5 Tips Membersihkan Rumah Agar Bebas dari Debu dan Kuman

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tentu Anda akan merasa nyaman jika berada di sebuah rumah yang bersih, apalagi jika rumah tersebut adalah rumah Anda sendiri. Sayangnya, membersihkan rumah terkadang melelahkan, sehingga tidak jarang orang malas melakukannya. Padahal, rumah yang bersih adalah salah satu kunci hidup yang sehat. Apalagi, jika rumah Anda bersih dan sehat. Lalu, bagaimana membersihkannya? Simak tips membersihkan rumah agar bersih dan sehat seperti berikut.

5 tips sehat membersihkan rumah

Membersihkan rumah agar bersih dan sehat untuk penghuninya tentu berbeda tiap bagian rumah. Anda bisa mengikuti tips berikut untuk tiap-tiap bagian rumah seperti:

1. Membersihkan kamar mandi

dudukan toilet umum

Toilet adalah bagian utama sekaligus sumber dari kuman dan bakteri yang berada di kamar mandi. Bahkan, saat Anda menggunakan flush, bakteri dan kuman akan beterbangan di udara. Untuk mengatasinya, bersihkan pegangan pintu, keran, dan semua permukaan yang ada di kamar mandi menggunakan cairan pembasmi kuman.

Selain itu, untuk menjaga Anda tetap bersih jika ke kamar mandi, sediakan keset untuk membantu mengeringkan kaki Anda yang basah setelah dari kamar mandi. Bukalah pintu dan jendela saat kamar mandi sedang tidak digunakan agar ada pergantian udara di dalam kamar mandi.

Jika ada wastafel dan shower di kamar mandi Anda, bersihkan secara rutin kaca dan kerannya menggunakan cuka dan bersihkan dengan kain lap bersih hingga jamur, bakteri, dan kuman menghilang.

Jangan lupa mengganti segala kain yang berada di kamar mandi; handuk yang Anda gunakan, tirai yang Anda gunakan di kamar mandi jika ada, serta kain keset yang Anda gunakan di kamar mandi. Cucilah setidaknya sebanyak dua kali dalam satu minggu.

2.  Membersihkan dapur

ingin dapur bersih? perhatikan dulu hal ini

Salah satu tips membersihkan rumah agar selalu bersih dan sehat adalah dengan membersihkan area dapur dengan baik. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dapur yaitu:

  • Bersihkan segala permukaan yang terletak di dapur menggunakan desinfektan.
  • Buang segala sisa makanan yang terdapat di dalam kulkas agar tidak menimbulkan bau tak sedap.
  • Bersihkan tempat sampah hingga benar-benar bersih setiap kali Anda membuang isinya. Meski Anda telah melapisinya dengan kantong plastik, tidak jarang kantong plastik bocor dan meninggalkan sisa kotoran di tempat sampah.
  • Gantilah sponge dengan yang baru secara rutin karena sponge tak jarang berjamur karena terlalu sering terkena air dan sisa makanan saat digunakan.
  • Pisahkan peralatan memasak untuk sayur dan untuk daging, khususnya papan pemotong yang Anda gunakan untuk memotong sayur dan daging mentah. Jika tidak dipisahkan, sayuran yang Anda potong menggunakan papan yang sama dapat terkontaminasi bakteri yang terdapat pada daging mentah dan menempel pada papan pemotong.

Selain itu, untuk menjaga hewan seperti kecoa dan tikus berkeliaran di area dapur, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  • Jangan menyimpan makanan di dapur dan selalu bersihkan area dapur dari makanan. Jika sudah malam, simpan makanan yang tersisa dan akan dimakan esok harinya, di dalam kulkas.
  • Buanglah sampah dapur setiap hari keluar dari rumah Anda. Jika tidak memungkinkan, tutupi sampah dapur hingga binatang seperti kecoa dan tikus tida bisa mengobrak-abrik, sehingga mereka akan kelaparan.
  • Selalu bersihkan area yang basah serta bocor. Jika keran dapur Anda bocor, perbaiki. Selalu pastikan area dapur Anda tidak basah karena area kotor dan basah mengundang mereka untuk datang.
  • Jika semua hal sudah Anda lakukan namun kecoa dan tikus tetap datang, siapkan perangkap.

3. Membersihkan kamar tidur

bahaya membereskan tempat tidur

Tips selanjutnya untuk membersihkan rumah agar bersih dan sehat adalah rajin mengganti sprei tempat tidur. Meski Anda selalu mencuci kaki dan tangan sebelum tidur, hal itu tidak cukup untuk menjamin kebersihan tempat tidur. Sebab, debu dan kutu kasur bisa saja hidup di tempat tidur Anda jika Anda membiarkan kuman dan bakteri menempel dan berkembang biak di sana.

Tidak hanya itu, untuk menjaga kasur Anda terbebas dari kutu, Anda sebaiknya melapisi kasur, bantal serta guling menggunakan plastik khusus kasur untuk menghalangi kutu menempel. Lalu, bersihkan kasur yang tidak ditutupi plastik menggunakan vakum secara rutin agar lebih bersih.

Selain itu, agar kamar tidur benar-benar membuat Anda bisa tidur nyenyak, usahakan untuk tidak meletakkan televisi atau gadget Anda di dalam kamar. Rapikan pula benda-benda yang memicu stres Anda, contohnya benda yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Usahakan untuk memisahkan kamar tidur dengan ruang kerja agar Anda bisa tidur lebih tenang dan nyenyak.

4. Membersihkan lantai secara menyeluruh

Anda mungkin menyapu dan mengepel lantai setiap hari, namun bagaimana dengan area yang tertutup furnitur dan benda-benda lain yang sulit untuk dipindahkan?

Area ini lah yang harus Anda perhatikan kebersihannya, karena Anda tentu jarang membersihkan area yang tertutup karena kesulitan memindahkan benda atau furnitur yang menghalanginya.

Bersihkan area-area yang penuh dengan tumpukan barang, karena, umumnya area inilah yang memiliki banyak kuman dan bakteri, serta debu yang menempel.

Membersihkan area ini dapat membuat rumah Anda semakin bersih dan sehat. Jangan lupa juga untuk mengecek celah-celah antar furnitur atau barang yang biasanya juga sering Anda lupakan dan sepelekan.

Jika sulit dibersihkan hanya menggunakan sapu dan kain pel, jangan ragu untuk membersihkan area ini dengan vacuum cleaner untuk hasil yang lebih memuaskan.

5. Membersihkan lemari

manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan ala marie kondo

Anda tentu menggunakan banyak lemari untuk menyimpan barang berbeda; baju, sepatu, atau benda-benda lain seperti lemari dapur, lemari untuk tas, dan masih banyak lagi. Tetapi seberapa sering Anda membersihkannya? Tips untuk membersihkan rumah agar lemari yang berada di dalamnya bersih dan sehat untuk Anda adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Keluarkan isi lemari Anda agar seluruh bagian lemari bisa dengan leluasa Anda bersihkan.
  • Gunakan kain lap dan cairan pembersih untuk membersihkan seluruh area lemari hingga benar-benar bersih.
  • Semprot permukaan lemari menggunakan desinfektan.
  • Buanglah benda-benda yang sudah tidak digunakan yang ada di dalam lemari. Jika terus disimpan, benda-benda ini mungkin dapat menimbulkan jamur, bakteri, debu, serta kuman.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca