Setelah mengolah makanan mentah, misalnya memotong daging, apa yang biasanya Anda lakukan? Meninggalkan alat-alat dapur di meja? Atau langsung dipakai untuk memotong bahan masakan lainnya seperti bawang dan sayur? Hati-hati, kebiasaan ini sangat tidak sehat. Alat dapur yang habis digunakan untuk mengolah makanan mentah wajib langsung dicuci dengan sabun.

Menggunakan peralatan masak yang tidak bersih atau digabung dengan berbagai bahan makanan lain akan menimbulkan risiko timbulnya penyakit. Terutama jika Anda menggunakan alat dapur yang sama untuk makanan mentah dan sayur serta buah-buahan. Hal ini akan menimbulkan terjadinya kontaminasi silang. Apa itu kontaminasi silang? Mengapa harus langsung mencuci alat dapur setelah mengolah makanan mentah? Begini penjelasannya.

Apa itu kontaminasi silang?

Kontaminasi silang atau infeksi silang adalah perpindahan organisme berbahaya antara manusia, alat dapur dan rumah tangga, atau di dalam tubuh. Organisme yang berbahaya meliputi bakteri, virus, jamur, dan parasit. Organisme-organisme tersebut dapat ditularkan melalui:

  • Alat makan, alat dapur, atau alat medis yang tidak steril
  • Batuk dan bersin
  • Sentuhan antar manusia
  • Menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi
  • Tempat tidur atau dapur yang kotor
  • Daging hewan yang sudah terkontaminasi

Salah satu bakteri yang ada di makanan mentah seperti ayam adalah bakteri Campylobacter dan Salmonella. Dua bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan, muntaber, hingga tipes. Gejala yang paling umum dilaporkan adalah mual dan diare.

Alat dapur bisa jadi sumber penularan penyakit

Alat dapur yang dipakai untuk mengolah makanan bisa terkontaminasi oleh berbagai jenis organisme asing yang berbahaya bagi kesehatan keluarga.

Umumnya, peralatan dapur yang dapat memicu hal ini adalah pisau dan talenan. Kedua benda ini tentunya sering Anda gunakan untuk mengolah berbagai jenis masakan. Lalu apa hubungannya pisau dan talenan terhadap kontaminasi silang?

Pisau digunakan untuk memotong bahan makanan. Misalnya makanan mentah, sayur, buah, atau bumbu masak. Pada makanan mentah seperti ayam, sapi, kambing, udang, cumi, dan ikan tentunya terdapat bakteri. Terlebih lagi pada ayam dan daging.

Jika Anda menggunakan pisau yang sama untuk memotong ayam, daging, dan sayur, ini akan berbahaya. Bakteri yang ada pada ayam akan menempel di pisau yang Anda pakai lalu akan menempel pada bahan makanan lain yang dipotong dengan pisau yang sama.

Tidak hanya pisau, menggunakan talenan yang sama juga bisa menyebabkan kontaminasi silang dan akhirnya menimbulkan penyakit. Sama halnya dengan pisau, kuman bakteri dari ayam mentah yang dipotong di talenan bisa berpindah ke dalam sayur dan buah yang akan Anda potong dengan​ talenan yang sama.

Tips membersihkan dan merawat alat dapur

Oleh karena itu, penting untuk memisahkan setiap pisau dan talenan yang Anda gunakan untuk mengolah bahan mentah dengan yang sudah matang.

Selain itu, langsung bersihkan pisau dan talenan sebelum dan sesudah dipakai untuk menyiapkan makanan di bawah air yang mengalir. Agar lebih bersih, rendam talenan dalam air sabun yang hangat.

Buang talenan jika permukaannya sudah tersayat dalam, karena celah sayatan bisa jadi tempat terselipnya bakteri.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca