Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Ada yang bisa tiga kali dalam sehari, ada pula yang justru tiga kali dalam seminggu. Keduanya sah-sah saja, selama Anda tidak mengalami masalah kesehatan yang serius. Namun, pernahkah Anda pernah berpikir kapan, sih, waktu buang air besar yang paling tepat dalam sehari? Cari tahu jawabannya di sini.

Pagi hari jadi waktu buang air besar terbaik menurut ahli

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah penyakit

“Pagi hari adalah waktu buang air besar yang paling baik,” ungkap Dr Kenneth Koch, seorang spesialis masalah pencernaan (gastroenterologi) di Wake Forest Baptist Medical Center, mengutip dari Women’s Health. Koch menjelaskan bahwa buang air besar idealnya menjadi hal paling pertama yang harus dilakukan setelah Anda bangun pagi.

Di pagi hari, alarm internal tubuh Anda mulai kembali berjalan. Hal ini menandakan bahwa usus besar Anda akan mulai berkontraksi lebih keras untuk memproses makanan yang Anda makan di hari sebelumnya. Bahkan, kontraksi usus besar ini 3 kali lebih keras saat kita bangun di pagi hari ketimbang sedang tidur.

Kira-kira 30 menit setelah Anda bangun, biasanya dorongan untuk buang air besar mulai terasa. Anda bisa melakukan peregangan atau minum kopi untuk membantu mendorong feses keluar dari tubuh Anda dengan lebih cepat.

Ya, kopi dapat membantu merangsang tubuh kita untuk buang air besar dengan cara membuat usus berkonteraksi dan kemudian mendorong feses ke rektum. Jadi, bukan hal yang aneh jika ada orang minum kopi di pagi hari kemudian langsung buang air besar.

Sebenarnya bukan soal waktu, tapi rutin

diare saat hamil muda

Meski pagi hari adalah waktu buang air besar yang direkomendasikan ahli, tidak berarti semua orang harus buang air besar setiap pagi. Pada dasarnya bukan soal waktu, tapi rutin. Jadi, hal paling tepat adalah buang air besar di waktu yang sama setiap harinya.

Jika Anda merasa lebih nyaman buang air besar pada siang hari, maka lakukanlah. Begitu pula jika Anda terbiasa buang air besar di malam hari. Namun, pastikan kalau setiap Anda buang air besar, Anda melakukannya di waktu yang sama.

Prinsipnya sederhana, buatlah jadwal buang air besar yang rutin setiap harinya karena hal tersebut dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih optimal. Nah, cara terbaik yang bisa dicoba adalah dengan melakukan segala hal yang dapat membuat kebiasaan buang air besar Anda teratur.

Hal ini bisa dimulai dengan mengubah pola makan Anda. Sebelum beraktivitas, jangan lupa sarapan yang kaya serat. Kandungan serat pada makanan yang Anda konsumsi dapat menjaring residu pada saluran usus Anda dan nantinya dapat merangsang sistem pencernaan Anda untuk segera buang air besar. Bila Anda suka, segelas kopi di pagi hari juga bisa membantu Anda merasa kebelet untuk buang air besar.

Tidak hanya pada hari-hari tertentu, tapi upayakan untuk melakukan kebiasaan ini setiap hari. Dengan begitu, Anda akan tahu persis kapan dorongan untuk buang air besar akan  datang menghampiri.

Apa akibatnya jika BAB tidak teratur?

sakit perut setelah makan daging

Sebaliknya, tidak teratur BAB justru dapat menyebabkan Anda mengalami buang air yang tak tuntas. Akibatnya, Anda membutuhkan waktu lebih dari satu kali untuk buang air besar. Tak hanya itu, perut pun jadi terasa lebih begah, kembung, atau bergas.

Tak hanya itu, BAB tidak teratur juga bisa menyebabkan masalah lain seperti sembelit dan sindrom iritasi usus. Apalagi jika Anda sering menahan buang air besar terlalu lama.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca