Nama Generik: Vitamin E Merek: Dalfarol, Evigra, Evipon, Good Life Vit E 400, Lanturol-200/Lanturol-400, Natur-E, Novarol, Orginal E, Santa-E, Toco-E, Bio-E 200, Edoti, Erpha Vit E, Evigra Forte, Evion CT, Evion Vegicaps, Natopherol, Naturol, Prima-E, Proxidan 400, Tocopherine, Tokovin, Vinpo-EdanVitaferol.

Penggunaan

Untuk apa Vitamin E?

Vitamin E adalah obat dengan fungsi untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin E. Orang-orang dengan penyakit tertentu mungkin memerlukan vitamin E tambahan.

Vitamin E adalah antioksidan yang terdapat secara natural dalam beberapa makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau. Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dan penting untuk berbagai proses di dalam tubuh.

Dosis vitamin E dan efek samping vitamin E akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Vitamin E?

Gunakan produk-produk vitamin E sesuai dengan instruksi yang tertera di label atau sesuai yang diresepkan dokter. Jangan konsumsi dengan dosis lebih kecil atau lebih banyak atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Vitamin E bekerja lebih baik jika dikonsumsi bersama makanan.

Ukurlah dosis vitamin E cair dengan gelas ukur yang disediakan, sendok ukur, atau cangkir obat yang disediakan. Jika Anda tak memiliki alat untuk mengukur dosis obat, mintalah pada apoteker Anda.

Vitamin E cair yang diberi pemanis buatan dapat mengandung fenilalanin. Cek label obat jika Anda mengidap phenylketonuria (PKU).

Kebutuhan vitamin E seseorang akan meningkat seiring usia. Ikuti instruksi dokter dan ahli kesehatan Anda.

Jika Anda membutuhkan operasi atau prosedur medis, beri tahu dokter bedah bahwa Anda sedang mengonsumsi vitamin E. Anda mungkin perlu berhenti dulu mengonsumsinya selama beberapa waktu.

Bagaimana cara penyimpanan Vitamin E?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Vitamin E untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Vitamin E:

Pengobatan: 60 sampai 75 unit secara oral sekali sehari.

Pencegahan: 30 unit secara oral sekali sehari.

Dosis Dewasa untuk Tardive Dyskinesia:

600 sampai 1600 unit secara oral setiap hari.

Dosis Dewasa untuk Sickle Cell Anemia:

450 unit secara oral setiap hari.

Dosis Dewasa untuk Alzheimer:

1000 unit secara oral dua kali sehari

Dosis Dewasa untuk Suplemen Tambahan:

Formula cairan oral (AQUA-E): 200 unit (10 mL) secara oral sekali sehari.

Bagaimana dosis Vitamin E untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak untuk Defisiensi Vitamin E:

1 unit/kg/hari secara oral untuk vitamin E yang larut di air.

Dosis Anak-anak untuk Retinopathy Prophylaxis:

Pencegahan retinopathy atau prematurity atau Bronchopulmonary dysplasia (BPD) sebagai tambahan terapi oksigen: 15 sampai 30 unit/kg/hari untuk mempertahankan level plasma antara 1.5 to 2 mcg/mL (mungkin dibutuhkan sebanyak 100 unit/kg/day). Catatan: AAP menganggap penggunaan ini hanya hanya jika benar-benar dibutuhkan saja dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan rutin.

Dosis Anak-anak untuk Cystic Fibrosis:

100 to 400 unit/hari secara oral.

Dosik Anak-anak untuk Suplemen Makanan:

Dosis: 1 unit vitamin E = 1 mg dl-alpha-tocopherol acetate.

Oral:

Asupan yang Cukup-Adequate Intake (AI):

1 sampai kurang dari 6 bulan: 4 units daily

6 sampai kurang dari 12 bulan: 5 unit per hari

Dosis Harian yang Direkomendasikan-Recommended Daily Allowance (RDA):

1 sampai 3 tahun: 6 unit per hari

4 sampai 8 tahun: 7 per hari

9 sampai 13 tahun: 11 per hari

13 tahun ke atas: 15 per hari

Dalam dosis apakah Vitamin E tersedia?

  • Liquid
  • Solution
  • Tablet
  • Kapsul, berisi cairan
  • Tablet Kunyah
  • Bubuk untuk diseduh
  • Kapsul

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Vitamin E?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti mengonsumsi Vitamin E dan hubungi dokter jika Anda mengalami gejala-gejala berikut:

  • Sakit kepala, pusing, perubahan penglihatan
  • Kepala terasa rinagn seperti akan pingsan
  • Kelelahan dan kelemahan yang tidak biasa
  • Diare, kram perut
  • Mudah lebam dan berdarah (mimisan, gusi berdarah)

Efek samping Vitamin E yang umum termasuk:

  • Mual
  • Perasaan lelah
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit ringan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Vitamin E?

Jika Anda mengonsumsi suplemen ini tanpa resep, bacalah label kemasan dengan saksama dan ikuti instruksinya. Untuk suplemen ini, perhatikan hal-hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Belum ada laporan tentang masalah pada anak-anak yang mengonsumsi vitamin E harian dengan dosis normal sesuai dengan yang direkomendasikan. Anda harus mengecek dengan dokter atau ahli kesehatan jika Anda memberi bayi Anda susu formula tanpa tambahan nutrisi. Dalam kasus ini, bayi Anda harus mendapatkan vitamin yang dibutuhkan dengan cara lain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir prematur mungkin memiliki kadar vitamin E yang rendah. Ahli kesehatan Anda mungkin akan merekomendasikan suplemen Vitamin E.

Lansia

Belum ada laporan mengenai masalah di orang-orang usia lanjut yang mengonsumsi vitamin E dengan dosis normal yang direkomendasikan.

Apakah Vitamin E aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan suplemen ini. Suplemen ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori A menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Vitamin E?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Menggunakan suplemen ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat dan suplemen ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Dicumarol

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya, namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Vitamin E?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Vitamin E?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan suplemen ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Masalah perdarahan. Vitamin E, jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih besar dari 800 unit per hari dalam periode yang cukup lama, dapat membuat kondisi ini memburuk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan