3 Alasan yang Sering Membuat Anda Sulit Ungkapkan Cinta

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hidup tidak lengkap kalau tidak merasakan bingung, susah, senang, dan leganya hati saat mengungkapkan cinta. Tapi sayang, tidak semua orang bisa mengungkapkan perasaan mereka dengan mudah atau menyatakannya secara gamblang. Beda orang, beda tingkat keberanian, dan beda pula alasannya sulit mengungkapkan cinta.

Mengekspresikan perasaan sebetulnya tidak salah dan akan berakhir baik-baik saja, kok, apa pun hasilnya. Namun, Anda harus mengetahui situasi, kondisi, tujuan, dan risiko yang akan diterima nantinya. Sebelum beraksi untuk mengungkapkan cinta, ada baiknya Anda mengetahui alasan apa saja yang membuat diri jadi enggan mengungkapkan perasaan seperti yang dikutip dari PsychCentral pada penjelasan di bawah ini.   

Alasan kenapa orang sulit mengungkapkan cinta

1. Takut menghadapi konflik

Memang, segala perkataan yang keluar dari mulut bisa menimbulkan konflik yang terjadi antara Anda dengan orang yang dituju. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang dihindari para pengungkap cinta.

Misalnya kalau ternyata orang yang Anda sukai adalah sahabat Anda sendiri, sehingga Anda takut kalau nanti hubungan Anda berdua malah jadi canggung.

Bahkan masih banyak juga pasangan suami istri yang masih enggan mengungkapkan cintanya. Bisa jadi ini karena Anda tahu cinta bukan sekadar rayuan gombal. Cinta adalah sebuah tanggung jawab besar yang konsekuensinya besar juga. Jadi, Anda mungkin takut mengungkapkan cinta karena takut akan konflik yang mungkin muncul. Misalnya takut dikecewakan pasangan atau takut Anda dituntut untuk berkorban lebih banyak lagi demi cinta.

Daripada memendam rasa terlalu lama akibat sulit mengungkapkan cinta, ada baiknya Anda mengatakan hal-hal yang sederhana, namun berarti pada orang tersebut. Contohnya, seperti mengatakan kalau kehadiran orang tersebut sangat berarti di hidup Anda. Ungkapan tersebut bisa menjadi kalimat yang tepat untuk menjembatani perasaan cinta Anda.

2. Takut ditolak

Sebelum berpikiran untuk mengungkapkan cinta, ada baiknya Anda mengetahui maksud hati sendiri terlebih dahulu. Apa tujuan Anda mengungkap cinta? Untuk menjalin hubungan atau sekedar mengatakan saja?

Jika Anda takut adanya penolakan untuk menjalin hubungan, harusnya Anda juga sudah harus mempersiapkan diri lagi kalau nanti ditolak atau bahkan diterima. Sedangkan jika tujuan Anda hanyalah sekadar mengungkapkan, Anda tidak perlu khawatir ditolak, karena tujuan Anda hanya mengungkapkan cinta, kan? Bukan untuk meminta timbal balik perasaannya.

Lagipula, kalau pun Anda ditolak, Anda seharusnya bisa menjadikannya sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga meski terasa pahit. Bahkan, justru dengan ditolak Anda pun akhirnya bisa lega dan mulai melupakan dirinya. Move on dengan hidup baru Anda. Tanpa mengungkapkan perasaan, Anda akan terus-terusan dihantui dan terjebak dengan orang itu tanpa masa depan yang jelas.

3. Anda secara tidak langsung sudah mengungkapkan rasa cinta lewat tindakan

Meski bibir sulit mengucap, namun masih ada raga yang bisa menggambarkan sejuta rasa. Tanpa Anda sadari, mungkin tindakan dan perilaku sehari-hari Anda sudah mencerminkan perasaan pada orang yang Anda cintai. Anda hanya butuh sedikit keberanian dan latihan untuk mengungkapkan cinta yang dirasa.

Lalu, bagaimana sebaiknya mengungkapkan cinta?

Cara yang terbaik untuk mengungkapkan isi hati adalah dengan menggunakan cara Anda sendiri. Tergantung bagaimana hasrat dan persepsi apa yang Anda ingin bangun. Cobalah untuk memberikan perhatian-perhatian kecil seperti memberi makanan atau sesuatu yang ia suka.

Buat dan cari waktu berdua, lakukan hal yang menyenangkan seperti menonton film komedi maupun romantis bersama. Dengan demikian tanpa adanya kata cinta, perasaan cinta itu bisa terungkap, kok. Jangan lupakan juga kontak mata antar Anda dengan orang yang dituju, guna menggambarkan rasa dan asa yang terpancar dari perasaan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Kandungan dalam berbagai produk pembersih rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana cara memilih dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit