Pilihan Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Jamur Kuku

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Infeksi jamur kuku sering dimulai pada satu kuku dan kemudian menyebar ke kuku yang lain. Obat infeksi jaamur kuku yang paling umum digunakan adalah krim antijamur. Namun, obat ini bisa menimbulkan efek samping pada beberapa orang yang sensitif, mulai dari sakit perut hingga masalah kulit lainnya. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan beberapa perawatan rumahan di bawah ini untuk mengatasi jamur kuku.

Perawatan rumahan untuk mengatasi jamur kuku

1. Perbanyak makan sehat

Pola makan dan kesehatan memang saling berhubungan. Semakin sehat makanan yang Anda makan, semakin kuat sistem imun tubuh Anda bisa melawan infeksi menyebalkan seperti jamur kuku.

Berikan tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan dengan makan:

  • yoghurt kaya probiotik
  • protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan kembali kuku
  • zat besi yang cukup untuk mencegah kuku rapuh
  • diet kaya asam lemak esensial
  • makanan kaya kalsium dan vitamin D, seperti produk susu rendah lemak

2. Rendam kuku dengan obat kumur

Obat kumur mengandung bahan-bahan seperti mentol, timol, dan eukaliptus, yang memiliki sifat antibakteri dan antifungi.

Cobalah merendam kuku kaki dalam semangkuk kecil obat kumur, selama 30 menit setiap hari.

3. Rendam kuku dengan cuka

Cuka dapat menyeimbangkan pH kulit dan membantu mencegah penyebaran jamur agar tidak menginfeksi ke bagian kuku lainnya.

Masukkan cuka ke dalam baskom berisi air hangat, lalu rendam kaki Anda selama 20 menit setiap hari. Anda bisa menggunakan ini sebagai perawatan rumahan untuk mengatasi jamur kuku.

4. Rendam kuku dengan baking soda

Baking soda dapat membantu mengurangi kelembapan pada jari-jari kaki dan menetralisir bau kaki yang disebabkan oleh jamur.

Rendam kaki ke dalam baskom berisi campuran air dan baking soda selama beberapa saat. Selain dengan direndam, Anda juga bisa membuat bentuk pasta dari baking soda.

Campurkan baking soda dan air menjadi bentuk pasta. Oleskan pasta baking soda ke bagian kuku jari yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Walaupun ada beberapa pilihan perawatan rumahan, sebaiknya Anda juga segera mengonsultasikan ke dokter jika jamur kuku Anda tidak kunjung membaik dan memiliki penyakit diabetes. Siapa tahu ada penyebab lain pada kondisi kuku Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca