dapat membantu melarutkan lendir dan membersihkan tenggorokan. 

Selain itu, minum air hangat dapat membantu menjaga tenggorokan tetap lembap dan mengurangi iritasi.

Oleh karena itu, pastikan anak Anda minum cukup air sepanjang hari, terutama saat mereka sakit tenggorokan.

8. Kunyit 

Sudah dikenal sejak dahulu kala, kunyit kerap digunakan sebagai pilihan obat herbal, termasuk radang tenggorokan. 

Hal ini karena zat aktif dalam kunyit, yaitu kurkumin, dipercaya memiliki efek antiradang, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang terkait dengan peradangan. 

Anda bisa membuat minuman kunyit untuk anak dengan mencampurkan satu sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas susu hangat. Berikan minuman ini pada anak Anda sebelum tidur untuk hasil terbaik.

9. Cuka Apel

cuka apel perut kembung

Obat radang anak alami satu ini mungkin tidak akan disukai oleh anak karena rasanya yang cukup unik. 

Namun, cuka apel memiliki sifat antibakteri yang dipercaya dapat membantu melawan infeksi tenggorokan. 

Untuk memudahkan anak mengonsumsi cuka apel, Anda dapat mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat dan tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa asamnya.

10. Istirahat 

Obat tradisional radang tenggorokan pada anak yang juga tak kalah penting adalah istirahat. Istirahat adalah bagian penting dari proses penyembuhan, terutama untuk anak-anak yang sedang mengalami radang tenggorokan.

Usahakan agar anak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan pastikan ia tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Selain itu, Anda dapat memberikan bantal tambahan untuk sedikit mengangkat kepala anak saat tidur. Hal ini dapat membantu pernapasan dan meredakan nyeri tenggorokan.

Itulah beberapa pilihan obat tradisional radang tenggorokan pada anak yang dapat Anda coba berikan.

Bila dengan beberapa obat di atas radang yang dialami anak tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Kesimpulan

Ada beberapa pilihan obat alami radang tenggorokan yang bisa diberikan untuk anak, yaitu madu, lemon, jahe, air garam, teh chamomile, teh peppermint, air hangat, kunyit, dan cuka apel. Penting juga bagi anak untuk beristirahat yang cukup agar cepat pulih dari radang tenggorokan yang dialami. Bila cara-cara alami tidak dapat membantu mengatasi gejala radang tenggorokan, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan