3 Alasan Ibu Hamil Harus Ekstra Memerhatikan Kebersihan Tubuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menjaga kebersihan diri memang wajib dilakukan oleh seluruh orang. Namun, ibu hamil ternyata harus ekstra memerhatikan hal ini, lho. Ya, menjaga kebersihan diri saat hamil baik untuk kesehatan ibu dan janin. Lalu, apa hubungan keduanya ya? Mengapa saat hamil harus ekstra jaga kebersihan tubuh?

Alasan saat hamil mesti jaga kebersihan

1. Ibu hamil lebih sering berkeringat

Nyatanya, saat masa kehamilan, ibu akan mengalami banyak perubahan hormon. Kondisi ini akan membuat suhu tubuh meningkat, meski cuaca sedang sejuk. Nah, ketika suhu meningkat, tubuh akan mengeluarkan keringat supaya suhu kembali normal.

Maka itu, ibu hamil cenderung memproduksi keringat yang lebih banyak. Jika tidak memerhatikan kebersihan, bukan tidak mungkin tubuh akan berbau kurang sedap.

2. Lebih sering alami keputihan

Ibu hamil biasanya sering mengalami keputihan dan itu sangat normal terjadi. Akan tetapi, keputihan tersebut dapat mengganggu karena dapat menimbulkan bau yang tak sedap. Bahkan jika area vagina tidak sering dibersihkan, rasa gatal dan rasa sakit akan muncul ketika buang air kecil.  Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan saat hamil.

3. Rentan terserang infeksi

Infeksi kuman penyakit biasanya disebabkan karena kontaminasi dari lingkungan yang tidak sehat. Nah, maka itu ibu hamil mesti lebih waspada jika melakukan aktivitas di luar ruangan dan selalu segera membersihkan diri saat sampai di rumah.

Pasalnya, penyakit infeksi bisa memengaruhi perkembangan ibu dan janin. Bila ibu mengalami infeksi saat hamil, pertumbuhan janin kemungkinan terhambat dan terganggu.

Tips menjaga kebersihan diri saat hamil

1. Biasakan mencuci tangan

Banyak virus yang sangat berisiko bagi kesehatan ibu dan janin yang dapat ditularkan melalui udara, air liur ataupun kontak langsung. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan air hangat dan sabun disinfektan atau antiseptik selama 20 detik. Menjaga kebersihan tangan sangat penting bagi semua orang terutama ibu hamil.

2. Menjaga kebersihan gigi

Pengaruh kebersihan gigi terhadap ibu hamil sangatlah besar karena meningkatnya hormon estrogen bisa picu pembengkakan gusi. Oleh karena itu, penting bagi wanita hamil untuk terus menjaga kebersihan mulut dan secara rutin mengunjungi dokter gigi untuk berkonsultasi. Kurangnya perhatian akan kebersihan gigi dapat menyebabkan penyakit periodental yang bisa mempengaruhi janin dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

3. Merawat organ intim (vagina)

Salah satu hal penting dalam merawat diri saat hamil adalah dengan memperhatikan bagaimana cara membersihkan vagina pada masa kehamilan. Beberapa jenis losion dan sabun dapat menimbulkan iritasi dan alergi yang dapat mempengaruhi janin.

4. Merawat payudara

Ukuran payudara wanita hamil akan membesar seiring dengan berjalannya waktu karena untuk persiapan menyusui. Nah, berikut ada beberapa tips untuk merawat payudara ketika hamil:

  • Menggunakan bra maternity berkualitas bagus
  • Pada awal kehamilan, gunakan bra berbahan katun yang lembut atau sports bra.
  • Jika terdapat kerak kolostrum pada payudara, cuci dengan air hangat tanpa sabun
  • Gunakan padded bra untuk menyerap cairan dan jangan lupa untuk diganti karena jika terlalu lembab dapat membuat puting berkerak.

Ingat, jangan pernah malas untuk menjaga kebersihan diri saat hamil karena apapun yang kita lakukan akan berdampak pada janin yang dikandung. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih cara untuk merawat diri.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca