4 Cara yang Mempan Mengatasi Perut Kembung Saat Haid

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11 November 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak wanita yang mengalami perut kembung sebelum dan pada awal haid. Perut kembung saat haid sering membuat wanita tidak nyaman dan dapat berdampak pada kepercayaan diri. Wanita mungkin merasa berat badannya bertambah atau perut jadi membengkak. Selain melakukan perubahan pola hidup, ada beberapa cara praktis dan ampuh untuk mengatasi gejala perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung saat haid

Perut kembung juga merupakan salah satu gejala sindrom premenstrual (PMS) yang bisa terjadi 1-2 minggu sebelum masa menstruasi atau pada saat Anda haid.

Perut kembung saat haid biasanya juga disertai dengan gejala PMS lainnya seperti perubahan mood, kelelahan, perut kram, sakit kepala, payudara bengkak, sakit punggung, dan muncul jerawat. Biasanya perut kembung saat haid ini muncul akibat perubahan hormon progesteron dan estrogen. Penelitian menyatakan perubahan kadar hormon-hormon tersebut mengakibatkan tubuh lebih banyak menahan air dan garam dalam tubuh, sehingga sel-sel tubuh menjadi bengkak oleh air yang akhirnya menyebabkan sensasi kembung.

Perut kembung saat haid sering menganggu aktivitas Anda. Untungnya, ada berbagai cara praktis dan mudah yang dapat mengatasi ini.

1. Kompres air hangat

Berikan kompres hangat di bagian bawah perut Anda atau mandi air hangat, untuk meningkatkan sirkulasi dan melawan kontraksi otot yang mungkin menyebabkan perut kembung saat haid.

Jika perut kembung disertai rasa nyeri perut, kompres air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit saat haid.

Anda bisa membasahi handuk bersih dengan air panas dan meletakkannya di perut Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan botol air panas untuk mengompres perut Anda sambil berbaring. Ini dapat membantu organ pencernaan dengan meningkatkan sirkulasi yang menenangkan.

2. Olahraga ringan

Latihan kekuatan, kardio, yoga, dan senam ringan lainnya dapat membantu memperbaiki saluran pencernaan. Khususnya latihan kardio yang dapat membantu meredakan perut kembung saat haid. Ketika Anda olahraga, gas dapat melewati sistem pencernaan lebih mudah.

Cobalah melakukan latihan kardio selama minimal 10 menit. Anda bisa berjalan kaki sebentar, lari di tempat, atau naik turun tangga. Kalau badan sudah terbiasa, tingkatkan waktu latihan kardio Anda hingga sekitar 25-30 menit.

Anda juga bisa melakukan jalan cepat selama 30 menit atau lakukan lompat kecil di tempat. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah karena jantung Anda akan berdetak lebih cepat dan ini membantu melepaskan gas.

Jalan kaki cukup untuk mencegah gangguan perut lebih lanjut, tetapi juga lakukan aktivitas fisik yang cukup supaya makanan dan udara yang terperangkap bisa bergerak melalui saluran pencernaan. Peningkatan denyut jantung dan pernapasan menyebabkan otot-otot pencernaan mendorong udara dan makanan melalui usus.

3. Berikan tekanan pada perut

Berbaring telungkup atau letakkan bantal di bawah perut sambil berbaring. Ganjal bantal ini bekerja seperti memberikan pijatan pada usus Anda.

Ketika Anda duduk, Anda dapat meletakkan bantal pada perut Anda untuk memberikan tekanan yang lembut.

4. Pijat bagian punggung

Anda bisa meminta pasangan atau anggota keluarga Anda untuk memberikan pijatan punggung yang lembut sambil Anda berbaring.

Ini dapat membantu memindahkan gas, melemaskan otot-otot, dan menenangkan pikiran Anda. Cobalah untuk tidak menahan gas apa pun karena dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman semakin menjadi-jadi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Pilihan Obat Medis untuk Mengatasi Perut Begah

Perut begah bisa disebabkan karena kekenyangan, masalah pencernaan, dan pertumbuhan bakteri berlebih. Apa saja obat perut begah yang ampuh dan aman?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 November 2019 . Waktu baca 5 menit

Katakan Selamat Tinggal Pada Perut Kembung dengan Minum 5 Teh Herbal Ini

Perut kembung memang membuat Anda tidak nyaman. Salah satu solusi mengatasinya adalah dengan minum teh herbal untuk perut kembung, apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Pilihan Obat untuk Membantu Mengatasi Perut Kembung

Selain membuat tidak nyaman, perut kembung juga seolah membatasi ruang gerak tubuh. Lantas, apa saja obat yang bisa membantu meredakan perut kembung?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Juli 2019 . Waktu baca 6 menit

8 Gejala Maag yang Umum dan Tidak Boleh Disepelekan

Maag yang datang mendadak tentu bisa mengacaukan segala aktivitas. Mari kenali berbagai gejala sakit maag agar bisa diatasi lebih cepat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Gastritis, Health Centers 9 Juli 2019 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
perut panas setelah makan; perut perih setelah makan; perut mulas

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
biji adas untuk perut kembung

Biji Adas untuk Meredakan Perut Kembung, Apakah Benar Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
perut begah, kembung

5 Penyebab Perut Terasa Begah, Plus Cara Mengobati dan Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2019 . Waktu baca 11 menit