Kenali Dahulu Jenis Buah yang Seharusnya Tidak Disimpan di Kulkas

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Pada dasarnya, kulkas sangat berperan penting dalam memperpanjang keawetan sebuah makanan. Oleh karena itu, hampir semua orang memiliki kulkas agar mereka bisa menyimpan makanannya, termasuk buah-buahan. Akan tetapi, ternyata ada jenis buah yang dianjurkan untuk tidak disimpan di kulkas, apa saja ya?

Mengapa tidak boleh asal menyimpan buah di kulkas?

cara menyimpan makanan di kulkas

Sebelum mengetahui jenis buah apa yang tidak boleh disimpan di lemari pendingin, simak terlebih dahulu alasannya ya!

Menurut Food and Drugs Administration US atau setara dengan BPOM, penyimpanan makanan di kulkas sebenarnya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri. Akan tetapi, diperlukan syarat dan kondisi tertentu agar hal tersebut terjadi, seperti:

  • Suhu kulkas berkisar 4℃ atau tidak lebih dari 40℉
  • Meletakkan bahan makanan, seperti daging sapi dan ayam mentah, atau ikan di dalam tempat yang tertutup. Hal tersebut dilakukan agar makanan lain tidak terkontaminasi oleh air makanan mereka.
  • Rutin membersihkan kulkas dan membuang makanan yang sudah tidak layak dimakan

Memperhatikan ketiga hal tersebut sangat penting karena bakteri yang ada pada lemari pendingin dapat mengganggu pencernaan Anda. Misalnya, bakteri patogen pada makanan yang disimpan di dalam kulkas sulit untuk terdeteksi. Jarang sekali muncul tanda-tanda makanan tersebut telah terkontaminasi karena tampilan dan baunya tidak jauh berbeda. Selain itu, kandungan vitamin pun beresiko dapat berkurang hingga hilang. 

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memperhatikan kebersihan kulkas dan tidak berlama-lama menyimpan makanan di kulkas. Selain mengganggu indera penciuman Anda, makanan yang tadinya biasa-biasa aja pun dapat terkontaminasi.

Jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas

Selain tidak boleh asal menyimpannya, Anda pun harus memperhatikan jenis buah yang seharusnya tidak boleh disimpan di kulkas.

Hal tersebut dikarenakan jenis-jenis buah di bawah ini dapat berkurang nutrisi dan vitaminnya jika diletakkan di kulkas. Selain itu, terdapat bakteri yang sulit untuk dikurangi pertumbuhannya walaupun berada di tempat yang dingin, sehingga dikhawatirkan dapat mencemari makanan lainnya.

1. Pisang

manfaat pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang tidak boleh Anda simpan di kulkas. Menurut seorang ahli fisiologi pasca panen, Dr. Jeffrey Brecht, pisang adalah jenis buah tropis yang seharusnya dibiarkan saja di luar. Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis biasanya sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Bahkan, setelah menyimpannya beberapa jam dalam suhu dibawah 58° menyebabkan pisang Anda mengalami perubahan warna. 

Perubahan warna tersebut dikarenakan melambatnya aliran udara pada buah pisang yang belum dikupas, sehingga menjadi cepat membusuk. Selain pisang dengan suhu dingin membuat rasa tidak lezat, kandungan vitamin C nya juga akan hilang.

2. Alpukat

bolehkah ibu hamil makan alpukat

Memang sebagian besar buah-buahan lebih lezat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tetapi tidak untuk alpukat mentah. Jika Anda memasukkannya ke dalam lemari es, proses kematangannya akan berjalan lebih lambat dan Anda pun akan lebih lama mengonsumsinya.

Nah, jika buah berwarna hijau ini sudah matang, barulah Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah-buahan yang mentah, seperti alpukat di dalam kulkas, ya.

3. Melon

manfaat melon jingga

Salah satu jenis makanan lainnya yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah melon. Tentu saja buah melon yang belum dikupas dan dipotong akan memakan tempat di kulkas Anda. Selain itu, cara penyimpanan ini pun bisa menghilangkan antioksidan yang terkandung pada buah melon, loh. 

Apabila Anda tetap ingin menyimpan melon di dalam kulkas, usahakan untuk mengupas dan memotongnya terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar kandungan vitamin dan zat baik lainnya yang ada pada melon tidak hilang ketika dikonsumsi, ya.

4. Tomat

manfaat likopen

Selain alpukat, tomat juga sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Alasannya sama, yaitu dapat menghambat proses kematangan dan teksturnya menjadi lebih lembek.

Sebuah penelitian dari University of Florida telah membuktikan hal ini. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 25000 tomat yang dibagi menjadi dua jenis. Mereka meneliti apakah perbedaan diantara tomat yang tidak dimasukkan ke kulkas, yang disimpan di dalam kulkas, dan mengembalikan buah sayur ini pada suhu ruangan.

Hasilnya adalah mendinginkan tomat ternyata berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen, terutama yang menghasilkan enzim yang membuat tomat menjadi manis dan aroma yang segar.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah tomat Anda di dalam kulkas karena dapat merusak tingkat kematangan dan rasanya.

5. Buah Persik

manfaat buah persik

Kandungan air dan serat pada persik menjadikan buah ini digemari oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Nah, agar buah persik bertahan lama, usahakan untuk tidak disimpan di kulkas, terutama persik yang belum matang atau sedang dalam proses kematangan.

Hal tersebut ternyata bisa mempengaruhi rasa persik yang dihasilkan. Biasanya, buah persik yang tidak matang dan dikonsumsi dalam keadaan dingin kehilangan ciri khas rasa berupa rasa kering seperti tepung cokelat. Nah, lebih baik simpan buah persik di dalam kulkas setelah Anda yakin sudah matang, ya.

Kesimpulannya, jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas sebagian besar dikarenakan dapat mengubah rasanya. Oleh karena itu, agar tidak membuang-buang makanan, cobalah untuk mengikuti petunjuk cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan