backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tak Bikin Gigi Rusak, Ini 10 Rekomendasi Empeng Bayi yang Bagus

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 24/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

Tak Bikin Gigi Rusak, Ini 10 Rekomendasi Empeng Bayi yang Bagus

Pada beberapa bayi, empeng mungkin dibutuhkan untuk membuat si Kecil lebih tenang atau membantunya tertidur. Bagi Anda yang sedang mencari empeng bayi, Anda mungkin kesulitan menentukan merek mana yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Untuk membantu Anda menentukan, simak rekomendasi empeng yang bagus, empuk, dan terbaik yang mungkin sesuai dengan bayi Anda pada ulasan di bawah ini.

Cara kami memilih produk empeng yang bagus

Sebelum menentukan, Anda perlu tahu dulu cara memilih produk empeng yang aman, bagus, serta sesuai dengan kondisi dan kebutuhan si Kecil.

Hal yang utama yaitu pastikan produk empeng yang dipilih bebas dari BPA (bisphenol A). Melansir Mayo Clinic, paparan BPA dapat memengaruhi otak serta kelenjar prostat janin, bayi, dan anak.

Paparan bahan tersebut juga dapat memengaruhi perilaku anak serta kemungkinan bisa meningkatkan tekanan darah hingga risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Selain kandungan BPA, perhatikan juga hal di bawah ini untuk memilih merk empeng bayi yang bagus, terbaik, dan sesuai dengan si Kecil.

  • Jenis empeng. Ada jenis ortodontik yang menyerupai puting payudara ibu serta non-ortodontik yang merupakan model empeng lama. Sesuaikan dengan yang disukai bayi Anda.
  • Ukuran empeng. Sesuaikan dengan usia si Kecil, misal untuk 0—3 bulan, 3—6 bulan, dan seterusnya.
  • Bahan empeng. Empeng bisa berbahan silikon atau lateks dengan pelindung plastik atau bahan karet alam. Hindari empeng berbahan lateks jika bayi Anda alergi terhadap bahan ini.
  • Lubang ventilasi. Pilih empeng yang kokoh dengan pelindung serta memiliki lubang ventilasi untuk sirkulasi udara.
  • Jangan sampai tertelan. Pilih empeng yang berukuran besar sehingga si Kecil tidak dapat memasukkan seluruh empeng ke mulutnya.

Oleh karena itu, kami mengumpulkan beberapa rekomendasi merek empeng bayi berdasarkan ketentuan di atas. Sesuaikan kembali dengan usia, kondisi, kesukaan, serta kebutuhan bayi Anda.

Fakta tentang bahan empeng

  • Beberapa orangtua memilih bahan karet alam karena tidak mengandung plastik.
  • Empeng dari plastik cenderung lebih murah.
  • Empeng berbahan silikon atau lateks cenderung lebih lembut, halus, dan lentur.
  • Silikon disebut menjadi pilihan bahan yang baik karena mengandung lebih sedikit kuman.

Rekomendasi 10 merek empeng bayi yang bagus dan aman

Sesuai cara memilih di atas, berikut adalah beberapa rekomendasi empeng bayi yang bagus dan aman untuk buah hati Anda.

1. Dodo Soother SO50 with Holder

Dodo Soother SO50 with Holder bisa digunakan untuk bayi usia 3—12 bulan. Terbuat dari bahan rubber silikon, empeng yang satu ini diklaim lembut sehingga nyaman digunakan si Kecil.

Empeng bayi Dodo juga sudah bebas BPA sehingga aman bagi si Kecil. Tutup empeng serta rantai kecil juga tersedia sehingga produk perawatan bayi ini tetap bersih dan tak mudah hilang.

2. Pigeon Minlight Pacifier

Sudah bebas BPA serta berbahan silikon yang lembut dan empuk, empeng merk Pigeon ini diklaim dapat memenuhi keinginan bayi untuk mengisap.

Empeng yang satu ini pun disebut ringan serta bagian pelindungnya dirancang untuk memberikan sirkulasi udara di sekitar mulut si Kecil.

Pigeon Minlight Pacifier tersedia dalam berbagai ukuran. Ukuran S disebut sebagai salah satu empeng bayi terbaik untuk usia 0-6 bulan. Ada pula ukuran M untuk 6-12 bulan dan L usia 12 bulan ke atas.

3. Baby Huki Empeng Deluxe Blister 2S

Berjenis ortodontik, Baby Huki Empeng Deluxe Blister 2S merupakan merk empeng bayi yang menyerupai payudara ibu. Merek empeng ini dapat digunakan sejak si Kecil berusia 0 bulan.

Selain membantu proses menyusui bayi, bentuknya yang ortodontik dapat merangsang pertumbuhan otot rahang dan gigi bayi agar tumbuh sempurna.

Sudah bebas BPA serta berbahan silikon membuat merk empeng bayi yang satu ini aman, empuk, dan lembut.

Empeng yang dilengkapi penutup ini tersedia dalam warna kuning, hijau, biru, dan pink.

4. Philips Avent Ultra Air Soother

Dengan harga sekitar Rp179.000, Anda bisa mendapatkan dua buah empeng bayi merek ini. Bentuknya yang ortodontik membuat si Kecil dapat menerima empeng ini dengan baik.

Philips Avent Ultra Air Shooter sudah bebas BPA dan dapat digunakan untuk usia 0—6 bulan guna mendukung pertumbuhan gigi bayi serta perkembangan mulutnya.

Produk ini pun memiliki lubang ekstra besar sebagai ventilasi untuk menjaga kulit bayi tetap kering. Kemasannya pun dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan hingga alat sterilisasi.

5. Dr.Brown’s HappyPaci Silicone Pacifier

Empeng bayi yang bagus lainnya, yaitu Dr.Brown’s HappyPaci Silicone Pacifier. Sesuai namanya, empeng ini berbahan 100% silikon dan bebas BPA sehingga aman dan lembut untuk mulut si Kecil.

Empeng terbaik untuk usia 0—6 bulan ini memiliki bentuk pelindung kupu-kupu agar tidak menyentuh dagu dan hidung si Kecil saat digunakan.

Adanya jalur udara pada bagian pelindung empeng pun dapat membantu si Kecil terhindar dari iritasi.

Meski tak memiliki penutup, empeng ini memiliki pegangan sehingga dapat dipegang dan digantung dengan mudah.

6. Tommee Tippee Night Time Soother

Tommee Tippee Night Time Soother memiliki dua ukuran, yaitu untuk usia 0—6 bulan dan 6—18 bulan. Empeng yang lembut ini dirancang khusus untuk membantu menenangkan bayi Anda.

Bentuknya yang ortodontik dapat mendukung perkembangan alami mulut bayi.

Dengan desain simetris, empeng ini diklaim seimbang sehingga lebih menempel di mulut dan tak mudah jatuh meski digunakan dalam posisi atas.

Menariknya lagi, empeng yang sudah bebas BPA ini memiliki desain glow in the dark sehingga lebih mudah ditemukan dalam keadaan gelap.

7. MAM Orthodontic Pacifier Air

MAM Orthodontic Pacifier Air merupakan salah satu empeng bayi terbaik untuk usia 0—6 bulan dan 6 bulan ke atas. Bahan silikon membuat empeng ini terasa empuk dan lembut.

Empeng merek MAM ini pun sudah bebas BPA sehingga aman digunakan si Kecil. Ruang udara yang lebar di bagian samping juga memudahkan pernapasan si Kecil saat empeng digunakan.

Bukan cuma itu, empeng ini berbentuk ortodontik sehingga tidak mengganggu pertumbuhan rahang dan gigi si Kecil serta diklaim efektif menghilangkan kebiasaan bayi menghisap jari.

8. BBET Newborn Pacifier Day and Night

Sesuai namanya, BBET Newborn Pacifier Day and Night tersedia untuk siang dan malam hari. Empeng untuk siang hari umumnya lebih kecil ketimbang yang digunakan pada malam hari.

Dapat digunakan sejak usia 0 bulan, produk ini sudah bebas BPA dan memiliki ukuran yang menyerupai jempol bayi, sehingga dapat membantu menghilangkan kebiasaan menghisap jari.

8. Honey Boo Dot Empeng Buah Bayi

Ada banyak jenis empeng untuk si Kecil. Selain yang berbentuk ortodontik, ada pula empeng yang bisa dimasukkan potongan buah kecil ke dalamnya.

Salah rekomendasi empeng bayi jenis ini, yaitu Honey Boo Dot Empeng Buah Bayi. Bebas BPA dan berbahan silikon, merek empeng ini cocok untuk bayi yang sudah memulai masa MPASI.

10. BC Babycare Empeng Dot Buah

Bukan cuma merek di atas, ada banyak produk empeng yang bisa dimasukkan buah ke dalamnya. Rekomendasi lainnya yaitu BC Babycare Empeng Dot Buah.

Produk empeng ini terbuat dari bahan silikon food grade serta bebas BPA dan tidak berbau. Jenis empeng ini juga mudah dibongkar sehingga dapat dibersihkan secara menyeluruh.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 24/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan