backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Rekomendasi Merek Kopi yang Aman untuk Ibu Hamil

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 13/11/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Merek Kopi yang Aman untuk Ibu Hamil

Untuk Anda terbiasa minum secangkir kopi setiap pagi, mungkin kebiasaan ini sulit dihilangkan selama kehamilan. Apabila Anda khawatir minum kopi dapat berdampak buruk pada janin, berikut ini beberapa rekomendasi merek kopi yang aman untuk ibu hamil.

Cara kami memilih kopi yang aman untuk ibu hamil

minum kopi saat hamil

Kafein adalah kandungan utama dalam kopi. Asupan kafein yang berlebihan bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti keguguran dan berat badan lahir rendah.

Kebanyakan dokter tetap memperbolehkan ibu hamil minum kopi. Anda tetap boleh minum kopi saat hamil muda atau tua, asalkan tidak melewati batas yang disarankan.

Dikutip dari American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi lebih dari 200 miligram (mg) kafein atau setara dua cangkir kopi per hari.

Apabila Anda telah mengonsumsi sumber kafein lain, misalnya cokelat, teh, atau obat pereda nyeri, asupan kopi pada hari tersebut perlu dikurangi.

Selain membatasi asupannya, berikut ini adalah sejumlah tips yang harus Anda perhatikan saat memilih kopi yang aman untuk bumil.

  • Pilih kopi decaf. Jenis kopi ini memiliki kandungan kafein kurang dari 2%. Kopi decaf kebanyakan berasal dari biji kopi arabika yang juga rendah kafein.
  • Pertimbangkan kopi dark roast. Jenis kopi ini melalui pemanggangan yang mencapai suhu 240–250℃. Panas yang tinggi ini dapat mengurangi kandungan kafein dalam kopi.
  • Hanya konsumsi kopi hitam. Hindari kopi dengan tambahan gula atau krimer, terlebih bila Anda mengidap gula darah tinggi saat hamil. Lebih baik untuk menambahkannya sendiri sesuai anjuran dokter.

Dalam memilih merek kopi yang aman untuk ibu hamil, kami juga telah melakukan riset dengan membaca ulasan pembeli pada situs-situs e-commerce di Indonesia.

Kami juga memastikan bahwa produk ini telah mempunyai izin edar dari Badan POM dan Dinas Kesehatan sehingga aman untuk Anda konsumsi.

10 rekomendasi merek kopi yang aman untuk ibu hamil

Apabila Anda telah memahami takaran kopi yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi merk kopi yang aman untuk ibu hamil yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Excelso Arabica Gold

Excelso Arabica Gold terbuat dari 100% campuran biji kopi arabika. Kopi ini menawarkan kesegaran buah-buahan sitrus, aroma manis bunga, dan rempah-rempah.

Dibandingkan merek kopi lainnya, tingkat keasaman kopi Excelso ini cukup rendah sehingga cukup aman untuk Anda yang mengidap gangguan asam lambung saat hamil.

Kemasan Excelso memiliki teknologi Aroma Locked membantu mencegah masuknya udara ke dalam kemasan sehingga rasa dan kesegaran kopi tetap terjaga.

Nomor registrasi BPOM: MD 868713178005

2. Arutala Colombia Huila Decaf

Arutala Colombia Huila Decaf berasal dari 100% biji kopi arabika varietas Castillo yang sudah melewati proses pengolahan kopi decaf terbaik di Kolombia.

Pengolahan alami dengan ethyl acetate (EA) yang terbuat dari fermentasi tebu ini mengurangi kadar kafein dalam biji kopi hingga 97 persen.

Dengan kadar kafein lebih rendah, Anda tidak perlu khawatir akan risiko kelebihan kafein yang bisa menimbulkan komplikasi kehamilan.

Nomor izin UMKM: PIRT No. 5103671010408-26

3. Tanamera Coffee Drip Bag

Apabila Anda merasa ngantuk dan kurang fokus saat beraktivitas, cobalah membuat secangkir kopi dari Tanamera Coffee Drip Bag.

Salah satu varian produk dari Tanamera Coffee ini tersedia dalam kemasan drip bag yang akan memudahkan Anda dalam membuat kopi hanya dengan menambahkan air panas.

Walau lebih rendah kadar kafeinnya, kopi decaf ini mempunyai rasa yang kuat dengan sensasi bittersweet alias pahit dan manis yang khas.

Nomor registrasi BPOM: MD 073182000200236

4. JJ Royal Coffee Mandheling Arabica Ground

Untuk Anda pencinta kopi hitam, JJ Royal Coffee Mandheling Arabica Ground bisa menjadi salah satu pilihan merek kopi yang aman untuk ibu hamil.

Produk kopi JJ Royal hanya menggunakan 100% biji kopi arabika “Speciality Grade 1″. Biji kopi ini sendiri didapatkan langsung dari dataran tinggi Mandailing, Sumatera Utara.

Dengan biji kopi medium-dark roast, kopi giling halus ini menyumbang aroma yang kuat dengan sedikit rasa asam dan creamy saat Anda seduh dengan air panas.

Nomor registrasi BPOM: MD 668710044325

5. Caffé Molinari Miscela Di Caffé Macinato Decaffeinato

Apabila memerlukan sedikit “tendangan” dari kafein dalam secangkir kopi, Anda bisa mencoba Caffé Molinari Miscela Di Caffé Macinato Decaffeinato.

Produk kopi decaf asal Italia yang aman untuk bumil ini dihasilkan dari kombinasi 60% kopi arabika dan 40% kopi robusta.

Kopi berkualitas premium ini tersedia dalam kemasan kaleng yang kedap udara. Hal ini dapat mencegah hilangnya rasa dan aroma yang khas dari minuman kopi Anda.

Nomor registrasi BPOM: ML 568709003345

6. Xpresso Mood Delight Drip Coffee

Xpresso Mood Delight Drip Coffee adalah pilihan sempurna bagi ibu hamil yang ingin minum es kopi tanpa kafein.

Produk dari Xpresso ini mampu menghadirkan rasa yang khas dengan sentuhan ringan dari biji kopi berkualitas tinggi yang diolah dengan cermat.

Sesuai dengan namanya, produk kopi ini tersedia dalam bentuk drip bag yang praktis dan cepat untuk dibuat. Anda hanya perlu menambahkan es untuk membuat es kopi yang menyegarkan.

Nomor registrasi BPOM: MD 073182000700133

7. Nescafe Gold

Paduan biji kopi arabika dan robusta di dalam Nescafe Gold mampu menghasilkan kopi dengan aroma nikmat, rasa lembut, dan rendah kafein yang aman untuk ibu hamil.

Cukup dengan seduhan air panas, Anda dapat menikmati kopi tanpa ampas yang mengganggu.

Anda bisa menyajikan Nescafe Gold dalam kondisi panas atau dingin. Tambahkan gula, krimer, atau susu sesuai kebutuhan untuk meningkatkan cita rasanya.

Nomor registrasi BPOM: ML 168709129006

8. Tagetto Coffee Aceh Gayo

Tagetto Coffee Aceh Gayo adalah salah satu pilihan kopi hitam lokal terbaik yang dapat dicoba.

Meski diproduksi di industri rumah tangga, produk Tagetto Coffee ini mempunyai cita rasa serta aroma yang tidak kalah dibandingkan dengan kopi dari merek ternama.

Kopi ini terbuat dari 100% kopi arabika varietas Abyssinia dan Bourbon yang berasal dari Aceh. Dari karakteristiknya, kopi ini memiliki rasa yang kuat, sedikit asam, dan berempah.

Nomor izin UMKM: PIRT No. 5103276010720-26

9. Starbucks Caffé Verona Dark Roast

Apabila ingin merasakan sensasi ngopi di rumah seperti racikan barista di kedai kopi ternama, mungkin Anda bisa mencoba Starbucks Caffé Verona Dark Roast.

Kombinasi 100% biji kopi arabika dari Indonesia dan Amerika Latin ini diolah dengan teknik dark roast. Proses ini menciptakan kopi dengan rasa tajam dan lebih rendah kafein.

Tak hanya itu, produk kopi dari Starbucks ini juga mempunyai aroma cokelat hitam dan karamel, cocok untuk ibu hamil yang ingin minum segelas es kopi nikmat pada pagi hari.

Nomor registrasi BPOM: ML 040982003600115

10. Illy Decaffeinated Coffee

Illy Decaffeinated Coffee adalah salah satu rekomendasi merek kopi premium yang aman untuk ibu hamil. Illy sendiri dikenal sebagai brand kopi ternama asal Italia.

Produk kopi arabika ini ini dikemas dalam kaleng bebas udara dan bertekanan. Hal ini membantu yang menyegel aroma khas kopi supaya tidak cepat hilang.

Kopi yang digiling halus ini cocok dibuat espresso, baik dengan mesin atau manual, untuk dapat menghasilkan rasa yang tajam dan kuat.

Nomor registrasi BPOM: ML 070982000500581

Demikian beberapa rekomendasi merek kopi yang aman untuk ibu hamil. Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran dokter untuk mengetahui aturan minum kopi yang aman bagi Anda.

Jika Anda merasa susah tidur, mudah cemas, mual, dan sakit perut setelah minum kopi, ada baiknya untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman ini selama kehamilan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 13/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan