Minyak Ikan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Manfaat

Apa manfaat minyak ikan?

Minyak ikan adalah ekstrak lemak ikan. Minyak ikan dapat diperoleh dari memakan ikan secara langsung atau melalui suplemen.

Minyak ikan kaya kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan Anda. Ikan yang terkenal kaya akan asam lemak omega‐3 yaitu salmon, makarel, tuna, sturgeon, mullet, bluefish, ikan teri, sarden, herring, trout, dan menhaden.

Suplemen minyak ikan biasanya terdapat sedikit kandungan vitamin E. Bisa juga dikombinasikan dengan kalsium, zat besi, atau vitamin A, B1, B2, B3, C, atau D.

Minyak ikan biasa digunakan untuk banyak kondisi kesehatan, tapi paling sering digunakan untuk masalah jantung dan sistem darah. Beberapa orang menggunakan minyak ini untuk menurunkan tekanan darah atau trigliserida (lemak yang berhubungan dengan kolesterol).

Bukti ilmiah membuktikan bahwa minyak ikan adalah suplemen yang bermanfaat untuk menurunkan trigliserida, hingga mencegah penyakit jantung dan stroke ketika digunakan sesuai dosis yang direkomendasikan.

Minyak ikan juga umum digunakan sebagai “makanan otak” yang dapat membantu mengatasi depresi psikosis, attention deficit‐hyperactivity disorder (ADHD), penyakit Alzheimer, dan kelainan pada otak lainnya.

Beberapa orang lainnya menggunakan minyak ikan untuk mengobati mata kering, glaukoma, dan macular degeneration (AMD) yaitu kondisi umum pada orang tua yang dapat menyebabkan masalah serius pada penglihatan.

Wanita terkadang mengonsumsi minyak ini untuk mencegah rasa nyeri pada saat haid, nyeri pada payudara dan komplikasi dengan kehamilan seperti keguguran, tekanan darah tinggi pada kehamilan (preeklampsia), dan persalinan dini.

Minyak ikan juga digunakan untuk diabetes, asma, kelainan perkembangan koordinasi, kelainan pergerakan, disleksia, obesitas, penyakit ginjal, tulang lemah (osteoporosis), penyakit tertentu yang berhubungan dengan nyeri dan bengkak seperti psoriasis, dan mencegah penurunan berat badan akibat obat kanker.

Bagaimana cara kerjanya?

Kandungan paling banyak yang ditemukan dalam minyak ikan adalah asam lemak omega‐3, termasuk EPA dan DHA.

Asam lemak omega-3 bekerja mengurangi peradangan sehingga efektif meredakan nyeri dan bengkak. Ini mungkin menjelaskan kenapa minyak ikan cenderung efektif untuk psoriasis dan mata kering.

Lemak jenuh ini juga mencegah pembekuan darah, sehingga dinilai bermanfaat pada beberapa kondisi jantung.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk minyak ikan untuk orang dewasa?

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja minyak ikan tersedia?

Bentuk sediaan minyak ikan adalah:

  • Kapsul
  • Cairan

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh minyak ikan?

Beberapa efek samping paling umum dari mengonsumsi minyak ikan adalah

  • Mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh
  • Bersendawa
  • Bau mulut
  • Sakit perut
  • Diare
  • Ruam
  • Mimisan

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi minyak ikan?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengonsumsi minyak ikan adalah:

  • Simpan minyak ikan pada area yang kering, jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.
  • Bila Anda menggunakan antikoagulan, Anda seharusnya tidak menggunakannya bersamaan dengan produk ini.
  • Hati-hati menakar dosisnya karena mengonsumsi terlalu banyak minyak ikan dapat meningkatkan risiko stroke.

Distribusi dan penggunaan minyak ikan tidak diatur seketat obat-obatan medis oleh BPOM. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya.

Maka sebelum menggunakan minyak ikan, pastikan manfaatnya lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah minyak ikan?

Minyak ikan cenderung aman bagi kebanyakan orang, termasuk wanita hamil dan menyusui, ketika dikonsumsi pada dosis rendah (3 gram per hari atau kurang). Minyak ikan sebaiknya tidak digunakan pada anak‐anak atau pada mereka yang hipersensitif, atau memiliki kanker payudara/prostat atau penyakit jantung.

Selalu konsultasikan ke dokter atau ahli herbal profesional sebelum Anda mengonsumsi suplemen herbal ini.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi minyak ikan?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca