backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku

Di rumah makan Jepang, salah satu saus yang banyak digunakan yaitu saus teriyaki dan yakiniku. Karena penyebutannya yang terdengar mirip, kedua saus ini sering dikira sama, padahal berbeda. Apa saja perbedaan kedua saus ini?

Perbedaan teriyaki dan yakiniku

Teriyaki dan yakiniku memang sekilas terlihat mirip dari bentuknya hingga namanya. Kedua saus ini berwarna cokelat dan biasanya digunakan dalam hidangan daging ayam atau daging sapi.

Namun, kedua saus asal Jepang ini adalah jenis saus yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Arti nama

Bedanya teriyaki dan yakiniku yang paling utama yaitu definisinya. Teriyaki berasal dari kata “teri” yang berarti kilap, dan “yaki” artinya panggang.

Sementara itu, yakiniku juga berasal dari 2 kata yaitu “yaki” dan “niku. Yaki artinya panggang dan niku artinya daging. Yakiniku sebenarnya bukanlah saus, tetapi cara memasak daging di atas panggangan.

Meski begitu, di Indonesia yakiniku digunakan sebagai istilah untuk saus untuk daging. Selain itu, pembuatan teriyaki di Indonesia tidak menggunakan sake dan mirin. 

2. Bahan pembuatan

Saus teriyaki biasanya dibuat dari campuran kecap asin (soy sauce), mirin (sejenis anggur beras manis Jepang), sake, dan gula. 

Kadang-kadang, bahan tambahan seperti jahe dan bawang putih juga digunakan untuk menambah rasa.

Sementara itu, di Indonesia yakiniku merupakan saus yang umumnya dibuat dari kecap asin Jepang (soy sauce), mirin, gula, bawang putih, minyak wijen, dan biji wijen.

3. Rasa

Perbedaan selanjutnya dari 2 saus asal Jepang ini yaitu pada rasanya. Bahan pembuatan berbeda dari teriyaki dan yakiniku juga menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. 

Saus teriyaki memberi rasa manis dan gurih pada makanan yang dimasak.

Sementara itu, yakiniku memberi rasa gurih dan aroma khas wijen karena penggunaan minyak dan biji wijen yang cukup banyak.

4. Cara pembuatan

teriyaki

Perbedaan lainnya terletak pada cara pembuatan kedua saus. 

Teriyaki umumnya dibuat dengan merendam bahan masakan ke dalam saus beberapa menit, kemudian ditumis bersama bumbu lainnya. Ini agar bumbu meresap ke dalam daging.

Sementara itu, saus yakiniku hanya dicelupkan beberapa detik dengan daging kemudian dipanggang di atas alat pemanggang atau grill pan

5. Masakan yang dibuat

Berapa hidangan yang dibuat dari saus teriyaki berupa ayam atau sapi. Hidangan yang dibuat dari saus ini berupa chicken teriyaki, salmon teriyaki, beef teriyaki, atau tahu teriyaki.

Sementara itu, yakiniku biasanya menjadi campuran saus untuk daging sapi. Beberapa jenis potongan daging sapi yang cocok dimasak dengan saus yakiniku yaitu karubi (short ribs), sirloin, dan jeroan

Selain saus, daging atau ayam ini biasanya diberi tambahan potongan bawang putih, jahe, atau merica untuk menambah cita rasa.

6. Manfaat kesehatan

Baik teriyaki maupun yakiniku bermanfaat mencegah penyakit kronis karena kandungan kecap asin (soy sauce) di dalamnya. Khasiat ini tertulis dalam salah satu penelitian pada jurnal Microorganism

Penelitian ini mengatakan bahwa produk kacang kedelai mengurangi jumlah IL-6 yaitu protein yang menyebabkan peradangan. Pasalnya, peradangan yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan penyakit kronis. 

Perbedaan manfaat kedua saus ini yaitu yakiniku yang mengandung wijen yang lebih kaya serat dibandingkan teriyaki. Serat dikenal baik untuk kesehatan pencernaan, seperti sembelit.

Kedua saus ini sama-sama sehat dan membuat makanan semakin lezat apabila digunakan dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

Anda bisa memilih teriyaki jika ingin cita rasa makanan yang lebih manis atau yakiniku yang memberikan rasa yang dominan gurih.

Ringkasan

Berikut ini beberapa perbedaan teriyaki dan yakiniku.
  • Teriyaki artinya saus panggang yang memberi kilap dan yakiniku artinya metode untuk memanggang daging.
  • Bahan pembuatan teriyaki yaitu soy sauce, mirin, sake, dan gula, sedangkan yakiniku terbuat dari soy sauce, mirin, gula, bawang putih, minyak wijen, dan biji wijen.
  • Rasa teriyaki dominan manis, sedangkan yakiniku dominan gurih.
  • Untuk membuat hidangan dengan saus teriyaki, daging umumnya direndam agar bumbu meresap, sedangkan yakiniku hanya dicelup sebentar.
  • Teriyaki umumnya saus untuk ayam, salmon, daging sapi, atau tahu. Yakiniku cocok untuk saus daging sapi saja.
  • Kedua saus ini bermanfaat mencegah penyakit kronis, bedanya yakiniku mengandung tambahan serat dari wijen yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan