Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Ini 6 Kebiasaan yang Mesti Anda Lakukan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019
Bagikan sekarang

Siapa yang tak senang punya rumah bersih dan rapi. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa terjadi secara instan. Sebagai penghuni rumah, Anda dan anggota keluarga lain harus menjaga kebersihan rumah. Sementara, saat rasa malas melanda, kegiatan membersihkan rumah menjadi terasa sangat berat. Padahal, jika Anda menerapkan kebiasaan sehari-hari yang baik untuk menjaga kebersihan rumah, kegiatan ini akan menjadi lebih ringan.

6 kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu menjaga kebersihan rumah

Ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda terapkan dalam menjaga kebersihan rumah, mulai dari membersihkan tempat tidur di pagi hari setelah bangun tidur, hingga melepas alas kaki saat pulang ke rumah. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, simak ulasan berikut ini.

1. Membersihkan tempat tidur segera setelah bangun tidur

Salah satu kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan rumah adalah membersihkan tempat tidur setiap hari. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah setelah Anda bangun tidur. Untuk memudahkannya, gunakan seprai yang simpel dan tidak berlapis. Kurangi juga jumlah bantal yang ada di atas kasur jika memang tidak terlalu dibutuhkan.

Jika diterapkan secara rutin, kegiatan ini dapat meringankan Anda saat hendak membersihkan rumah secara menyeluruh karena Anda merapikan tempat tidur sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari yang selalu Anda lakukan.

2. Mencuci baju setiap hari

cara mencuci seprai

Meski terasa berat, sebenarnya mencuci baju setiap hari jauh lebih ringan daripada menumpuknya di akhir pekan. Pasalnya, jumlah pakaian yang Anda cuci setiap harinya tentu tidak akan sebanyak yang Anda cuci di akhir pekan. Selain itu, hal ini akan menjadi kebiasaan yang meringankan Anda dalam menjaga kebersihan rumah.

Mengapa demikian? Karena baju kotor di rumah Anda sudah dicuci setiap harinya. Sementara, jika Anda mencuci setiap satu minggu sekali, baju kotor Anda akan menumpuk selama satu minggu penuh.

Jika Anda berencana membersihkan rumah secara keseluruhan di akhir pekan, kegiatan mencuci tumpukan baju kotor selama seminggu dapat memberatkan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membiasakan diri mencuci baju setiap hari.

3. Mengelap dapur dan meja makan setiap malam

lap dapur
Sumber: The Homemakers Dish

Kegiatan ini tidak memakan banyak waktu. Anda mungkin bisa melakukannya dalam waktu kurang dari lima menit. Maka, tidak ada salahnya melakukannya setiap hari. Pasalnya, permukaan meja makan dan meja dapur tidak selamanya bersih, meski terlihat demikian.

Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu kebiasaan lain yang dapat membantu Anda menjaga kebersihan rumah, khususnya ruang makan dan dapur. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun untuk membersihkan segala permukaan meja dari sisa makanan, kotoran, dan kuman serta bakteri yang mungkin menempel di sana.

Dengan melakukannya secara rutin setiap hari, Anda juga dapat membantu menjaga kesehatan keluarga karena jika dapur dan meja makan dibiarkan kotor, bisa saja kuman dan bakteri hinggap di makanan sehingga membuat orang yang memakannya rentan sakit.

4. Melepas sepatu saat hendak masuk ke dalam rumah

pakai sepatu penyebab kaki sakit

Saat Anda berada di luar rumah, Anda mungkin tidak menyadari sepatu atau alas kaki yang Anda gunakan telah menginjak banyak hal yang kotor. Meski tidak basah atau tidak terlihat, kuman, bakteri, dan berbagai kotoran lain pasti menempel di bawah alas kaki yang Anda gunakan di luar. Jika Anda tidak melepas alas kaki saat memasuki rumah, kotoran yang menempel juga akan mengotori lantai rumah Anda.

Untuk menyiasatinya, Anda harus melakukan kebiasaan melepas sepatu setiap masuk ke dalam rumah untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Hal ini juga harus diterapkan oleh penghuni rumah lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih ringan saat hendak menyapu dan mengepel lantai karena Anda dan penghuni rumah telah meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam rumah.

5. Mencuci piring setelah makan

spons cuci piring

Setelah selesai makan, biasakan diri untuk segera mencuci piring atau mangkok yang Anda gunakan untuk makan, termasuk sendok dan garpunya. Dibanding menunggu piring kotor menumpuk, membersihkan piring segera setelah makan adalah salah satu kebiasaan yang bisa Anda terapkan demi menjaga kebersihan rumah.

Pasalnya, menurut salah satu artikel yang dimuat di KidsHealth, piring kotor yang dibiarkan menumpuk bisa ‘mengundang’ kecoak untuk datang ke rumah. Selain itu, piring kotor juga dapat menjadi sumber datangnya kuman dan bakteri yang bisa menyebar di seluruh rumah. Maka dari itu, daripada menunggu piring kotor menumpuk, lebih baik jika Anda segera membersihkan setiap piring yang Anda gunakan untuk makan tepat setelah selesai menggunakannya.

6. Bersihkan rumah selama 15 menit setiap malam

Sebelum tidur, ajak seluruh penghuni rumah untuk membersihkan rumah selama 15 menit. Fokuskan kegiatan membersihkan rumah ini pada area yang memang penting untuk dibersihkan. Membersihkannya bersama-sama tentu akan meringankan beban Anda.

Selain itu, kebiasaan ini juga mengurangi beban Anda, karena kegiatan ini sangat efektif dalam membantu Anda menjaga kebersihan rumah. Dengan melakukannya setiap malam, area-area kotor di rumah Anda pun berkurang. Jadi, saat Anda hendak membersihkan rumah secara keseluruhan, Anda tidak membutuhkan waktu lama karena area yang harus dibersihkan tidak terlalu banyak.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rumah yang Terlalu Bersih Meningkatkan Risiko Leukemia pada Anak

Orangtua tentu ingin rumah tetap bersih agar anak terhindar dari penyakit. Namun, rumah yang terlalu bersih justru meningkatkan risiko leukemia pada anak.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Apakah Cuka Ampuh untuk Membersihkan Peralatan Rumah Tangga?

Selain penyedap makanan, cuka juga sering direkomendasikan sebagai bahan pembersih. Namun, ampuhkah cuka untuk membersihkan peralatan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Cegah Polusi di Dalam Ruangan Dengan 5 Cara Ini

Polusi tidak terjadi di luar saja, melainkan juga dalam ruangan. Supaya kesehatan Anda terjaga, cari tahu cara mencegah polusi udara dalam ruangan di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Ini 5 Alat Bersih-Bersih Rumah yang Wajib Dimiliki Anak Kos

Hidup 'ngekos' membuat Anda harus bersih-bersih rumah dengan mandiri. Agar lebih mudah, berikut alat kebersihan yang sebaiknya dimiliki anak kos.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

membersihkan rumah sehat

5 Tips Membersihkan Rumah Agar Bebas dari Debu dan Kuman

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
cara menjaga kebersihan rumah

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Bebas Kuman dan Virus

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020
membersihkan ruangan untuk PPOK

Pentingnya Membersihkan Ruangan untuk Penderita Sakit Paru Kronis

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 30/01/2020
cara membersihkan AC

Panduan Cara Membersihkan AC yang Benar Supaya Tidak Jadi Sarang Penyakit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23/01/2020