3 Cara Jitu Mengatasi Mengi (Napas Berbunyi), Tanpa Obat-obatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Mengi adalah suara khas yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran napas yang menyempit. Suara mengi, yang terdengar seperti siulan yang sangat lirih, akan jadi semakin keras saat Anda menghembuskan atau menghirup napas. Hal ini juga sering terjadi sebelum atau saat tidur. Tanpa Anda sadari, munculnya mengi bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami masalah pernapasan, seperti alergi, asma, bronkitis, dan pneumonia. Pelajari berbagai cara mengatasi mengi dalam ulasan berikut ini.

Kenapa bisa terjadi mengi?

Untuk mengetahui penyebab mengi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui seberapa sering dan penyebab terjadinya mengi.

Biasanya, penyebab paling umum dari mengi berulang adalah asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit-penyakit tersebut menyebabkan penyempitan dan kejang otot (bronkospasme) di saluran udara kecil paru-paru Anda. Namun, setiap pembengkakan di tenggorokan atau saluran napas yang lebih besar juga dapat menyebabkan mengi. Penyebab umum mengi lainnya meliputi infeksi, reaksi alergi atau penyumbatan fisik, seperti tumor atau benda asing yang telah terhirup.

Cara mengatasi mengi tanpa obat

Mengi yang muncul tiba-tiba tentu membuat Anda merasa terganggu. Namun, tenang saja karena Anda bisa mencegah dan mengatasi mengi dengan cara-cara di bawah ini.

1. Oleskan minyak esensial di dada

Beberapa minyak esensial (essential oil) diketahui dapat mengurangi kambuhnya mengi. Namun perlu diingat, penggunaan yang efektif justru pada saat mengi belum kambuh. Beberapa minyak esensial yang diketahui bermanfaat adalah minyak daun mint, minyak kayu putih, minyak bunga lavender, dan minyak cengkeh.

Campurkan dua tetes minyak essensial ke dalam seperempat cangkir takarĀ carrier oil yang akan mengencerkan essential oil. Balurkan di dada dan hirup selama 15-20 menit, kemudian lap hingga bersih dari dada Anda. Khusus minyak lavender dan minyak kayu putih, campurkan 2-3 tetes minyak ke dalam baskom berisi air panas. Posisikan wajah Anda di atas air (dengan mata terpejam supaya tidak iritasi) tanpa menyentuh air. Kemudian tutup kepala Anda dengan handuk sehingga seluruh uap masuk ke dalam saluran pernapasan Anda.

Akan tetapi, beberapa orang terlalu sensitif pada bau-bau tertentu dan justru dapat memicu mengi. Jadi gunakan dengan hati-hati dan hentikan pemakaian apabila gejala bertambah parah.

2. Mandi air hangat

Anda juga bisa meletakkan handuk hangat di dada Anda selama sekitar 30 menit lalu mandi air hangat selama 15 menit. Panas dan uap dari air hangat yang Anda gunakan dapat membantu melegakan pernapasan. Selain itu, hal ini juga akan membuat tubuh Anda rileks dan lebih nyaman. Terutama kalau Anda mandi air hangat sebelum tidur. Anda jadi bisa tidur lebih nyenyak tanpa bunyi napas yang mengganggu.

3. Hindari asap rokok

Merokok dapat memicu terjadinya masalah pernapasan. Salah satu efek samping dari merokok atau menghirup asap rokok sebagai perokok pasif adalah mengi. Anda yang sudah punya kondisi ini juga akan merasakan gejala yang tambah parah bila menghirup asap rokok.

Jika mengi yang Anda alami tidak diketahui penyebabnya, terjadi berulang, dan berat, maka Anda pelru segera berkonsultasi ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: