backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Panci dan Alat Masak Terbaik Berbahan Keramik

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 13/10/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Panci dan Alat Masak Terbaik Berbahan Keramik

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara menjaga kesehatan. Selain dengan memilih bahan makanan terbaik, penting juga untuk mempertimbangkan alat masak yang digunakan, seperti panci, wajan, atau teflon berbahan keramik.

Peralatan dapur berbahan keramik saat ini memang semakin marak digunakan. Selain dikenal bisa membuat masakan matang lebih merata, alat masak jenis ini juga diklaim lebih sehat.

Tertarik untuk membeli peralatan masak berbahan keramik? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan rekomendasi terbaik!

Tips memilih panci keramik terbaik

resep olahan sehat menggunakan minyak zaitun untuk masak

Mengutip dari laman Food Revolution, peralatan dapur berlapis atau berbahan dasar keramik banyak dipilih karena dinilai lebih sehat.

Pasalnya, peralatan masak seperti teflon, panci, hingga wajan berbahan keramik tidak mengandung bahan-bahan kimia yang mengeluaran racun saat terkena panas, seperti:

  • timbal,
  • poly-and perfluoroalkyl substance (PFAs),
  • perfluorooctanoic acid (PFOA), dan
  • kadmium.

Setidaknya ada dua hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda berniat membeli peralatan masak berbahan keramik, yang pertama adalah tipe wajan keramik.

Peralatan dapur bisa berbahan dasar keramik murni atau campuran. Umumnya wajan keramik murni lebih mahal dari keramik campuran.

Wajan keramik murni juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan keramik campuran. Namun, peralatan dapur keramik campuran biasanya memiliki umur pakai lebih singkat karena mudah terkikis.

Pertimbangan yang kedua adalah jenis kompor yang Anda gunakan. Pada dasarnya, kompor gas cocok dengan semua jenis wajan keramik.

Sementara itu, jika Anda menggunakan kompor induksi, cobalah mempertimbangkan penggunaan panci dengan lapisan keramik di bawahnya.

Selain itu, pertimbangkan juga ukuran tungku dengan panci yang Anda pilih. Pasalnya, panci memiliki berbagai ukuran, mulai dari 16 cm sampai 30 cm.

10 rekomendasi panci, wajan, dan teflon keramik terbaik

Jika Anda ingin mencoba menggunakan peralatan dapur seperti panci atau wajan berbahan keramik, coba pertimbangkan beberapa merk berikut.

1. Maxim Neostone Frypan Ceramic Series

Dibuat dengan teknologi CapSil, Maxim Neostone Frypan Ceramic Series tidak akan lengket saat digunakan untuk menggoreng.

Produk dari Maspion tersebut bahkan diklaim aman meski digunakan dengan spatula besi atau baja tahan karat (stainless steel).

Bahan keramik pada panci Maspion diklaim dapat menyebarkan panas merata empat kali lebih cepat dari bahan lainnya.

Peralatan masak ini pun aman untuk digunakan pada kompor gas maupun listrik, tetapi tidak bisa dipakai pada kompor induksi.

Maxim Neostone Frypan Ceramic Series tersedia dalam ukuran 20 cm, 24 cm, dan 28 cm.

2. Neoflam FIKA Sauce Pan Panci Keramik

Neoflam Fika Sauce Pan diklaim aman untuk membuat MPASI hingga menghangatkan susu sehingga cocok bagi Anda yang memiliki bayi.

Panci keramik ini juga telah dilengkapi lapisan induksi sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kompor.

Dibuat dari jenis keramik X-trema, panci ini memiliki kemampuan antilengket yang bagus dan tahan lama.

Sementara itu, badan panci yang terbuat dari die cast aluminium membuatnya mudah menyebarkan panas.

3. Cypruz Fry Pan Ceramic Series

Dilengkapi induction bottom, Cypruz Fry Pan Ceramic Series akan menghantarkan panas lebih cepat dengan kematangan yang merata. 

Selain wajan, Cypruz varian keramik ini juga tersedia dalam bentuk panci serbaguna yang merupakan salah satu pilihan terbaik.

Keduanya sama-sama diklaim tidak mengandung PFOA, PTFE, kadmium, dan timbal yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat.

Selain itu, peralatan dapur ini dilengkapi gagang berbahan bakelite super yang terasa lembut dan tahan panas.

4. Cookville Ceramic Frying Pan

Hadir dengan kepadatan lapisan keramik 9H, Cookville Ceramic Frying Pan diklaim lima kali lebih kuat dari penggorengan antilengket pada umumnya.

Dilengkapi gagang antilengket dan antibau, merek wajan ini dipercaya lebih higienis dan terasa nyaman saat digunakan.

Wajan keramik ini juga dilengkapi tekstur dinding api pada bagian bawahnya sehingga proses penyerapan panasnya lebih baik.

5. Fincook Ceramic Fry Pan + Rak

Terbuat dari ceramic certanium food grade, Fincook Ceramic Fry Pan diklaim terbebas dari PTFE dan PFOA sehingga mengurangi risiko keracunan makanan.

Saat digunakan, wajan dari Fincook ini akan mengurangi asap yang dihasilkan oleh makanan sehingga membuatnya lebih sehat.

Sesuai dengan namanya, merek teflon keramik ini menjadi salah satu pilihan yang bagus karena dilengkapi rak. Dengan begitu, Anda bisa langsung meniriskan makanan di tempat yang sama.

6. Bolde Super Fry Pan Dark Knight

Dibuat dengan teknologi Eco Green, merk wajan keramik ini dipercaya ramah lingkungan dan terbebas bahan kimia berbahaya yang tidak bagus untuk kesehatan.

Bolde Super Fry Pan Dark Knight juga dilengkapi induction bottom yang menjamin pemanasan merata sehingga masakan matang sempurna. Produk ini bisa bekerja dengan baik pada kompor gas maupun induksi.

Gagang wajan keramik ini dibuat dengan sistem rivet yang membuatnya tidak mudah selip. Inilah salah satu alasan mengapa produk ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

7. Dejavu HPM102 Wajan Keramik

Meski Anda memakai spatula besi atau stainless, wajan keramik Dejavu series HPM 102 diklaim tidak akan tergores. Dengan begitu, usia pemakaiannya bisa lebih lama dan menjaga kualitas makanan tetap baik.

Wajan keramik yang satu ini bisa digunakan pada kompor gas, listrik, maupun induksi. Karena dilengkapi dengan tutup, Anda bisa menggunakannya sebagai panci.

Tidak hanya itu, wajan keramik Dejavu series HPM 102 juga dapat menghantarkan panas hingga empat kali lebih cepat dibandingkan bahan lainnya.

8. Panci Set Mayba Miracle

Rekomendasi panci keramik terbaik selanjutnya adalah Set Mayba Miracle. Dengan harga kurang dari Rp400 ribuan, Anda bisa mendapatkan panci sekaligus wok pan (jenis wajan yang lebih cekung).

Panci Set Mayba Miracle juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki bayi karena peralatan dapur ini diklaim aman untuk membuat MPASI. 

Produk ini juga dilapisi dengan glowing ceramic nonstick yang membuatnya tahan lama dan terbebas dari berbagai bahan kimia berbahaya.

9. Kangaroo Frypan Keramik (KG675)

Dengan harga kurang dari Rp300 ribuan, Anda akan mendapatkan dua panci berukuran 20 dan 24 cm.

Meski harganya terjangkau, panci keramik ini diklaim telah terbebas dari PFOA sehingga bisa menghasilkan makanan yang lebih sehat.

Kangaroo Frypan Keramik tipe KG675 juga memiliki handle tipe bakelite yang terasa lembut dan tahan panas.

10. SHUMA Eco-Safe Plus Nonstick Ceramic Stir Wok

Dengan menggunakan pelapisan keramik murni sebagai bahan antilengket, merek wajan ini diklaim terbebas dari PTFE, PFOA, PFAS, kadmium, dan bahan kimia lainnya.

SHUMA Eco-Safe Plus Nonstick Ceramic Stir Wok dibuat dengan teknologi Graphene sehingga dipercaya tahan gores. Dengan begitu, jangka waktu pemakaiannya semakin panjang.

Meski antilengket, Anda tetap dianjurkan menggunakan sedikit minyak goreng jika ingin menggunakannya untuk menggoreng.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 13/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan