Kurang PD, Akar Masalah Dalam Perjalanan Asmara Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa percaya diri itu dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, dalam hal yang positif tentunya. Sayangnya, kadang kita bisa saja merasa minder alias rendah diri. Hal ini diam-diam bisa menghambat banyak hal dalam hidup, termasuk hubungan asmara Anda dengan pasangan. Lebih jelasnya soal efek sikap kurang percaya diri pada perjalanan asmara Anda, simak di bawah ini.

Alasan kurang percaya diri bisa merusak perjalanan cinta Anda

hubungan tidak bahagia

Coba ingat-ingat kembali, apakah selama ini Anda sering bertengkar dengan pasangan hanya karena hal-hal sepele, tidak penting, bahkan yang sebenarnya masih bisa dibicarakan baik-baik? Jika ya, ini bisa saja didasari oleh kurangnya rasa percaya diri, entah itu dalam diri Anda ataupun pasangan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana bisa kepercayaan diri memengaruhi suatu hubungan? Begini, saat sedang diselimuti dengan perasaan tidak yakin terhadap diri sendiri, tanpa sadar ini akan memengaruhi sikap Anda pada pasangan.

Mulai dari mempertanyakan komitmen pasangan, gampang cemburu, tidak percaya kesetiaannya, hingga jadi sering menuduh pasangan. Anda juga mungkin takut kehilangan sosok kekasih, sehingga Anda jadi terlalu memuja-muja pasangan Anda secara tidak wajar. Lambat laun, sifat tersebut justru  bisa menjadi bumerang terhadap keharmonisan hubungan Anda berdua.

Singkatnya, sifat kurang percaya diri yang hadir dalam suatu hubungan bisa dengan mudah mengubah cara pandang Anda terhadap pasangan. Berawal dari sinilah Steven Graham, Ph.D. selaku dosen psikologi di New College of Florida bersama timnya tertarik untuk melakukan survei mengenai efek rasa percaya diri dalam suatu hubungan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology ini meminta lebih dari 500 orang pria dan wanita untuk mengisi kuesioner yang akan menilai tingkat kepercayaan diri mereka. Selain itu, para peneliti juga menanyakan bagaimana cara mereka menyikapi kelemahan sifat pasangan masing-masing.

Rasa minder bisa merampas kemesraan hubungan Anda

pasangan perfeksionis

Hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang kurang percaya diri tidak hanya akan selalu mengkritik kekurangan pasangannya. Di sisi lain, mereka juga selalu merasa insecure terhadap hubungan asmaranya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Heidi Riggio, Ph.D., seorang psikolog sekaligus asisten dosen psikologi di California State University, bahwa rendahnya rasa percaya diri yang kerap menghantui perasaan dan pikiran Anda sebetulnya berakar dari pikiran negatif yang Anda buat sendiri. Bukan dari sikap pasangan Anda.

Anda akan merasa tidak punya kelebihan sebagai seorang kekasih, takut kehilangan, bahkan mudah disulut emosi oleh hal-hal kecil.

Jika tidak segera dibenahi, bukan tidak mungkin kalau kondisi ini akan semakin membesar hingga akhirnya merusak perjalanan asmara Anda dengan pasangan.

Adakah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri?

pasangan berpegangan tangan

Rasa kurang percaya diri biasanya muncul dan tumbuh dengan sendirinya dalam diri Anda. Oleh karena itu, hanya Anda sendirilah yang bisa memperbaikinya dan bukan malah menuntut ini-itu dari pasangan.

Kunci yang paling utama adalah dengan membuang jauh-jauh pikiran negatif Anda. Sebab percuma saja Anda berusaha yakin terhadap pasangan dan hubungan asmara Anda, kalau di sisi lain Anda masih dihantui oleh berbagai pikiran negatif.

Sebaliknya, Anda bisa mulai memikirkan dan membicarakan pada diri sendiri tentang hal-hal positif yang mungkin terjadi nantinya. Anda juga bisa belajar dari pengalaman yang terdahulu, bahwa Anda punya berbagai kelebihan dan sifat positif yang bisa terus ditempa. Karena sadar atau tidak, lama-lama apa yang Anda pikirkan, entah itu baik atau buruk, bisa berubah menjadi sugesti yang kemudian memengaruhi tindakan Anda.

Jadi mulai sekarang, coba tanamkan rasa percaya diri yang lebih tinggi pada diri Anda demi kebahagiaan yang utuh dalam menjalin hubungan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Kunci Berdamai Dengan Diri Sendiri Demi Hati yang Tenang

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak selalu mudah. Temukan tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya di artikel Hello Sehat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Stres dan Depresi 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

7 Siasat Ini Bisa Jadi Senjata Anda untuk Membangun Kepercayaan Diri

Tidak semua orang punya kepercayaan diri yang tinggi. Lalu, bagaimana membangun kepercayaan diri agar bisa berhadapan dengan dunia luar?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Hal yang Harus Anda Tanyakan Pada Diri Sendiri Ketika Mulai Ragu Dengan Si Dia

Ketika Anda sudah cukup lama menjalani hubungan asmara, akan ada masanya di mana Anda mulai merasa ragu dengan pasangan. Normalkah merasa seperti itu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 22 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Crab Mentality, Sindrom Psikologis yang Menghambat Orang Lain untuk Sukses

Crab mentality adalah sindrom yang menginginkan orang lain tidak mencapai kesuksesan yang lebih besar dari diri sendiri. Ini penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 22 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

keuntungan jadi jomblo

7 Keuntungan Jadi Jomblo dari Sisi Psikologis

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
erotomania syndrome adalah

Apakah Anda Yakin Ditaksir Orang yang Anda Cintai? Bisa Jadi Itu Tanda Erotomania

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
hubungan tidak langgeng

4 Tanda Hubungan Asmara Tidak Langgeng dan Mungkin Segera Berakhir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
imposter syndrome

Merasa Tidak Pantas Meraih Sukses? Mungkin Anda Mengidap Sindrom Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andina Dewanty
Dipublikasikan tanggal: 4 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit