Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Meski Sulit, Menjalin Hubungan LDR Ternyata Ada Manfaatnya

Meski Sulit, Menjalin Hubungan LDR Ternyata Ada Manfaatnya

Menjalani hubungan yang terpisah jarak atau long distance relationship (LDR) tentu jadi suatu tantangan tersendiri. Terlepas dari konflik yang rentan terjadi, ternyata ada beberapa manfaat dari hubungan LDR. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Mengenal long distance relationship (LDR)

cara meyakinkan pasangan ldr

LDR adalah singkatan dari long distance relationship. Sebuah hubungan dianggap LDR ketika peluang komunikasi secara langsung dibatasi karena jarak yang terpisah jauh.

Istilah LDR kian umum didengar saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi, termasuk aplikasi kencan online. Anda bisa menemukan pasangan kapan dan di mana saja tanpa khawatir akan keterbatasan jarak.

Semakin canggihnya teknologi juga membuat Anda dan pasangan bisa melepas rindu melalui pesan teks atau video call meski terpisah jarak ribuan kilometer.

Long distance relationship tidak hanya dilakukan oleh mereka yang pacaran. Pasangan suami istri juga sering mengalaminya, misalnya akibat urusan studi maupun pekerjaan.

Kunci penting dalam menjalani LDR

harus ldr

Nah, untuk mempertahankan LDR agar tetap langgeng, beberapa kunci penting yang sebaiknya Anda dan pasangan perhatikan adalah sebagai berikut.

Kepercayaan

Hubungan jarak jauh akan bertahan bila kedua belah pihak saling mempunyai rasa percaya.

Kurangnya kepercayaan sering kali terjadi karena adanya ketakutan bahwa pasangan dekat dengan orang lain. Ini bisa memicu kecemburuan, kecurigaan, hingga sifat overprotektif terhadap pasangan.

Komitmen

Godaan selingkuh mungkin dirasakan bagi pribadi yang tidak berkomitmen dalam sebuah hubungan.

Oleh sebab itu, Anda dan pasangan harus membicarakan komitmen secara lebih dalam untuk menjaga dan bahkan membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Kemandirian

Dengan long distance relationship, tentu akan sulit jika Anda bergantung satu sama lain untuk memperoleh kebahagiaan dalam hubungan asmara.

Meski dapat berkomunikasi secara virtual, kemandirian bisa sangat membantu kedua belah pihak saat menjalani hubungan yang terpisah jarak dalam jangka panjang.

Organisasi

Kemampuan organisasi yang baik, seperti dalam mengatur waktu, tenaga, dan uang akan sangat diperlukan.

Hal ini bisa membantu Anda dan pasangan mengatur jadwal masing-masing demi mencari waktu yang tepat untuk saling bertemu.

Berbagai manfaat yang diperoleh dari menjalani LDR

manfaat me time

Sebelum menjalaninya, banyak orang mengganggap long distance relationship alias LDR adalah suatu hubungan yang terbilang cukup sulit untuk dijalani.

Meski benar demikian, kenyataannya LDR memiliki beberapa manfaat dan fungsi penting, baik untuk hubungan maupun pengembangan diri Anda dan pasangan.

Berikut ini merupakan sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari hubungan jarak jauh.

1. Memberikan kesempatan untuk berkembang

Pasangan yang tidak menjalani LDR cenderung sering melakukan hal-hal romantis bersama, mulai dari makan, menonton film, atau hal lainnya yang membuat satu sama lain senantiasa merasakan cinta.

Dalam sebagian kasus, kedekatan ini bisa membuat Anda dan pasangan tidak punya banyak waktu untuk mengembangkan diri. Pasalnya, hal ini kemungkinan bisa membuat Anda atau pasangan merasa ketergantungan.

Sementara itu, bila Anda berada dalam hubungan LDR, tentu saja mau tidak mau Anda harus melakukan semuanya secara mandiri tanpa campur tangan pasangan.

Waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk pacaran bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti mengejar karier atau melanjutkan hobi yang tertunda.

Manfaat yang bisa Anda peroleh dari LDR ini memang tidak terlalu berfokus pada hubungan. Akan tetapi, setidaknya Anda bisa meningkatkan kualitas diri sendiri dan tidak menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan pasangan.

2. Menghargai waktu yang dihabiskan bersama

liburan bersama pasangan

Bagi orang yang menjalani hubungan jarak jauh, waktu yang dihabiskan bersama-sama adalah sebuah momen yang harus dipergunakan secara maksimal.

Melepas rindu dan berbagi cerita saat jarak memisahkan tentu menjadi hal langka yang kerap sulit dilakukan karena kesibukan masing-masing.

Oleh karena itu, salah satu fungsi LDR ialah membuat Anda bisa lebih menghargai waktu.

Bahkan, sebuah artikel berjudul Intimacy, Distance Relationships and Emotional Care (2010) menyebutkan manfaat dari hubungan jarak jauh justru memperkuat kedekatan emosional.

Mendekati waktu bertemu, Anda dan pasangan bisa saling membayangkan dan merencanakan hal apa yang akan dilakukan. Hal-hal seperti inilah yang secara tidak langsung mendekatkan Anda dan pasangan secara emosional.

Terpisahnya jarak antara Anda dan pasangan tentu mengajarkan bahwa waktu merupakan hal mahal yang harus dipergunakan sebaik-baiknya. Quality time dengan pasangan pun jadi lebih bermakna.

3. Hubungan jauh lebih kuat

LDR ternyata juga bisa meningkatkan rasa optimistis dalam hubungan. Pasangan yang menjalani hubungan LDR biasanya cukup optimistis bahwa mereka akan sampai di titik yang lebih serius.

Hal ini karena pribadi Anda dan pasangan yang merasa mampu melewati berbagai rintangan yang mungkin datang selama berhubungan jarak jauh.

Sebuah studi dalam jurnal Emerging Adulthood (2017) menunjukkan bahwa perasaan cemburu dan marah cenderung lebih ekstrem pada orang yang menjalani LDR. Satu-satunya cara untuk meredamnya ialah dengan membangun komitmen.

Komitmen dengan pasangan yang dibangun sejak awal cukup menjadi alasan untuk optimistis menjalani hubungan ini. Bentuk komitmen bisa berupa bertunangan atau menikah bila selesai menjalani LDR.

Manfaat hubungan jarak jauh alias LDR bisa diperoleh bila Anda dan pasangan benar-benar memperjuangkan hubungan ini. Jadi, tak hanya satu orang yang menjalani komitmennya.

Memang, pada akhirnya tidak sedikit pasangan yang berhenti di tengah jalan. Namun, masih ada banyak dari mereka yang merasakan pengorbanan selama ini membuahkan hasil.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Long Distance Relationships. Pennsylvania State University. (2022). Retrieved 18 July 2022, from https://behrend.psu.edu/student-life/student-services/personal-counseling/student-resources/long-distance-relationships

Patrick, W. (2019). The Advantages of Long-Distance Relationships. Psychology Today. Retrieved 18 July 2022, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/why-bad-looks-good/201903/the-advantages-long-distance-relationships

Cruz, A. (2020). TThe Benefits of the Long-Distance Relationship By: Angelina Cruz. PsychAlive. Retrieved 18 July 2022, from https://www.psychalive.org/the-positives-behind-the-long-distance-relationship-by-angelina-cruz/

Krapf, S. (2017). Moving in or Breaking Up? The Role of Distance in the Development of Romantic Relationships. European Journal Of Population, 34(3), 313-336. https://doi.org/10.1007/s10680-017-9428-2

Waterman, E., Wesche, R., Leavitt, C., Jones, D., & Lefkowitz, E. (2017). Long-Distance Dating Relationships, Relationship Dissolution, and College Adjustment. Emerging Adulthood, 5(4), 268-279. https://doi.org/10.1177/2167696817704118

Holmes, M. (2010). Intimacy, Distance Relationships and Emotional Care. Recherches Sociologiques Et Anthropologiques, 41(1), 105-123. https://doi.org/10.4000/rsa.191

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 7 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.