5 Pengencer Dahak Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/01/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda pernah mendengar kata ekspektoran. Ya, ekspektoran yang Anda dengar dari iklan obat batuk atau bahkan Anda baca langsung dari kemasan obat penghilang dahak, merupakan zat yang dianggap dapat meredakan dahak di dalam tenggorokan. Dahak memang diproduksi langsung oleh tubuh, namun apabila terlalu banyak akan membuat hari-hari tidak nyaman. Lalu apa bisa dahak dihilangkan tanpa obat? Apa saja bahan yang bisa menjadi pengencer dahak alami?

Berbagai macam pengencer dahak alami

Anda tidak perlu obat-obatan hanya untuk meredakan dahak yang menumpuk di tenggorokan. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah yang bisa mengencerkan dahak. Berikut adalah pengencer dahak alami:

1. Bawang

Bawang termasuk pengencer dahak alami karena dianggap dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh. bumbu masakan ini sebenarnya mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

Anda dapat menambahkan potongan bawang pada sup hangat Anda atau Anda bisa mencampurkan potongan bawang kecil ke dalam air lemon yang sudah ditambahkan gula.

2. Lobak

Lobak adalah jenis sayur yang dipercaya dapat membantu tenggorokan Anda bebas dari dahak yang menumpuk. Bahkan tidak hanya sampai di situ saja, lobak juga mampu membantu mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan nafsu makan, serta membantu sembuhkan Anda dari flu dan batuk. Bahan makanan ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat dalam menyerang bakteri maupun virus yang menginfeksi.

Sampai saat ini belum ada dosis yang pasti dalam penggunaan lobak. Tetapi, menambahkan lobak ke dalam sup hangat Anda bisa jadi alternatif yang baik.

3. Madu

Tak hanya rasanya yang enak, madu dapat Anda andalkan untuk mengatasi dahak yang berlebihan di dalam tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang mengalami radang tenggorokan, madu ternyata berhasil mempercepat penyembuhan radang dan menghilangkan dahak.

Jika dahak sangat mengganggu, Anda dapat mencoba mencampurkan madu ke dalam teh tawar hangat Anda. Tetapi madu tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah umur 1 tahun untuk mengurangi risiko botulisme.

4. Jahe

Pengencer dahak alami ini tentu sangat untuk didapatkan. Selain menjadi bahan dasar dari berbagai masakan, jahe memang diandalkan juga sebagai obat alternatif yang ampuh mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti salah satunya perut kembung dan mual.

Jika Anda ingin menghilangkan dahak dengan menggunakan jahe, maka Anda dapat menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat Anda. Tetapi, jahe tidak terlalu ampuh bagi Anda yang mengalami radang tenggorokan.

5. Daun mint

Rasa daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih lega, sebab daun ini mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta meluruhkan tumpukan dahak yang menebal. Jika Anda memiliki daun mint, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat Anda, agar dahak cepat menghilang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Para perempuan tentu akan panik saat melihat adanya bercak darah padahal ia tidak sedang haid. Berikut arti dari bercak darah saat tidak sedang haid ini.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan baru setelah bercerai

Kapan Waktu Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit
orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit