5 Hal di Rumah yang Bisa Menjadi Sumber Bakteri

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menurut Society for General Microbiology, beberapa bakteri bisa membelah dirinya sendiri setiap 20 menit sekali dengan kondisi tempat tinggal yang tepat. Inilah penyebabnya kenapa gejala penyakit bisa muncul begitu cepat setelah terjadinya infeksi. Tahukah Anda bahwa sebuah penelitian menunjukkan ada 340 jenis bakteri di dalam rumah yang ditemukan di 30 benda yang berbeda? Di mana saja dan apa saja sumber bakteri di rumah Anda? Berikut ulasannya.

Tanpa disadari, tempat dan barang ini menjadi sumber bakteri di rumah Anda

Ada beberapa bakteri yang dikenal sebagai penyebab sakit diantaranya adalah Staphylococcus aureus, Salmonella, dan Escherichia coli (E. coli). Sebenarnya, di tubuh Anda sendiri bakteri tersebut hidup dan tidak menyebabkan penyakit, namun apabila sistem tubuh melemah maka bakteri tersebut dapat menimbulkan penyakit.

Penyebaran bakteri yang bisa menyebabkan Anda sakit ini terjadi melalui kontak (sentuhan) orang ke orang atau melalui permukaan benda yang terkontaminasi bakteri. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hidup bakteri, yaitu jenis permukaan tempat hidup bakteri, gaya hidup Anda, dan cara Anda membersihkan rumah.

Lantas, tempat mana saja di dalam rumah Anda yang disinyalir menjadi tempat tinggal atau sumber bakteri?

1. Dapur

National Sanitation Foundation, seperti yang dilansir dari Healthline, menemukan bahwa tempat di mana Anda sering menyimpan dan menyiapkan makanan seperti dapur memiliki lebih banyak bakteri dibandingkan tempat lainnya di rumah.

Lebih dari 75 persen spons pencuci piring dan kain yang digunakan untuk mengeringkan tangan atau perabotan rumah yang habis dicuci terdapat bakteri Salmonella dan E. coli, dibandingkan keran kamar mandi yang hanya terdapat 9 persen bakteri. Perabotan dapur lainnya yang bisa menjadi sumber bakteri adalah talenan atau papan potong, kulkas terutama dibagian khusus makanan mentah, wastafel dapur, dan meja. Berikut beberapa tips membersihkan perabotan dapur Anda agar bebas bakteri:

  • Gunakan lap disinfektan untuk membersihkan peralatan dapur atau beberapa area dapur Anda.
  • Panaskan spons basah di microwave dalam waktu sebentar untuk membunuh bakteri.
  • Rendam spons dalam satu liter air hangat.
  • Ganti spons Anda satu atau dua minggu sekali, terutama jika bentuknya sudah tidak layak.
  • Ganti handuk yang Anda gunakan untuk pengering piring beberapa kali dalam seminggu.
  • Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuh atau menyiapkan makanan.

2. Kamar mandi

Kelembapan di kamar mandi bisa menyebabkan tempat ini jadi sumber bakteri. Anda harus memberikan perhatian ekstra pada bak mandi, saluran air, keran, lantai toilet, handuk mandi, dan sikat gigi. Anda bisa membersihkan beberapa benda di kamar mandi dengan cairan disinfektan setiap hari dan membersihkan kamar mandi secara menyeluruh seminggu sekali.

Gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan bagian-bagian yang memiliki ruang kecil seperti saluran pembuangan dan keran. Anda juga harus mengganti handuk satu minggu sekali, dan sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali.

3. Pakaian kotor yang menumpuk

Pakaian kotor Anda bisa jadi sumber bakteri sebelum dicuci, apalagi jika Anda punya kebiasaan menumpuk atau merendam pakaian beberapa hari baru kemudian dicuci. Kuman dan bakteri bisa mudah berkembang biak dalam lingkungan yang lembap.

Usahakan segera cuci pakaian Anda atau paling tidak jangan Anda biarkan berhari-hari, selain bakteri, hal ini bisa menyebabkan bau tidak sedap. Jangan lupa juga untuk membersihkan permukaan dan “badan” mesin cuci Anda dalam beberapa bulan sekali agar tidak menjadi sarang kuman. Anda juga bisa membersihkan tempat Anda meletakkan pakaian dengan disinfektan.

4. Ruang tamu dan ruang keluarga

Remote, papan ketik komputer, telepon, karpet, dan sofa bisa menjadi sumber bakteri jika Anda tidak rajin membersihkannya. Kebanyakan orang baru sibuk membersihkan tempat ini jika ada acara di rumah. Padahal, sebuah penelitian menemukan bahwa jamur banyak ditemukan di keyboard komputer, remote, dan stick untuk video game. Karpet yang lama tidak Anda bersihkan bahkan delapan kali lebih kotor dari jalanan.

5. Barang-barang pribadi

Anda setiap hari sebenarnya “membawa pulang” bakteri ke rumah melalui tas, sepatu, dan handphone. Bahkan menurut National Sanitation Foundation yang telah melakukan survei ke 22 rumah tangga, handphone, kunci, dompet, uang, dan kotak makan siang Anda mengandung banyak bakteri.

Mulai sekarang penting untuk Anda, rajin membersihkan barang-barang pribadi supaya tidak mudah terkontaminasi bakteri yang bisa saja menyebabkan Anda atau anggota keluarga Anda yang lain sakit.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca