Berbagai Cara Mudah Mengatasi Rambut Kemaluan yang Tumbuh ke Dalam

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/09/2019
Bagikan sekarang

Teknik waxing, mencabut, atau mencukur rambut kemaluan yang salah dapat menyebabkan rambut bertumbuh ke dalam. Ketika ini terjadi, Anda mungkin melihat benjolan kecil di tempat rambut tersebut yang terasa sakit atau gatal. Kadang benjolan bekas rambut yang tumbuh ke dalam juga bisa berisi nanah. Bagaimana cara mengatasi masalah rambut kemaluan tumbuh ke dalam? 

Penyebab rambut kemaluan tumbuh ke dalam

Rambut kemaluan lebih tebal, kasar, dan cenderung keriting daripada rambut di bagian tubuh lainnya. Karena teksturnya yang lebih “padat”, cara mencukur yang salah atau terburu-buru dapat merisikokan mata pisau cukur untuk memerangkap dan menjambak rambut tersebut sehingga menyebabkan iritasi kulit. Bila ini terjadi, folikel rambut bisa tumbuh salah arah dan menyebabkan rambut kemaluan tumbuh ke dalam.

Sel kulit mati yang menyumbat folikel juga dapat memicu pertumbuhan rambut jadi membelot dan berbalik ke dalam lapisan kulit, bukannya ke luar dari kulit. Rambut kemaluan yang sudah masuk ke dalam folikel tidak keluar kembali.

Jaringan kulit kemudian menganggap rambut itu sebagai benda asing yang menyerang tubuh, sehingga sistem imun Anda akan memulai proses peradangan. Pada akhirnya, timbullah benjolan merah yang terasa sakit atau gatal mirip jerawat.

Bagaimana cara mengatasi rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam?

Dalam beberapa kasus, rambut tumbuh ke dalam dapat ditangani sendiri di rumah dengan cara-cara sederhana. 

Pertama, bersihkan dulu area kulit tempat rambut yang bertumbuh ke dalam dengan waslap lembut. Bersihkan dengan gerakan memutar perlahan. Kemudian dengan pinset atau jarum pentul yang steril, cukup tusuk kepala benjolan tersebut dan angkat jarum untuk membuka jalan bagi nanah untuk bisa keluar (bayangkan Anda sedang mendongkrak). Ingat, bukan dipencet dari bawah sampai nanahnya keluar.

Menusuk kepala benjolan tidak akan menyebabkan rasa sakit, karena Anda berurusan dengan sel kulit yang sudah mati. Trik ini tidak akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut terhadap jaringan kulit sehat di sekitarnya, sekaligus menghindari infeksi dan bekas luka.

Jika kondisi rambut tumbuh ke dalam terlanjur serius dan tidak bisa dikempiskan dengan cara di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang bisa digunakan untuk menangani kondisi ini, yaitu:

  • Krim steroid untuk mengurangi peradangan.
  • Krim atau obat yang diminum untuk menangani infeksi. Losion antibiotik dapat digunakan untuk mengobati area yang terluka akibat garukan.
  • Obat yang akan membantu mengangkat sel kulit mati. Obat ini dapat mengurangi warna gelap dan ketebalan kulit pada area rambut tumbuh ke dalam.
  • Krim retinoid seperti tretinoin (Renova, Retin-A) untuk mengangkat sel kulit mati dan memudarkan bercak kulit gelap di area rambut yang tumbuh ke dalam. Obat-obatan ini bisa menyebabkan kulit kering. Namun, jangan gunakan krim retinoid jika Anda sedang hamil. Obat ini berbahaya bagi bayi dan bisa menyebabkan cacat lahir.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mencukur Atau Membiarkan Bulu Kemaluan? Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya

Mencukur bulu kemaluan ataupun membiarkannya tumbuh, keduanya memiliki manfaat dan bahaya masing-masing. Lantas, mana yang harus Anda pilih?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Perlukah Mencukur Rambut Kemaluan Pria?

Sebenarnya, apakah pria perlu mencukur rambut kemaluan? Hal-hal apa yang harus diketahui sebelum mencukur rambut kemaluan? Simak jawabannya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Apakah Perlu Merawat Kebersihan Vagina Dengan Facial Vagina?

Belakangan ini hadir sebuah tren baru untuk membersihkan vagina yang disebut facial vagina alias vajacial. Seperti apa caranya, dan apakah aman?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

7 Cara Mengatasi Razor Burn, Iritasi yang Muncul Setelah Mencukur Bulu Vagina

Mencukur bulu vagina boleh saja dilakukan, asal hati-hati agar tidak iritasi atau luka. Kalau sudah iritasi, bagaimana cara menanganinya? Cek di sini, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Direkomendasikan untuk Anda

cara bercukur yang benar

Dari Ketiak Hingga Rambut Kemaluan, Ini Cara Bercukur yang Benar

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/02/2020
mewarnai rambut kemaluan

Mewarnai Rambut Kemaluan, Amankah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020
fungsi bulu kemaluan

Jangan Terlalu Sering Dicukur, Ini Fungsi Bulu Kemaluan Bagi Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/11/2019
tekstur rambut berubah sendiri

Tekstur Rambut Ternyata Bisa Berubah Sendiri, Kok Bisa?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23/11/2019