5 Tips Atasi Stres Akibat Susah Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/04/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Insomnia dapat menimbulkan dampak lebih lanjut pada kesehatan, salah satunya stres akibat susah tidur. Pada saat yang sama, stres berkepanjangan juga akan memperburuk kualitas tidur dan memperparah insomnia. Sebuah penelitian pada laman Healthy Sleep Harvard College turut menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 4,5 jam sehari selama seminggu cenderung lebih mudah merasa marah, stres, dan kelelahan secara emosional.

Cara mengatasi stres akibat susah tidur

Insomnia dan stres adalah dua hal yang saling berkaitan. Karenanya, Anda perlu mengatasi keduanya hingga tuntas agar masalah tidak kembali muncul. Ragam tips berikut mungkin berguna bagi Anda yang sedang menghadapi stres akibat susah tidur.

1. Mengatur jadwal tidur secara bertahap

penyebab jadwal tidur terganggu

Anda mungkin ingin segera memiliki waktu tidur yang optimal, tapi penyesuaian waktu tidur sebaiknya dilakukan secara bertahap agar Anda lebih mudah menjalaninya. Jika Anda terbiasa tidur selama empat jam dalam sehari, aturlah sesuai durasi tersebut. Kemudian, tambahkan 15 menit pada malam berikutnya. Setelah beberapa malam, tambahkan 15 menit lagi hingga Anda terbiasa.

Cobalah untuk mempertahankan jam tidur dan jam bangun Anda. Jangan tidur ‘membalas dendam’ selama belasan jam pada akhir pekan hanya karena waktu tidur Anda selalu kurang pada hari kerja, sebab hal ini tidak akan mengatasi stres akibat susah tidur.

2. Hindari beragam gangguan sebelum tidur

tanpa tidur

Sedapat mungkin, hindari penggunaan alat elektronik apa pun sebelum Anda tidur. Persiapkan waktu tidur Anda dengan merilekskan tubuh dan ciptakan lingkungan yang mendukung untuk tidur nyenyak. Anda bisa mencoba untuk mandi air hangat, meregangkan tubuh, bermeditasi, mendengarkan musik, atau membaca buku sambil menyambut rasa kantuk.

Tidak perlu memaksakan diri Anda jika tidak bisa langsung terlelap. Beberapa menit sekali, cobalah mengganti kegiatan yang dapat dilakukan sampai Anda merasa mengantuk. Hal yang perlu diingat, kegiatan-kegiatan sebelum tidur ini haruslah ringan dan tidak menstimulasi tubuh Anda.

3. Membatasi konsumsi zat tertentu

cara berhenti merokok dengan olahraga

Rasa stres akibat susah tidur yang Anda alami bisa dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Jika Anda sedang berusaha mengatasi insomnia, maka Anda perlu membatasi konsumsi kafein dan alkohol serta menghindari kebiasaan merokok.

Kafein akan membuat Anda kesulitan tidur dan lebih mudah terbangun pada tengah malam. Begitu pula dengan alkohol serta nikotin pada rokok, keduanya dapat memberikan efek stimulan sehingga Anda lebih sulit tidur.

4. Kesampingkan pikiran-pikiran yang mengkhawatirkan

meningitis babi

Meskipun Anda mengkhawatirkan rencana hari esok, cobalah mengesampingkannya sejenak. Pikiran-pikiran yang mengkhawatirkan akan memperburuk insomnia sehingga stres yang Anda alami semakin menjadi-jadi. Alih-alih memikirkan rencana esok hari sebelum tidur, cobalah membuatnya saat Anda selesai bekerja. Dengan begitu, Anda dapat langsung tidur dengan nyaman pada malam harinya.

5. Mencari bantuan profesional

terapi ke psikolog

Insomnia yang Anda alami bisa jadi berasal dari masalah psikologis. Cobalah mencari bantuan profesional dari seorang psikolog untuk mengatasi stres akibat susah tidur yang selama ini mengganggu Anda. Seorang psikolog dapat menyarankan terapi kognitif dan perilaku untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Terapi ini juga dapat melatih Anda untuk mengatasi masalah melalui perbaikan kebiasaan.

Rasa stres akibat susah tidur dapat menjadi masalah ganda yang memengaruhi fungsi Anda sehari-hari. Bila cara sederhana yang seharusnya ampuh tidak juga dapat mengatasi masalah ini, terapi bisa menjadi salah satu solusinya.

Tak ada salahnya untuk menyimpan sebuah jurnal pribadi guna mencatat kebiasaan tidur Anda, termasuk apa saja yang terasa mengganggu. Hal ini akan membantu terapis dalam memberikan penanganan yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Tidur Nyenyak untuk Melawan Cuaca yang Terlalu Dingin

Untuk tidur nyenyak saat kedinginan terkadang tidak selalu mudah. Berikut tips dan cara agar tetap tidur berkualitas dengan melawan cuaca dingin.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 15/03/2020 . 4 menit baca

Tanpa Penanganan, Sindrom Kaki Gelisah Bisa Sebabkan Gangguan Tidur

Sindrom kaki gelisah dapat menyebabkan sejumlah dampak jangka panjang bagi kesehatan, termasuk kedua gangguan tidur berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 18/01/2020 . 3 menit baca

Makanan dengan Kadar Indeks Glikemik Tinggi Bisa Picu Insomnia

Selain menjalani pola hidup yang tidak sehat, ternyata mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi bisa menyebabkan insomnia. Kok bisa?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/12/2019 . 4 menit baca

Manfaat Terapi Akupunktur untuk Atasi Insomnia dan Titik yang Digunakan

Akupunktur pada sejumlah titik dinilai efektif untuk mengatasi insomnia, sebab tekanan jarum akan merangsang fungsi tertentu dalam mekanisme tidur.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 14/12/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . 6 menit baca
susah tidur selama pandemi COVID-19

Atasi Susah Tidur Akibat Stres Selama Pandemi COVID-19 dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . 7 menit baca
udara kotor

Benarkah Udara Kotor Bisa Bikin Susah Tidur?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 01/04/2020 . 4 menit baca
Psoriasis kulit kepala

Benarkah Ada Hubungan Psoriasis dengan Insomnia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18/03/2020 . 4 menit baca