6 Langkah Sederhana Agar Bangun Pagi Tak Lagi Bikin Sengsara

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bagi sebagian orang, bisa bangun pagi setiap hari adalah sebuah hal mustahil. Padahal, bangun pagi bisa membuat Anda lebih bahagia, lho! Psst.. Jika Anda termasuk orang yang susah bangun pagi, berbagai tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Tips supaya bisa rutin bangun pagi

Berikut sejumlah tips rutin bangun pagi yang bisa langsung dipraktikkan mulai besok.

1. Cari alasan kuat untuk bangun pagi

keutamaan bangun pagi

Coba pikirkan baik-baik, apa motivasi Anda untuk meninggalkan kebiasaan bangun kesiangan jadi bangun lebih pagi? Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda.

Bisa karena pekerjaan baru yang mengharuskan Anda bangun lebih pagi, ingin mulai berolahraga pagi sebelum berangkat, atau mungkin ingin lebih banyak waktu bersantai di pagi hari sebelum memulai kegiatan.

Tanpa disadari, berbagai alasan tersebut bisa jadi tips efektif untuk bangun lebih pagi

2. Mulai pelan-pelan

tips bangun pagi

Mungkinkah langsung bisa bangun pukul 5 pagi jika selama ini Anda sudah terbiasa bangun pukul 9? Tak perlu khawatir. Anda tetap bisa, kok, rutin bangun pagi.

Namun, memang aktivitas yang sudah jadi kebiasan tidak bisa diubah semudah membalikkan telapak tangan. Jangan langsung melakukan perubahan drastis, sebaiknya Anda mulai secara pelan-pelan.

Cobalah untuk selama seminggu, bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya. Jika tips ini berhasil buat Anda bangun lebih pagi, selanjutnya coba bangun 1 jam lebih awal untuk seminggu berikutnya. Begitu seterusnya. Setelah sukses bangun 1 jam lebih pagi, coba untuk bangun 2 jam lebih awal selama seminggu selanjutnya.

Lakukan cara ini secara bertahap sampai Anda mencapai waktu tujuan Anda, misalnya sampai pukul 5 pagi.

3. Tidur lebih awal

tips tidur nyenyak

Mau bangun lebih pagi? Kuncinya satu, hindari begadang! Ya, cobalah untuk tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jam tidur yang cukup sehingga Anda tak perlu lagi merasa senewen setiap kali alarm berbunyi.

Apabila hari ini Anda tidak begitu lelah dan tetap sulit untuk tidur, Anda bisa membaca beberapa halaman buku, terutama buku-buku dengan pembahasan yang berat. Bagi sebagian orang, hal tersebut efektif untuk membuat mereka tidur lebih cepat.

Mendengarkan musik klasik penghantar tidur juga bisa jadi tips efektif bangun pagi. Alunan musik yang menenangkan ini bisa membuat Anda tidur lebih cepat, sehingga bangun pagi tidak lagi jadi perkara yang sulit.

4. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

bangun pagi

Sedang enak-enaknya tidur tetapi jadi kaget terbangun karena suara alarm memang menyebalkan. Maka tidak heran jika Anda langsung memencet tombol snooze (tunda) tanpa banyak basa-basi. Tujuannya tentu supaya Anda bisa tidur lebih lama, meski cuma beberapa menit.

Jika ingin membiasakan bangun pagi, tips dari kami adalah letakkan alarm jauh dari tempat tidur Anda. Ketika waktunya alarm menyala, jadi mau tidak mau Anda harus beranjak bangun untuk mematikannya.

5. Buat suasana kamar nyaman

tanaman untuk kamar

Kamar yang nyaman memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika Anda sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar Anda.

  • Apakah berantakan?
  • Apakah warna dinding atau nuasa kamar terlalu mencolok?
  • Apakah kualitas kasur dan seprai yang digunakan kurang baik?
  • Apakah suhu kamar Anda tidak idea?
  • Apakah Anda tidur di area yang bising?

Tanpa disadari, berbagai hal tersebut bisa membuat Anda susah tidur. Maka dari itu, supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga bisa bangun pagi setiap hari, pastikan kamar Anda ditata yang baik.

6. Hindari makan sebelum tidur

makan terlalu malam

Tips bangun pagi selanjutnya, hindari makan berat sebelum tidur. Tahukan Anda bahwa apa yang Anda makan sebelum tidur bisa memengaruhi kualitas tidur Anda? Supaya Anda bisa cepat tidur dan tidur Anda lebih nyenyak, hindari makanan yang mengandung stimulan seperti kafein.

Alih-alih jadi cepat ngantuk, kefein justru membuat Anda terjaga. Akibatnya, tekad untuk bisa bangun pagi pun jadi sirna karena Anda semalaman tidak bisa tidur.

Selain itu hindari juga makanan berlemak dan pedas. Kedua jenis makanan ini bisa membuat asam lambung naik selama tidur sehingga membuat perut terasa mulas semalaman. Hal ini tentu akan menganggu tidur Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca