backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Bantu Bayi Belajar Berjalan, Ini 10 Rekomendasi Push Walker Terbaik

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 12/07/2023

Bantu Bayi Belajar Berjalan, Ini 10 Rekomendasi Push Walker Terbaik

Selain baby walker, kini ada yang disebut dengan push walker. Dengan fungsi yang hampir mirip, push walker juga bisa bermanfaat untuk membantu bayi belajar berdiri dan berjalan. Namun, tidak cukup asal pilih, Anda juga harus memastikan push walker yang Anda beli untuk si Kecil aman digunakan. Simak rekomendasi push walker di bawah ini. 

Cara kami memilih push walker untuk bayi

bayi berjalan

Push walker adalah alat untuk membantu bayi belajar dan berkembang dari merangkak menjadi berjalan yang sekaligus berfungsi sebagai mainan bayi.

Bayi bisa belajar berjalan sambil berpegangan dan mendorong push walker. Namun, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa push walker berbeda dari baby walker.

Push walker hanya digunakan sebagai pegangan untuk menjaga keseimbangan tubuh, tapi bukan penyangga bagi bayi saat mencoba berdiri dan berjalan.

Alat ini dianggap lebih aman bagi bayi dan bagus untuk melatih kemampuan bayi dalam mengangkat beban tubuhnya saat berdiri dan melangkah.

Hal yang terpenting, pastikan push walker yang Anda pilih untuk bayi terbuat dari bahan yang cukup kokoh sehingga si Kecil tidak terjatuh saat berpegangan pada alat tersebut.

Selain sebagai alat untuk latihan berjalan, banyak juga push walker yang dilengkapi mainan, lampu warna-warni,, bahkan musik.

Maka itu, push walker juga bisa menjadi mainan tambahan yang menghibur bayi. Anak pun akan lebih tertarik untuk belajar berdiri dan jalan sendiri menggunakan mainan ini.

Dilansir dari NHS, penggunaan baby walker dianggap kurang aman untuk bayi karena membuat bayi lebih sering berjinjit, bukan berjalan.
Alih-alih membantu bayi belajar berjalan, baby walker justru dikatakan bisa menghambat kemampuan berjalan bayi.

10 Rekomendasi push walker untuk bayi

Berikut rekomendasi dan harga push walker yang bagus untuk melatih bayi belajar jalan. 

1. MIISOO Baby Walking Coach

MIISOO Baby Walking Coach merupakan rekomendasi push walker yang dapat digunakan dengan 2 cara, yaitu dorong dan duduk.

Bayi Anda dapat mendorong mainan ini dari belakang sebagai pegangan untuk membantunya belajar jalan.

Selain mendorong, bayi juga bisa mengembangkan sistem motorik dengan duduk dan memainkan permainan yang tersedia pada alat ini, seperti organ elektronik, papan tulis, dan telepon genggam mini.

Agar lebih aman untuk si Kecil, push walker dilengkapi dengan botol pemberat yang dapat diisi air dan dipasangkan pada bagian bawah.

Botol ini berfungsi agar push walker tidak terlalu ringan atau licin saat didorong oleh bayi sehingga menghindari si Kecil terjatuh.

2. Fisher Price 2 Sided Steady Speed Car Theme Walker

Fisher-Price 2-Sided Steady Speed Walker ditujukan sebagai mainan pembelajaran interaktif  untuk bayi.

Rekomendasi push walker ini bertema mobil yang unik sehingga si Kecil tertarik untuk berdiri dan mendorong dari kedua sisi.

Jadi, berbeda dari push walker lainnya yang hanya bisa didorong dari satu sisi, bayi bisa mendorong push walker ini dari sisi depan maupun belakang.

Di sisi belakang, ada kemudi kendaraan kecil yang bisa digunakan anak untuk bermain mobil-mobilan.

Sementara pada sisi depan, dilengkapi permainan interaktif yang bisa mengajarkan abjad, lawan kata, dan berhitung.

3. MASTELA Activity and Push Music Walker

MASTELA Activity and Push Music Walker didesain dengan dilengkapi botol pemberat berukuran XL yang berfungsi sebagai pengaman agar seimbang dengan sempurna dan tidak licin.

Anda bisa menyesuaikan ukuran air dengan berat badan anak sehigga ia bisa mendorong push walker dengan nyaman dan aman.

Pegangan push walker juga bisa diatur ketinggiannya untuk disesuaikan dengan tinggi badan bayi.

Di bagian depan, ada mainan dengan lampu dan musik yang bisa membuat anak lebih tertarik untuk bermain dan mencoba menggunakan push walker.

4. Sugar Baby Mini Car Push Walker

Sugar Baby Mini Car Push Walker adalah mainan alat bantu belajar jalan terbuat dari bahan yang diklaim berkualitas dan aman untuk bayi.

Terbukti dengan sertifikat EN71 (Standard keamanan Eropa), sudah SNI, dan bebas bahaya BPA.

Rekomendasi push walker ini juga dilengkapi dengan mainan edukasi yang bisa membantu mengebangkan keterampilan motorik dan rasa ingin tahu bayi.

Di antaranya, ada setir mobil, flip book, telepon genggam, dan papan tulis kecil yang bisa digunakan untuk latihan menulis dan menggambar.

Mainan tersebut dihiasi musik dan lampu menyala sehingga bisa membuat anak lebih senang dan tertarik untuk bermain dan belajar berjalan dengan push walker.

5. IQAngel Push Walker

IQAngel Activity Musical Walker adalah rekomendasi push walker dengan 3 fungsi yang berbeda, yaitu melatih berjalan, bergerak, serta mendengar.

Sebagai alat bantu belajar berjalan, push walker ini diklaim bisa melatih keseimbangan bayi saat belajar berjalan.

Menariknya, alat ini juga dilengkapi dengan fitur pengunci roda guna mencegah bayi terjatuh akibat roda yang licin.

Tinggi pegangan pun dapat disesuaikan dengan tinggi tubuh bayi agar nyaman saat digunakan.

Ada juga mainan dengan lampu dan musik yang bisa menarik perhatian dan menghibur bayi serta boks aktivitas yang dapat melatih motorik dan sensorik bayi.

6. Goodway Go Go Musical Push Walker

Goodway Go Go Musical Baby Walker merupakan rekomendasi push walker yang diklaim terbuat dari bahan bebas BPA dan food grade, serta sudah bersertifikat SNI.

Push walker ini juga sudah dijamin aman untuk bayi karena dilengkapi dengan tempat air atau pasir untuk menahan berat bedan bayi dan menjaga kestabilan saat digunakan.

Bannya juga sudah dibuat anti slip agar tidak licin saat terkena air dan memiliki fitur pengunci agar ban dapat dikunci sesuai kebutuhan.

Dengan begitu, bayi Anda tidak akan mudah terjatuh saat belajar berdiri dan berjalan. Pegangan push walker pun bisa diatur sesuai dengan tinggi si Kecil.

Push walker ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang bisa menyimpan mainan ataupun perlengkapan bayi lainnya.

7. Fisher Price Learn with Me Zebra Walker

Fisher Price Learn with Me Zebra Walker dapat digunakan baik saat bayi berdiri ataupun duduk.

Sebagai fungsi utama, bayi dapat menggunakan push walker sebagai pegangan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dengan gerakan berdiri, berjalan, dan meraih benda.

Bukan hanya itu, rekomendasi push walker yang bagus ini juga dilengkapi dengan fitur permainan untuk aktivitas tangan si Kecil guna membantunya meningkatkan kemampuan motorik halus.

Si Kecil bisa memainkan halaman buku yang dapat dibalik serta memencet tombol yang dapat menyala dan mengeluarkan lagu dan frasa tentang alfabet, angka, serta hewan.

Fisher Price Learn with Me Zebra Walker ilengkapi dengan 4 roda yang dijamin kokoh agar aman untuk bayi.

8. Cocolatte 10012 LOCCO WALKER

Cocolatte 10012 LOCCO WALKER merupakan rekomendasi gabungan dari baby walker dan push walker yang bisa digunakan sebagai alat untuk melatih bayi belajar berdiri dan berjalan.

Jadi, alat ini memiliki 2 mode, yaitu walker mode dan walking trainer mode.

Walking trainer mode sama dengan baby walker, yakni Anda bisa memasang dudukan untuk membuat mode baby walker. Bayi bisa duduk di dalam baby walker sambil belajar berdiri dan melangkah.

Sementara saat mode push walker, bayi bisa belajar mengangkat dan menopang berat tubuhnya sendiri untuk berdiri dan berjalan.

Selain untuk latihan berdiri dan berjalan, ada juga mainan interaktif di bagian depan yang dilengkapi musik dan lampu. Bayi pun bisa bermain sambil belajar.

9. Bebe Smart Fun Magical

Bebe Smart Fun Magical diklaim sebagai push walker yang multifungsi karena bisa membantu bayi belajar berjalan tanpa mengalami cedera.

Ini karena Bebe Smart Fun Magical terbuat dari bahan berkualitas yang dijamin kuat dan aman sehingga menjadi salah satu rekomendasi push walker bayi.

Ada juga mainan di sisi depan push walker yang bisa membuat bayi senang dan terhibur saat bermain serta melatih kemampuan pergerakan tangan bayi.

10. Babydoes Racing 2 IN 1 WALKER

Babydoes Racing 2 IN 1 WALKER adalah rekomendasi push walker yang bisa digunakan oleh bayi dari usia 6 bulan sampai berat maksimum 15 kg.

Ada 2 mode yang dapat digunakan, yaitu walker mode dan walking mode.

Walking mode berfungsi sebagai baby walker. Anda bisa meletakan bayi di dalam baby walker untuk berlatih berdiri dan melangkah.

Untuk membuat walker mode, Anda bisa mencopot dudukan pada baby walker. Pada mode ini, bayi bisa belajar untuk mengangkat dan menopang berat tubuhnya sendiri sebelum mencoba berdiri dan berjalan.

Agar lebih aman untuk bayi, ada knob pada roda belakang untuk memperlambat laju dan rem.

Terdapat juga kotak musik (music box) yang bisa mengeluarkan lagu yang disukai oleh anak-anak.

Agar mudah saat disimpan, push walker ini juga bisa dilipat.

Dengan memilih mainan yang tepat, Anda bisa membantu mendukung tumbuh kembang bayi sejak awal usianya.

Ini termasuk mencari dan memilih rekomendasi push walker yang aman dan bisa membantu bayi belajar berjalan tanpa takut terjatuh dan cedera.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 12/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan