home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sentuhan Fisik Alias Skinship dengan Pasangan Bisa Bikin Hubungan Lebih Awet

Sentuhan Fisik Alias Skinship dengan Pasangan Bisa Bikin Hubungan Lebih Awet

Tahukah Anda bahwa skinship atau sentuhan fisik dengan pasangan ternyata penting di dalam hubungan? Mulai dari berpegangan tangan, berpelukan, atau sekedar merangkul lengannya saat berjalan bisa menjadi momen yang bermakna. Nah, kira-kira, apa saja manfaat sentuhan fisik alias skinship dengan pasangan?

Sentuhan fisik (skinship) menambah keintiman

pasangan perfeksionis

Skinship merujuk pada istilah populer Korea yang berarti skin-to-skin relationship, alias banyaknya kontak fisik yang dilakukan pada seseorang.

Seperti dilansir dari Psychology Today, pada kondisi tertentu, kontak fisik terasa lebih akrab dibandingkan ucapan emosional.

Orang yang menerima atau memberi aspek tersebut merasa bahwa kasih sayang yang diungkapkan secara fisik membuat mereka terlihat penting.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa sentuhan fisik (skinship) yang sering dilakukan dalam sebuah hubungan membuat pasangan jarang bertengkar dan bertahan lebih lama. Akan tetapi, kebiasaan ini harus berlangsung secara dua arah.

Jika hanya Anda yang senang menyentuh, tetapi pasangan enggan melakukannya, bukan tidak mungkin hal ini dapat memicu pertengkaran.

Oleh karena itu, cobalah untuk menanyakan terlebih dahulu kepada pasangan Anda apa mereka merupakan tipe orang yang nyaman dengan kontak fisik atau tidak.

Manfaat sentuhan fisik (skinship) dengan pasangan

Penelitian membuktikan bahwa salah satu manfaat dari melakukan skinship alias sentuhan fisik adalah munculnya perasaan lebih dimengerti. Tak hanya itu, kesehatan jiwa orang tersebut juga terjaga.

Terlebih lagi, mereka juga merasa bahwa dirinya diterima dalam hubungan ketika sering melakukan sentuhan fisik (skinship).

Oleh karena itu, sentuhan fisik sangat berguna terutama ketika Anda menjalin hubungan asmara dengan seseorang. Ini dia beberapa keistimewaan dari kontak fisik yang bisa Anda peroleh.

1. Melepaskan hormon oksitosin

masalah kejiwaan

Tahukah Anda bahwa saat Anda berpelukan atau menggandeng pasangan, terdapat hormon baik yang diproduksi oleh tubuh Anda? Hormon itu adalah oksitosin.

Oksitosin merupakan hormon yang dapat memengaruhi suasana hati Anda menjadi lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

Hormon ini biasanya meningkat ketika Anda berhubungan intim dan mencapai orgasme. Maka itu, setelah orang mengalami orgasme biasanya mereka memiliki keadaan emosi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Nah, tak hanya dari berhubungan seks, hormon ini juga bisa dilepaskan dengan melakukan sentuhan fisik kepada pasangan.

Walaupun hanya sentuhan fisik di bahu atau lengan, hal tersebut ternyata membawa manfaat dalam membuat suasana hati pasangan menjadi lebih baik.

2. Menurunkan tekanan darah

penyebab sulit hamil

Bayangkan ketika Anda sedang stres karena pekerjaan, lalu pasangan Anda menyemangati hanya dengan menggenggam tangan atau memijat bahu Anda.

Hal tersebut ternyata bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi hormon stres Anda, seperti yang diungkapkan oleh Tiffany Field, PhD pada Healthline.

Salah satu manfaat sentuhan fisik (skinship) dengan pasangan adalah menunjukkan perhatian Anda.

Selain melontarkan ucapan penyemangat, Anda juga bisa menunjukkan kasih sayang kepada pasangan yang sedang pusing dengan memeluknya.

Selain sehat untuk Anda berdua, hal ini juga bisa membuat pasangan semakin yakin bahwa Anda memang mencintainya.

3. Terlihat dapat dipercaya

pasangan beda usia jauh

Sebuah hubungan yang sehat didasari dengan kepercayaan. Jika pasangan tidak memercayai Anda, akan sulit untuk membangun hubungan yang bertahan lama.

Salah satu manfaat melakukan sentuhan fisik (skinship) dengan pasangan juga bisa membuat rasa percaya lebih kuat lagi.

Misalnya, Anda sangat jarang atau bahkan tidak pernah melakukan sentuhan fisik dengan pasangan. Tentu saja, hal tersebut bisa menimbulkan pertanyaan di benak pasangan Anda.

Apakah Anda malu atau memang begitu sikap Anda? Pertanyaan tersebut bisa berujung kepada ketidakpercayaan bahwa Anda memang mencintainya.

Oleh karena itu, usahakan untuk menunjukkan rasa sayang Anda meskipun hanya dengan bergandengan tangan. Jika memang Anda tidak terbiasa, cobalah untuk mendiskusikannya dengan pasangan. Apakah dia merasa hal tersebut perlu dilakukan atau tidak.

4. Memperkuat hubungan

cerita soal mantan

Salah satu manfaat dari sentuhan fisik (skinship) dengan pasangan adalah memperkuat hubungan di antara Anda berdua.

Itu sebabnya, selain ucapan verbal, cobalah lebih rutin lagi melakukan skinship untuk menunjukkan kasih sayang.

Sentuhan fisik alias skinship memang penting untuk memperkuat sebuah hubungan. Tak hanya itu, melakukan kontak fisik juga dapat menyehatkan tubuh serta jiwa Anda.

Setelah melihat berbagai manfaat melakukan sentuhan fisik dengan pasangan, apakah Anda tergerak untuk melakukannya lebih sering?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Field T. Touch for socioemotional and physical well-being: A review. Developmental Review. 2010;30(4):367-383. doi:10.1016/j.dr.2011.01.001

Seven Reasons to be More Physically Affectionate https://www.psychologytoday.com/us/blog/affectionado/201309/seven-reasons-be-more-physically-affectionate accessed June 20, 2019.

The Often-Overlooked Importance of Physical Intimacy https://www.family-institute.org/behavioral-health-resources/magic-touch accessed June 20, 2019.

How touching your partner can make both of you healthier https://www.healthline.com/health-news/how-touching-your-partner-can-make-both-of-you-healthier#1 accessed June 20, 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 09/05/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x