6 Manfaat Semangka Bagi Kecantikan: Dari Obat Jerawat Hingga Mengurangi Minyak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Buah semangka ternyata tidak hanya baik untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan dahaga Anda, tetapi juga dapat membantu mencerahkan kulit. Anda dapat langsung menyantapnya atau menggunakannya sebagai masker wajah. Penasaran dengan manfaat semangka ini? Simak ulasannya.

Manfaat semangka untuk kecantikan kulit wajah

1. Toner alami

Buah semangka memiliki zat alami yang dapat membuat kulit Anda menjadi segar. Anda dapat memijat kulit Anda dengan irisan semangka segar atau mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda juga dapat menggunakan jus semangka dan mengoleskannya pada wajah dan leher.

2. Mencegah penuaan dini

Semangka merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, vitamin C dan A. Semua nutrisi ini dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Kandungan antioksidan dalam semangka juga mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit. Anda dapat menggunakan semangka sebagai masker dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Melembapkan kulit

Semangka adalah buah yang banyak mengandung air sehingga dapat membuat tubuh dan kulit Anda terhidrasi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk tetap melembapkan kulit. Dehidrasi dapat menyebabkan wajah kering dan kusam. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda sertakan buah ini ke dalam menu diet Anda.

4. Mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah

Semangka mengandung banyak vitamin A. Vitamin ini dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

5. Meremajakan kulit

Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari buah semangka. Masker semangka dapat meremajakan dan merevitalisasi kulit yang tampak kusam dan membuat kulit wajah Anda menjadi cerah.

6. Obat jerawat

Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Cara membuat masker wajah dari buah semangka

Semangka kaya akan vitamin A, vitamin C dan B6 untuk menjaga kulit Anda tetap segar dan tidak kering. Semangka memiliki kandungan air sebanyak 92 persen air. Air Sangat diperlukan untuk kulit. Semangka juga dikenal kaya dengan kandungan lycopene.

Sebuah penelitian menunjukkan lycopene mampu melindungi kulit Anda dari kulit terbakar dan rusak akibat sinar matahari. Berikut cara membuat masker semangka yang bisa dengan mudah Anda coba di rumah.

Bahan:

  • Satu cangkir semangka potongan
  • Setengah jeruk
  • Satu cangkir air

Cara membuat masker semangka:

Masukkan potongan semangka, jeruk dan air ke dalam blender untuk membuat jus. Setelah Anda blender dan menjadi jus, saring cairan ke dalam cangkir. Jus yang telah dipisahkan dari ampas semangka tersebut bisa Anda gunakan sebagai masker. Oleskan masker pada wajah setiap hari dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Anda dapat mendinginkan masker ini selama empat sampai lima hari untuk digunakan setiap hari.

Saat membuat masker wajah dengan menggunakan buah semangka, Anda juga bisa menambahkan madu atau yogurt untuk mendapatkan hasil terbaik. Kemudian oleskan merata pada wajah dan leher. Manfaat semangka ini bisa Anda jika Anda rajin menggunakan masker ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca