backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Car Seat untuk Keamanan si Kecil di Perjalanan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 12/07/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Car Seat untuk Keamanan si Kecil di Perjalanan

Penggunaan car seat atau dudukan (kursi) mobil untuk bayi sangat disarankan demi keamanan si Kecil selama di perjalanan. Untuk keselamatannya, Anda disarankan memilih rekomendasi car seat dengan kualitas terbaik yang tentu saja mudah didapatkan di pasaran.

Lalu, produk atau merk car seat mana yang terbaik? Cek, pilih, dan beli produknya melalui ulasan di bawah ini!

Cara kami memilih rekomendasi merk car seat

Penggunaan car seat disarankan sejak bayi baru dilahirkan, termasuk ketika membawa pulang si Kecil dari rumah sakit dan saat sudah diperbolehkan keluar dari rumah.

Penggunaannya kemudian berlanjut hingga ia sudah cukup besar sampai dapat menggunakan sabuk pengaman.

Namun, National Highway Traffic Safety Administration menyarankan bahwa penggunaan car seat bisa sampai anak usia 12 tahun.

Agar aman dan tepat, Anda perlu memilih jenis car seat sesuai dengan usia, ukuran, atau bobot tubuh si Kecil, serta kebutuhan perkembangan anak Anda.

Sebagai contoh, ada infant car seat yang bisa digunakan pada bayi baru lahir, kemudian ada pula yang disebut convertible seat, combination seat, all-in-one seat, dan booster seat.

Pertimbangkan juga jumlah harness (sabuk) pada kursi mobil ini. Beberapa produk memiliki jumlah harness yang beragam (umumnya 3—5 titik) yang bisa disesuaikan dengan usia si Kecil.

Anda juga bisa memilih produk yang memiliki konektor Isofix dan/atau Tether agar pemasangan car seat lebih mudah serta terkunci dengan aman di jok mobil.

Hal yang juga penting, pastikan car seat yang Anda pilih pas dan bisa terpasang dengan baik di mobil Anda. Apalagi tak semua mobil memiliki konektor Isofix yang dapat dimanfaatkan untuk pemasangan kursi ini.

Perlu Anda pahami

Banyak produk car seat yang tersedia dengan harga yang beragam. Terkadang, mahalnya harga car seat karena banyaknya fitur pada perlengkapan bayi ini yang belum tentu terkait dengan keamanan anak.
Jadi, bijaklah dalam memilih car seat yang sesuai dengan kenyamanan dan keamanan si Kecil. Mahalnya harga car seat belum tentu sesuai dengan kebutuhan si Kecil dan pas dengan mobil Anda.

10 Rekomendasi merk car seat yang aman dan terbaik

Berdasarkan berbagai pertimbangan di atas, kami memberikan rekomendasi merk car seat yang bagus dan terbaik untuk keamanan dan kenyamanan si Kecil.

1. Carseat Joie Every Stage FX

Carseat Joie Every Stage FX adalah rekomendasi baby car seat yang bagus dan salah satu terbaik untuk digunakan sejak newborn hingga berat 18 kg (menghadap ke belakang) dan 9—36 kg (menghadap ke depan).

Dengan teknologi AutoAdjust™, sandaran dan pelindung samping kepala kursi ini bisa disesuaikan dengan tinggi badan si Kecil serta diatur sesuai kebutuhan.

Kursi mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Isofix agar tak mudah terlepas serta Guard Surround Safety™ untuk keamanan terhadap benturan dari samping.

2. Nuna Rava Convertible Car Seat

Nuna Rava Convertible Car Seat bisa digunakan menghadap ke belakang (berat badan 2,5—22 kg atau hingga usia 2 tahun) dan ke depan (berat 11—29 kg atau usia 2 tahun ke atas).

Kursi mobil bayi yang satu ini dilengkapi dengan Simply™ Secure Installation untuk pemasangan yang mudah dan aman.

Produk ini juga memiliki lima titik harness yang bisa disesuaikan dengan pertumbuhan si Kecil.

Telah tersertifikasi GREENGUARD Gold, produk dari Nuna ini diklaim bebas bahan kimia yang dapat membahayakan si Kecil dan lingkungannya.

3. Cocolatte Carseat CL 880 360˚ Phases

Cocolatte Carseat CL 880 360˚ Phases adalah rekomendasi car seat bayi yang bisa digunakan sejak newborn hingga berat badan 36 kg.

Sesuai namanya, produk ini dapat berputar hingga 360 derajat. Produk yang dilengkapi dengan Isofix dan Tether ini memiliki kanopi serta lima titik sabuk yang dapat disesuaikan.

Teknologi Side Protection System (SPS) pada bagian sampingnya dapat membantu mengurangi risiko cedera akibat benturan serta melindungi anak dengan baik.

4. Graco 4Ever 4in1 Convertible Car seat

Seperti namanya, Graco 4Ever 4in1 Convertible Car seat bisa digunakan dalam empat posisi, yaitu:

  • rear-facing atau menghadap belakang (1,8—18,1 kg),
  • forward-facing atau menghadap depan (9,9—29,4 kg),
  • highback belt-positioning booster (13,6—45 kg), dan
  • backless belt-positioning booster (18,1—54,4 kg).

Sandarannya juga dapat diatur hingga mencapai 10 posisi hanya dengan satu tangan. Posisi berbaringnya juga bisa disesuaikan hingga enam posisi untuk kenyamanan si Kecil.

Dengan inRight Latch System berupa Isofix, produk kursi bayi satu ini pun bisa dipasang dengan mudah hanya dalam 1 detik.

5. Carseat Babydoes CH 8749 Free Rotate 360°

Merk baby car seat terbaik satu ini dapat berputar hingga 360 derajat serta memiliki lima titik sabuk yang bisa diatur pengaturan ketinggiannya sesuai dengan tinggi badan anak.

Dilengkapi dengan Isofix, Tether, serta Side Protection System, produk ini diklaim aman untuk digunakan dengan mengurangi risiko benturan akibat insiden yang tak diinginkan.

Jika Anda tertarik dengan fitur-fitur tersebut, Anda bisa menggunakan produk ini sejak bayi baru lahir sampai berat badan anak mencapai 36 kg.

6. Beiens Baby Car Seat Rotate

Beiens Baby Car Seat Rotate merupakan kursi pengaman untuk anak yang bisa digunakan sejak usia 0 bulan hingga 12 tahun.

Produk ini memiliki tiga mode yang disesuaikan dengan usia anak serta empat posisi baring dari 0º, 90º, 180º, dan 270º untuk memberikan kenyamanan pada si Kecil.

Dengan modul antitabrakan, produk yang bisa berputar ini pun diklaim sudah lulus uji ganda China CCC dan ECE Eropa. Ini merupakan sertifikasi kinerja keselamatan yang diakui secara profesional.

7. Maxi-Cosi Cabriofix Essential Car Seat

Maxi-Cosi Cabriofix Essential Car Seat adalah salah satu rekomendasi merk car seat yang bagus yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir hingga usia 24 bulan.

Produk ini dilengkapi dengan teknologi Isofix serta tiga titik harness dan lima posisi berbaring yang bisa disesuaikan untuk keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Sistem keamanan ini pun semakin lengkap dengan adanya teknologi Side Protection System (SPS) yang disebut bisa melindungi si Kecil dari benturan.

8. Silver Cross Motion All Size 360 Car Seat

Harganya mungkin tak murah, tetapi Silver Cross Motion All Size 360 Car Seat dapat menjadi kursi pengaman mobil bagi si Kecil sejak baru lahir hingga usia 12 tahun.

Selain teknologi Isofix, produk ini juga memiliki kaki penyangga yang membuat proses pemasangannya mudah dan lebih aman.

Tak hanya posisi baring dan sandara kepalanya yang bisa disesuaikan, produk ini juga dibuat menggunakan bahan bambu yang lembut, ramah lingkungan, dan mudah dibersihkan yang cocok untuk kulit sensitif bayi.

9. Poled Convertible Car Seat All Age 360

Poled Convertible Car Seat All Age 360 bisa menjadi salah satu merek car seat baby terbaik yang bisa dipakai sejak newborn hingga usia 12 tahun (36 kg).

Produk ini dapat diputar hingga 360 derajat dan diatur setiap 90 derajat. Penggunaannya juga bisa disesuaikan dalam empat posisi, termasuk menghadap belakang dan depan.

Dilengkapi dengan teknologi One Click Hexabelt Isofix, produk kursi mobil ini bisa dipasang dengan mudah. Sabuknya juga memiliki alarm yang dapat memastikan sabuk terpasang dengan baik.

10. Kuru Basic Baby Car Seat

Dengan harga yang lebih terjangkau, Kuru Basic Baby Car Seat tetap memastikan produknya aman dan nyaman digunakan bahkan untuk perjalanan jauh.

Produk ini bisa digunakan untuk newborn hingga yang berusia 15 bulan. Fiturnya dilengkapi dengan kanopi yang bisa dilepas, headrest protector, serta tiga titik sabuk dengan bantalan empuk.

Bagian joknya dibuat dari bahan yang lembut, breathable, dan baby skin friendly sehingga cocok untuk perawatan kulit bayi Anda.

Rekomendasi produk car seat bayi yang bagus dan terbaik memang banyak di pasaran. Sebelum membeli, pastikan produknya sesuai dengan kebutuhan Anda dan yang pasti aman dan nyaman untuk digunakan si Kecil.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 12/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan