home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tanda dan Ciri Pasangan Sudah Tidak Lagi Mencintai Anda

5 Tanda dan Ciri Pasangan Sudah Tidak Lagi Mencintai Anda

Saat jatuh cinta, akan muncul perasaan senang, bahagia, dan tentunya ingin terus selalu bermesraan dengan pasangan. Namun, perasaan cinta tersebut juga bisa saja hilang dan muncul keinginan untuk mengakhiri hubungan. Tidak semua orang mengungkapkan keinginannya untuk berpisah sehingga mereka lebih menunjukkan perasaan tidak mencintai pasangan melalui sikapnya. Apa yang ditunjukkan pasangan bila sudah tidak mencintai Anda? Cari tahu jawabnnya dalam ulasan berikut ini.

Cara pasangan menunjukkan perasaan tidak mencintai

Anda pasti menyadari setiap perubahan yang terjadi pada pasangan Anda dalam menjalin hubungan. Namun, sering kali Anda mengabaikannya. Perubahan yang terjadi dalam hubungan haruslah menjadi pertimbangan; apakah mengarah ke hubungan yang lebih baik atau sebaliknya.

Berikut perubahan pada sikap pasangan yang ditunjukkan ketika ia mulai tidak mencintai Anda, menurut Stephen J. Betchen, D.S.W, seorang penulis buku sekaligus konsultan hubungan, dilansir dari Psychology of Today.

1. Mulai bersikap masa bodoh

Pasangan yang saling mencintai memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu bersama dengan orang yang dicintai. Mereka pasti ingin menyenangkan perasaan satu sama lain. Namun, bila ada perubahan dalam hal ini, mungkin ini bisa jadi pertanda. Misalnya, pasangan mulai menarik diri untuk tidak terlibat dengan kegiatan Anda dan bersikap tidak peduli.

Cobalah pikirkan kembali, adakah alasan lain yang memang menyebabkan perubahan pada pasangan Anda, umumnya ini biasa terjadi saat pasangan sedang disibukkan dengan pekerjaan sehingga waktu yang biasanya dihabiskan bersama Anda menjadi berkurang.

2. Menjaga jarak

Biasanya, Anda akan sangat nyaman berada di dekat orang yang Anda sayangi dan ingin terus bersamanya. Bahkan, sebisa mungkin menyempatkan diri untuk bertemu atau sekadar menyapa lewat telepon di sela-sela waktu yang sibuk.

Nah, jika Anda mulai merasa nyaman berjauhan dengannya, bahkan mencari-cari alasan untuk tidak berhubungan, bisa jadi ini tanda jika Anda sudah tidak mencintai pasangan lagi.

3. Kontak fisik berkurang

Bila Anda sudah menghindar berkontak fisik dengan si dia, coba pikirkan lagi dan rasakan apakah rasa cinta itu masih ada atau tidak. Pasalnya, melakukan kontak fisik seperti, berpegangan tangan dan membelai rambut bisa meningkatkan keintiman dan kedekatan dalam hubungan asmara.

Bila Anda menyadari bahwa pasangan sudah tidak lagi melakukan kontak fisik yang biasanya ia lakukan di setiap pertemuan atau menolak untuk merespons tindakan yang Anda lakukan, mungkin ada sesuatu yang terjadi padanya.

4. Mulai tidak perhatian

Jika masih saling mencintai, Anda dan pasangan pasti tidak sungkan untuk memberikan perhatian satu sama lain. Namun bila rasa itu telah hilang, Anda akan mulai perlahan-lahan tidak peduli dengannya.

Entah itu dimulai dari tidak menanyakan kabar, tidak menjawab atau mengalihkan pertanyaannya. Ini bisa jadi tanda kecil dari hilangnya rasa sayang Anda terhadapnya.

5. Tidak menghargai Anda

Awalnya Anda dan pasangan saling menghormati privasi, keinginan, dan juga pendapat satu sama lain. Namun, pasangan mulai menunjukkan keegoisannya dengan memikirkan diri sendiri dan tidak menghargai apa yang Anda mau. Tentu hal ini bisa menimbulkan perdebatan dan pertengkaran di antara Anda dan pasangan.

Semua perubahan yang terjadi pada pasangan, pasti menimbulkan seribu pertanyaan dalam benak Anda. Sudah saatnya Anda dan pasangan mulai membicarakan apa yang menjadi masalah dan mencari solusi bersama.

Mungkin akan muncul pertengkaran dan ini wajar bila terjadi. Tapi, alangkah baiknya jika Anda dan pasangan membicarakan bagaimana kelanjutan hubungan Anda dengan kepala dingin. Semuanya keputusan ada di tangan Anda, apakah Anda ingin terus melanjutkan hubungan atau memutuskan untuk berpisah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

6 Ways to Tell If You Are Not in Love With Your Partner. https://www.psychologytoday.com/us/blog/magnetic-partners/201803/6-ways-tell-if-you-are-not-in-love-your-partner. Diakses pada 11 April 2018.

I Love You but I Am Not in Love With You: 5 Signs You Could Be Headed for Splitsville. https://www.huffingtonpost.com/sherrie-campbell-phd/5-signs-you-could-be-headed-for-splitsville_b_5954944.html. Diakses pada 11 April 2018.

I Love My Partner, But Im not In Love Anymore. https://www.independent.co.uk/life-style/love-sex/i-love-partner-but-i-m-not-in-love-anymore-a6674046.html. Diakses pada 11 April 2018.

Why You Don’t Need To Say ‘I Don’t Love You Anymore’. https://www.huffingtonpost.com/jenny-kanevsky/why-you-dont-need-to-say-_b_6822910.html. Diakses pada 11 April 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 22/11/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x