home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kurang PD, Akar Masalah Dalam Perjalanan Asmara Anda dan Pasangan

Kurang PD, Akar Masalah Dalam Perjalanan Asmara Anda dan Pasangan

Rasa percaya diri itu dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, dalam hal yang positif tentunya. Sayangnya, kadang kita bisa saja merasa minder alias rendah diri. Hal ini diam-diam bisa menghambat banyak hal dalam hidup, termasuk hubungan asmara Anda dengan pasangan. Lebih jelasnya soal efek sikap kurang percaya diri pada perjalanan asmara Anda, simak di bawah ini.

Alasan kurang percaya diri bisa merusak perjalanan cinta Anda

hubungan tidak bahagia

Coba ingat-ingat kembali, apakah selama ini Anda sering bertengkar dengan pasangan hanya karena hal-hal sepele, tidak penting, bahkan yang sebenarnya masih bisa dibicarakan baik-baik? Jika ya, ini bisa saja didasari oleh kurangnya rasa percaya diri, entah itu dalam diri Anda ataupun pasangan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana bisa kepercayaan diri memengaruhi suatu hubungan? Begini, saat sedang diselimuti dengan perasaan tidak yakin terhadap diri sendiri, tanpa sadar ini akan memengaruhi sikap Anda pada pasangan.

Mulai dari mempertanyakan komitmen pasangan, gampang cemburu, tidak percaya kesetiaannya, hingga jadi sering menuduh pasangan. Anda juga mungkin takut kehilangan sosok kekasih, sehingga Anda jadi terlalu memuja-muja pasangan Anda secara tidak wajar. Lambat laun, sifat tersebut justru bisa menjadi bumerang terhadap keharmonisan hubungan Anda berdua.

Singkatnya, sifat kurang percaya diri yang hadir dalam suatu hubungan bisa dengan mudah mengubah cara pandang Anda terhadap pasangan. Berawal dari sinilah Steven Graham, Ph.D. selaku dosen psikologi di New College of Florida bersama timnya tertarik untuk melakukan survei mengenai efek rasa percaya diri dalam suatu hubungan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology ini meminta lebih dari 500 orang pria dan wanita untuk mengisi kuesioner yang akan menilai tingkat kepercayaan diri mereka. Selain itu, para peneliti juga menanyakan bagaimana cara mereka menyikapi kelemahan sifat pasangan masing-masing.

Rasa minder bisa merampas kemesraan hubungan Anda

pasangan perfeksionis

Hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang kurang percaya diri tidak hanya akan selalu mengkritik kekurangan pasangannya. Di sisi lain, mereka juga selalu merasa insecure terhadap hubungan asmaranya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Heidi Riggio, Ph.D., seorang psikolog sekaligus asisten dosen psikologi di California State University, bahwa rendahnya rasa percaya diri yang kerap menghantui perasaan dan pikiran Anda sebetulnya berakar dari pikiran negatif yang Anda buat sendiri. Bukan dari sikap pasangan Anda.

Anda akan merasa tidak punya kelebihan sebagai seorang kekasih, takut kehilangan, bahkan mudah disulut emosi oleh hal-hal kecil.

Jika tidak segera dibenahi, bukan tidak mungkin kalau kondisi ini akan semakin membesar hingga akhirnya merusak perjalanan asmara Anda dengan pasangan.

Adakah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri?

pasangan berpegangan tangan

Rasa kurang percaya diri biasanya muncul dan tumbuh dengan sendirinya dalam diri Anda. Oleh karena itu, hanya Anda sendirilah yang bisa memperbaikinya dan bukan malah menuntut ini-itu dari pasangan.

Kunci yang paling utama adalah dengan membuang jauh-jauh pikiran negatif Anda. Sebab percuma saja Anda berusaha yakin terhadap pasangan dan hubungan asmara Anda, kalau di sisi lain Anda masih dihantui oleh berbagai pikiran negatif.

Sebaliknya, Anda bisa mulai memikirkan dan membicarakan pada diri sendiri tentang hal-hal positif yang mungkin terjadi nantinya. Anda juga bisa belajar dari pengalaman yang terdahulu, bahwa Anda punya berbagai kelebihan dan sifat positif yang bisa terus ditempa. Karena sadar atau tidak, lama-lama apa yang Anda pikirkan, entah itu baik atau buruk, bisa berubah menjadi sugesti yang kemudian memengaruhi tindakan Anda.

Jadi mulai sekarang, coba tanamkan rasa percaya diri yang lebih tinggi pada diri Anda demi kebahagiaan yang utuh dalam menjalin hubungan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How Low Self-Esteem Affects Your Relationships. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/how-low-self-esteem-affects-your-relationships/ Accessed on July 23.

10 Ways Low Self-Esteem Affects Women in Relationships https://www.psychologytoday.com/us/blog/me-we/201312/10-ways-low-self-esteem-affects-women-in-relationships Accessed on July 23.

15 Make-Or-Break Ways Your Self Esteem Affects Your Relationship. https://www.yourtango.com/experts/yourtango-experts/15-ways-your-self-esteem-can-make-or-break-your-relationship-expert Accessed on July 23.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 15/08/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x