Triamcinolone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Triamcinolone Merek: Amtocort, Bufacomb IOB, Flamicort, Kenacort, Kenacort-A, Kenalog in Orabase, Ketricin Orabase, Ketricin Tablet, Nasacort AQ, Sinocort, Trilac, Ziloven, Triamcort dan Trinolon.

Penggunaan

Untuk apa Triamcinolone?

Triamcinolone adalah obat corticosteroid dengan fungsi untuk mencegah lepasnya zat dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Triamcinolone oral (digunakan dengan mulut) digunakan untuk mengatasi banyaknya kondisi tubuh yang berbeda seperti gangguan alergi, kondisi kulit, ulcerative colitis, arthritis, lupus, psoriasis, atau gangguan pernafasan.

Triamcinolone dapat juga digunakan untuk alasan lain yang tidak disebutkan dalam petunjuk pengobatan ini.

Dosis triamcinolone dan efek samping triamcinolone akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Triamcinolone?

Gunakan triamcinolone persis seperti yang diresepkan dokter Anda. Jangan gunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit atau dalam waktu lama yang tidak direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda.

Dokter Anda mungkin kadang-kadang mengubah dosis Anda untuk memastikan hasil yang terbaik dari pengobatan ini.

Gunakan triamcinolone dengan makanan untuk mencegah sakit perut.

Obat steroid Anda mungkin berubah jika Anda memiliki stress yang tidak biasa seperti sakit serius, demam, atau infeksi, atau jika Anda operasi atau kondisi medis darurat. Katakan pada dokter Anda tentang apa situasi yang memengaruhi Anda.

Obat ini dapat menyebabkan Anda mendapatkan hasil yang tidak biasa dengan tes medis tertentu. Bilang pada dokter Anda siapa yang menangani Anda menggunakan triamcinolone.

Jangan berhenti menggunakan triamcinolone tiba-tiba, karena Anda dapat memiliki gejala yang tidak diinginkan. Bicarakan kepada dokter Anda tentang bagaimana menghindari gejala kecanduan ketika berhenti berobat. Bawa kartu ID atau gunakan gelang medis yang menandai Anda menggunakan steroid, untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat. Dokter, dokter gigi, atau petugas medis darurat apapun yang menangani Anda harus tahu Anda menggunakan obat steroid.

Bagaimana cara penyimpanan Triamcinolone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Triamcinolone untuk orang dewasa?

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Adrenocortical Insufficiency

Minum 4 – 12 mg setiap hari, sebagai tambahan untuk terapi mineralocorticoid.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Ankylosing Spondylitis

Awal:

Minum 8 – 16 mg per hari. Secara alternatif, 3 – 48 mg IM per hari, diberikan dalam dosis yang terbagi sama rata setiap 12 jam.

Injeksi Intra-articular and intrasynovial:

5 – 40 mg sekali tergantung berapa ukuran sendi. Rata-rata untuk kaki adalah 25 mg.

Dosis maksimum setiap minggu triamcinolone diacetate adalah 75 mg.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Bursitis

Awal:

Minum 8 – 16 mg per hari. Secara alternatif, 3 – 48 mg IM per hari, diberikan dalam dosis yang terbagi sama rata setiap 12 jam.

Injeksi Intra-articular and intrasynovial:

5 – 40 mg sekali tergantung berapa ukuran sendi. Rata-rata untuk kaki adalah 25 mg.

Dosis maksimum setiap minggu triamcinolone diacetate adalah 75 mg.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Osteoarthritis

Awal:

Minum 8 – 16 mg per hari. Secara alternatif, 3 – 48 mg IM per hari, diberikan dalam dosis yang terbagi sama rata setiap 12 jam.

Injeksi Intra-articular and intrasynovial:

5 – 40 mg sekali tergantung berapa ukuran sendi. Rata-rata untuk kaki adalah 25 mg.

Dosis maksimum setiap minggu triamcinolone diacetate adalah 75 mg.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa dengan Rheumatoid Arthritis

Awal:

Minum 8 – 16 mg per hari. Secara alternatif, 3 – 48 mg IM per hari, diberikan dalam dosis yang terbagi sama rata setiap 12 jam.

Injeksi Intra-articular and intrasynovial:

5 – 40 mg sekali tergantung berapa ukuran sendi. Rata-rata untuk kaki adalah 25 mg.
Dosis maksimum setiap minggu triamcinolone diacetate adalah 75 mg.

Bagaimana dosis Triamcinolone untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas obat ini belum ditetapkan pada pasien anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis apakah Triamcinolone tersedia?

Injeksi 40 mg/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Triamcinolone?

Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Bilang segera pada perawat Anda jika Anda memiliki efek samping serius seperti:

  • Gangguan penglihatan
  • Bengkak, berat badan cepat naik, merasa sesak nafas
  • Depresi berat, pikiran atau kebiasaan tidak biasa, kejang
  • Pup berdarah atau kecoklatan, batuk berdarah
  • Pankreatitis (sakit berat di perut bagian atas yang menyebar ke punggung, mual, dan muntah-muntah, detak jantung cepat)
  • Potasium rendah (pusing, detak jantung tidak beraturan, haus parah, sering buang air, kaki merasa tidak nyaman, otot lemah, merasa lemas)
  • Tekanan darah tinggi berbahaya (sakit kepala berat, penglihatan kabur, telinga berdengung, gelisah, sakit dada, sesak nafas, kejang)

Efek samping yang kurang serius yaitu:

  • Sulit tidur (insomnia), mood berubah-ubah
  • Jerawat, kulit kering, kulit menipis
  • Luka lama sembuh
  • Keringat bertambah
  • Sakit kepala, pusing, kepala terasa berputar
  • Mual, sakit perut
  • Otot lemah
  • Perubahan bentuk atau lokasi pada tubuh gemuk (khususnya pada tangan, kaki, wajah, leher, payudara, dan pergelangan)

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Triamcinolone?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Tidak ada informasi yang tersedia antara hubungan usia dengan efek Triamcinolone pada pasien anak. Keamanan dan kemanjuran belum ditetapkan. Anak-anak tidak menyebabkan efek samping atau masalah yang lebih dari usia lainnya.

Manula

Tidak ada informasi yang tersedia antara hubungan usia dengan efek Triamcinolone pasien manula lebih dari 50 tahun.

Apakah Triamcinolone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Triamcinolone?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Triamcinolone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Triamcinolone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Sindrom cushing
  • Diabetes
  • Hyperglucemia (kadar gula tinggi)
  • Intracranial hypertension (meningkatnya tekanan dalam kepala) – Gunakan dengan hati-hati. Dapat menyebabkan kondisi memburuk
  • Infeksi kulit dekat atau pada tempat pengobatan
  • Sakit yang meluas, kulit rusak, atau cedera kulit parah pada tempat pengobatan – Kesempatan efek samping dapat meningkat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber