Tips Langgeng LDR agar Makin Awet dengan Pasangan

Tips Langgeng LDR agar Makin Awet dengan Pasangan

Bagi pasangan jarak jauh, tips hubungan langgeng LDR menjadi salah satu hal yang selalu dicari. Pasalnya, banyak hubungan yang kandas karena dianggap sudah tidak lagi seindah dulu.

Anda yang biasanya bisa langsung bertatap muka dan minta peluk ketika kangen kini harus rela menelan pahit karena hanya memandangi layar gawai untuk berkomunikasi.

Nah, agar hubungan tetap romantis dan tidak pudar oleh jarak, penting bagi pasangan untuk menerapkan berbagai tips LDR.

Tips agar hubungan LDR tidak membosankan

menonton film bersama merupakan salah satu tips hubungan langgeng LDR

Tidak mudah memang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR, tapi bukan berarti tidak mungkin. Masalah yang paling sering dialami oleh pasangan LDR adalah rasa bosan dan tidak yakin (insecure).

Kenyataannya, kedua emosi negatif tersebut juga pasti pernah dialami oleh setiap pasangan yang saling berdekatan.

Apabila Anda mulai merasa bosan, beberapa tips LDR berikut bisa dicoba agar hubungan tetap awet.

1. Coba cara komunikasi yang baru

Menjaga komunikasi dengan pasangan merupakan kunci utama dan paling penting dalam menjalin hubungan, apalagi LDR. Selama masih ada internet, jalur komunikasi bukanlah halangan.

Agar tidak bosan, cobalah cari cara lain yang lebih menyenangkan untuk bertukar pesan. Misalnya, jika selama ini Anda berkomunikasi sepanjang waktu dengan pasangan, cobalah kurangi menjadi beberapa kali sehari saja.

Coba kirimkan pesan untuk sekadar memberi kabar pada pasangan. Baru kemudian pada malam hari, Anda bisa video call atau menelepon pasangan untuk saling bertukar cerita.

Cara unik lainnya yaitu dengan berkirim surat layaknya sahabat pena zaman dulu. Surat memang sampai lebih lama di tempat tujuan, tapi tidak ada yang mengalahkan sensasi deg-degan selama menunggu dan ketika surat tercinta itu akhirnya datang.

Belum lagi jika Anda sertakan cendera mata unik yang bisa mengingatkan dirinya pada Anda.

2. Jujur dengan pasangan

Tips lainnya yang juga penting untuk menjaga hubungan tetap langgeng ialah bersikap jujur. Cobalah mengatakan apa yang Anda rasakan selama menjalani hubungan jarak jauh, terutama saat hubungan terasa goyah.

Ceritakan apa pun yang membuat Anda bahagia selama menjalani LDR bersamanya sampai yang mengganggu perasaan Anda, termasuk rasa bosan dan rasa cemburu yang tidak jelas penyebabnya.

Jelaskan apa yang Anda rasakan dengan jujur dan terbuka sehingga Anda bisa mencari solusinya bersama.

3. Meski LDR, coba hal baru dengan pasangan

LDR bukan penghalang untuk melakukan banyak hal bersama pasangan. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain menonton film yang sama, membaca buku yang sama, mendiskusikan berita yang sedang populer, olahraga bersama, hingga seks lewat video call.

Dengan demikian, hubungan jarak jauh Anda dan pasangan tetap menyenangkan dan jauh dari kata bosan, seperti layaknya pasangan yang selalu berdekatan.

4. Ceritakan hari Anda

ide quality time bersama pasangan

Untuk membuat hubungan LDR tetap langgeng, tips selanjutnya adalah cobalah menceritakan hari Anda kepada pasangan. Ceritakan hal-hal paling lucu, paling remeh, hingga yang paling menyebalkan.

Bercerita melaui video call tentu akan terasa lebih menarik. Bertatap muka, meskipun hanya melalui layar gadget, bisa mengobati rasa rindu dan membangkitkan suasana hati Anda.

5. Berikan kejutan

Mengutip laman Stanford Medicine, disebutkan bahwa pasangan LDR cenderung lebih dekat ketimbang pasangan yang bertemu langsung. Selain itu, mereka juga lebih memilih berbagi pikiran dan perasaan yang bermakna.

Untuk menambah warna dalam hubungan, Anda bisa mencoba memberikan kejutan ke pasangan sesekali. Dengan memberi kejutan, pasangan akan semakin merasa diperhatikan.

Tidak perlu memberikan kejutan seperti kado mewah. Anda bisa melakukan hal-hal sederhana, misalnya memesankan makanan ketika pasangan sedang sibuk bekerja.

6. Rencanakan untuk bertemu

Tips LDR paling ampuh agar hubungan tetap romantis adalah sebuah pertemuan. Jika memang jarak Anda dan pasangan hanya berbeda kota, kunjungilah pasangan walau hanya sebentar.

Tidak perlu memastikan berapa lama waktu Anda dan pasangan harus bertemu, tetapi yang penting adalah momen pertemuannya.

Selain itu, Anda juga bisa merencakan untuk bertemu di tempat terdekat dari Anda dan pasangan.

Rencanakan kegiatan apa yang akan Anda lakukan berdua saat bertemu nanti. Dengan begini, Anda akan termotivasi untuk menjalani hubungan jarak jauh ini.

Hindari ini agar hubungan awet saat LDR

Curiga berlebihan bisa merusak hubungan LDR

Selain menerapkan tips hubungan langgeng LDR, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama menjalani hubungan jarak jauh. Inilah sejumlah tindakan yang perlu Anda hindari agar hubungan tetap awet.

Curiga secara berlebihan

Saling percaya merupakan salah satu kunci agar hubungan LDR dapat berlangsung panjang. Hindari menaruh rasa curiga yang berlebihan karena ini dapat merusak hubungan.

Misal, ketika sikap pasangan tiba-tiba berbeda, jangan terburu-buru menuduhnya berselingkuh. Apabila Anda mencurigai suatu hal, cobalah untuk mendiskusikannya dengan pasangan.

Menyembunyikan perasaan

Ketika ada konflik, banyak pasangan LDR yang memilih diam karena tidak ingin hal tersebut menjadi masalah. Beberapa dari mereka lebih suka menghindari diskusi karena takut memicu perdebatan yang bisa membuat situasi menjadi runyam.

Padahal, diam saat ada konflik hanya akan memperburuk keadaan dan berpotensi mengakibatkan kesalahpahaman. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk berdiskusi dengan pasangan saat menghadapi konfilik agar masalah cepat selesai.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Tips to Make a Long-Distance Relationship Work. (2022). Retrieved 19 July 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/friendship-20/201806/10-tips-make-long-distance-relationship-work

McKay, L. (2019). 15 Long Distance Relationship Problems (And How To Fix Them). Retrieved 19 July 2022, from https://www.modernlovelongdistance.com/long-distance-relationship-problems/

How These 10 Long Distance Couples Manage to Keep the Romance Alive Every Day. (2022). Retrieved 19 July 2022, from https://www.rd.com/list/long-distance-relationship-advice/

25 Best Tips on Making a Long Distance Relationship Work. (2022). Retrieved 19 July 2022, from https://www.healthline.com/health/long-distance-relationships

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Bayu Galih Permana Diperbarui Aug 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.