backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Cara Menghilangkan Rasa Kangen yang Sangat Mendalam

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

7 Cara Menghilangkan Rasa Kangen yang Sangat Mendalam

Dalam kehidupan, Anda mungkin dihinggapi rasa rindu yang mendalam, baik pada teman lama, keluarga, atau bahkan tempat-tempat yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Meski rasa kangen merupakan hal yang normal, perasaan ini dapat menjadi beban emosional bila Anda alami secara berlebihan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa kangen yang mengganggu ini?

Cara menghilangkan rasa kangen yang berlebihan

Ikatan emosional yang kuat antara Anda dengan pasangan, keluarga, atau teman dapat menimbulkan perasaan kangen begitu terjadi perpisahan.

Perpisahan bisa terjadi secara fisik, misalnya akibat long distance relationship (LDR) maupun secara emosional, seperti putusnya hubungan.

Selain itu, rasa rindu bisa pula timbul saat Anda mengingat kembali kenangan yang menyenangkan dan momen indah bersama orang terkasih. 

Semua orang pasti pernah merasakan rindu. Akan tetapi, kerinduan yang mendalam terkadang dapat menjadi beban emosional yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan rasa kangen yang dapat Anda lakukan.

1. Validasi emosi dalam diri

kecerdasan emosional terlalu tinggi

Perasaan rindu merupakan respons alami setiap orang terhadap perpisahan atau kehilangan.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa rindu pada seseorang yaitu dengan cara memvalidasi atau mengakui emosi ini dalam diri sendiri.

Jangan mencoba untuk memendam emosi ini. Mengabaikan emosi ini terus-menerus dapat memperburuk emosi negatif dan malah mempersulit Anda untuk mengatasinya.

2. Terapkan self-compassion

Menurut Stanford Medicine, self-compassion atau welas asih punya arti sebagai sikap terbuka terhadap aspek-aspek di dalam diri sendiri dan kehidupan yang tidak disukai.

Salah satu bentuk penyembuhan diri atau self-healing ini dapat membantu Anda belajar untuk mengekspresikan diri, mengenali kelebihan diri, dan membangun hubungan baru.

Self-compassion memiliki potensi sebagai obat yang efektif dalam mengatasi rasa kangen dan meningkatkan kembali kesejahteraan emosional.

3. Kenang kembali pengalaman positif

Untuk menghilangkan rasa rindu pada seseorang, coba lihat foto, dengarkan musik favorit, atau datangi kembali tempat yang pernah Anda kunjungi bersama.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Geriatrics and Gerontology (2022) meneliti manfaat terapi kenangan atau reminiscence therapy terhadap kesehatan mental lansia.

Diketahui bahwa mengenang kembali memori indah pada masa lalu dapat membantu meredakan rasa kesepian, mencegah depresi, hingga meningkatkan kesejahteraan hidup.

4. Hubungi orang yang dirindukan

ldr adalah

Salah satu cara sederhana untuk menghilangkan rasa kangen yakni dengan bertemu langsung dengan teman, pasangan, atau keluarga yang Anda rindukan.

Meski terpisah jarak yang jauh, Anda bisa menjaga hubungan saat LDR dengan menjadwalkan panggilan suara atau video.

Berbagi cerita, pengalaman, dan perasaan dengan orang yang dirindukan bisa membantu mengobati rindu serta memperbarui ikatan emosional yang sempat terputus.

6. Temukan rutinitas baru

Untuk mencegah isolasi sosial dan mengalihkan perhatian dari rasa kangen, coba lakukanlah rutinitas yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Contohnya, Anda dapat mencoba resep makanan baru, menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar Anda, atau bergabung dalam komunitas dengan minat yang sama.

Menyibukkan diri dengan aktivitas yang menyenangkan akan membantu Anda menumbuhkan pikiran positif dan menciptakan kenangan baru.

Bahaya kesepian dan isolasi sosial

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kesepian dan isolasi sosial dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti:
  • penyakit jantung dan stroke,
  • diabetes tipe 2,
  • depresi dan kecemasan,
  • kecanduan,
  • demensia, 
  • perilaku menyakiti diri sendiri dan pikiran bunuh diri, hingga
  • kematian dini.

5. Bangun dan perkuat support system

Agar emosi negatif tidak makin menghantui pikiran, cobalah untuk memperkuat sistem pendukung alias support system dari orang-orang yang berada di sekitar Anda.

Lewat interaksi sosial yang positif dengan orang-orang terdekat, Anda bisa mengalihkan pikiran dari rasa kangen dan memperoleh perspektif baru untuk melalui masa-masa sulit.

Dilansir dari laman University at Buffalo, keberadaan support system yang kuat juga membantu Anda untuk merasa lebih sehat dan sejahtera, baik secara fisik maupun mental.

7. Praktikkan mindfulness

Terkadang, rasa kangen atau rindu yang terlalu berlebihan bisa mengganggu dan memengaruhi kesehatan mental Anda.

Teknik relaksasi, seperti meditasi mindfulness, dipercaya sebagai salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa kangen yang mengganggu pikiran.

Dengan menjadi lebih sadar dan menerima emosi secara terbuka, mindfulness bisa membantu Anda dalam menenangkan pikiran dan meredakan perasaan yang berlebihan.

Rasa kangen merupakan bagian alami dari pengalaman manusia. Karena perasaan ini tidak bisa dihindari, Anda tentu harus meluapkannya dengan cara positif.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk menghilangkan rasa kangen dengan cara di atas, cobalah meminta bantuan dari konselor atau psikolog.

Keduanya bisa membantu Anda menemukan mekanisme koping yang tepat untuk menghadapi perpisahan dan perasaan kehilangan yang sedang Anda alami.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan